Jumat, Juli 19, 2013
18
Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan | Selain rasanya yang enak dan manis buah Pisang merupakan sumber energi instan , buah Pisang sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan energi dalam kegiatannya , selain itu pisang ternyata juga sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak nutrisi serta termasuk makanan yang mudah dicerna dan tentunya sebagai makanan favorit bagi siapapun juga . Pisang adalah makanan favorit orang indonesia sejak dahulu kala , Selain harganya yang murah dan Mudah sekali untuk mendapatkan buah pisang ini ...

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Ada bermacam - macam jenis pisang namun secara umum semua jenis pisang sangat baik untuk dikonsumsi misalnya pisang ambon , pisang raja , pisang mas , jadi biasakanlah untuk mengonsumsi pisang setiap hari.

Manfaat buah pisang sangat luar biasa , kandungan kalori dalam pisang :
Untuk setiap 100gr saja Buah pisang terkandung kira - kira 90 kalori , dan kandungan ini sangat cocok untuk membantu program diet alami untuk anda karena kandungan lemak didalam pisang cukup kecil , sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ketika sedang menjalankan program diet , namun untuk mereka yang ingin gemuk pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi , yaitu dengan mengonsumsi 3-5 pisang per hari serta dibantu dengan susu atau yoghurt . Gimana ??? masih menganggap enteng buah pisang  ?? Tenang berikut ini juga sangat bermanfaat buat anda .... Langsung saja ...

Pisang Dalam Kedokteran Modern :

1. Pisang terhitung sebagai makanan (sumber gizi) yang hampir sempurna karena buah ini mengandung nutrisi yang baik yaitu : air , gula , protein , lemak , vitamin , dan mineral . Dan berkat tingginya nilai gizi yang terkandung , maka pisang telah menjadi makanan penting (pokok) bagi banyak orang .

2. Pisang terhitung juga sebagai salah satu yang menyediakan energi dan kalori bagi tubuh dalam jumlah yang cukup . Maka seperti yang diberikan oeh 100 gr daging . Dan adapun 100 gr pisang kering memberikan 250 kalori .

3. Sebagaimana juga dapat dimanfaatkan dari pisang dalam mencegah Osteomalasia (Pelunakan tulang pada bayi) pada anak dan Osteoporosis (Pengeroposan tulang) pada orang dewasa (tua) , serta kekurangan kalsium pada ibu hamil atau yang sedang  menyusui . Dikarenakan pisang mengandung jumlah kalsium yang cukup , yaitu setiap 1kg pisang  mengandung 1gr kalsium . Dan perlu diketahui juga bahwa kebutuhan harian kalsium untuk tubuh adalah satu setengah gram , dan karena itu , kalsium pisang lebih mudah untuk dicerna dibanding kalsium dari produk susu .

4. Pisang juga mengandung Fosfor dalam jumlah yang cukup , dan inilah yang membuatnya bermanfaat dalam perkembangan otak dan kemampuan akal , seperti kecerdasan , berfikir, dan menghafal . Bahkan ahli Filosofi memakan secara rutin .

5. Pisang juga bermanfaat dalam melindungi dan mencegah gigi dari kerusakan . Dan juga bermanfaat untuk radang mulut dan gusi , karena pisang mengandung fluoride , yaitu suatu zat penyeteril .

6. Pisang juga mengandung zat besi dan vitamin D , sehingga berguna dalam pencegahan dan pengobatan anemia dan kekurangan zat besi , dimana vitamin D mempermudah penyerapan zat besi pada usus .

7. Pisang juga mengandung vitamin B 1, B 6, B 12, karena itu pisang berguna dalam pengobatan peradangan(infeksi) saraf dan kerusakan saraf , seperti dalam disk (gangguan pada saraf lumbar dan sakral ) dan cerebral Bell (gangguan pada saraf wajah ) . Dan yang perlu diketahui bahwa kekurangan vitamin B 1, B 6, B 12 menyebabkan peradangan saraf yang berbeda dari yang lain , dan kekurangan vitamin B 12 mnyebabkan anemia , disamping radang saraf .

8. Pisang juga berguna memperbaiki penglihatan dan mencegah timbulnya penyakit mata dan penglihatan , karena pisang mengandung vitamin A dalam jumlah yang cukup (300 IU per 100 gr ) . Dan yang perlu diketahui bahwa kebutuhan harian vitamin A bagi tubuh adalah (3500 IU per hari) .

9. Pisang juga bermanfaat dalam pengobatan diare , jika pisang tersebut dalam keadaan matang . Dan jika masih mentah burguna juga untuk pengobatan sembelit . 

10. Penelitian terbaru juga menguatkan bahwa pisang mengandung hormon - hormon yang berfungsi untuk mengatur aktifitas sistem saraf dan pisang juga bermanfaat dalam pengobatan penyakit psikologis dan depresi , terutama pada anak - anak .

11. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 0,3 mg mangan . Dan kebutuhan mangan harian yang dibutuhkan oleh tubuh adalah antara 1,8 mg sampai 2,5 mg . Fungsi manga adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu proses metabolisme tubuh .

12. Seperti buah - buahan yang lainnya , buah pisang juga mengandung vitamin C , Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 10 mg vitamin C dan setara dengan 15% dari kebutuhan harian yang disarankan . Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kesehatan sel , membantu penyerapan nutrisi pada makanan , dan meningkatkan kekebalan tubuh .

13. Berdasarkan nutisinya , Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 3 gr serat . Fungsi serat bagi tubuh adalah untuk melancarkan proses pencernaan dan dapat membuat anda kenyang lebih lama .

Berukut ini saya beri beberapa manfaat buah pisang

1. Penderita sakit maag
Sebagai buah yang dikonsusi langsung , pisang tidak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita penyakit maag . Buah ini juga sering digunakan untuk melawan penyakit usus , sebab tekstur yang lembut . Pisang juga dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan melapisi perut sehingga mampu mengurangi iritasi . Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung , saya anjurkan anda untuk mengonsumsinya dengan dicampur dengan segelas susu cair. 

2. Penderita luka bakar 
Khusus untuk penderita luka bakar , anda dapat menggunakan daun pisang sebagai pengobatan . Caranya , kulit anda yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa . Campuran ini mampu untuk mendinginkan kulit yang terbakar . 

3. Penderita Stroke 
Mengonsumsi pisang setiap hari dapat menurunkan resiko kematian yang diakibatkan oleh stroke hingga 40%. 

4. Mengontrol temperatur
Dibeberapa negara, pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil . Di Thailand contohnya , ibu hamil mengonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur yang sejuk .

Nah setelah anda mengetahui dahsyatnya manfaat dan kandungan dari buah pisang masihkah anda ragu untuk mengonsumsi buah pisang ?? 

Demikian artikel kali ini yang berjudul Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan . Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk sadar dan menguatkan anda untuk mengkonsumsi buah pisang yang kaya akan manfaat .

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

18 komentar:

  1. Goog artikel gan!
    Sangat bermanfaat!

    http://files27.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung sobat ^_^

      Hapus
  2. Iya gan saya sangat suka dengan buah pisang .... ternyata banyak juga ya kandungan dan manfaatnya ... jadi makin cinta dengan BANANA <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama saya juga suka buah pisang kok ... sekalian dinikahin aja neng ^_*

      Hapus
  3. ane ga suka buah pisang, tapi pisang goreng suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya anjurkan untuk makan pisang yang tidak digoreng sobat ... jika lebih suka digoreng mendingan pake minyak kelapa ^_^

      Hapus
  4. wah, brarti ndak salah ya, org tua jaman dulu menjadikan pisang sebagai menu pendaping asi buat bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan ane dulu juga sering tanya" tentang hal itu ... setelah mencari referensi disana - sini akhirnya saya tahu dan saya postingkan dehh ^_^

      Hapus
  5. Artikelnya sangat bermanfaat sobat :D.
    ditunggu kunjungan baliknya yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sudah berkunjung sobat ... Segera meluncur ke TKP

      Hapus
  6. wah banyak juga ya gan manfaat yang terdapat di buah pisang ..

    come back

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa sobat ... Meluncur sobat ...

      Hapus
  7. sangat bagus nie gan artikelnya,,, aku suka pisang pada saat ramadan dengan campur warna hijau itualias Pisang Hijau.. hehehe.... just kidding..
    Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  8. wah ternyta bnyak juga ya gan manfaat dari salah satu buah kesukaan ane :D
    thnks infonya ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ... saya juga sangat suka dengan pisang sobat ... Btw thanks sudah berkunjung ^_^

      Hapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>