Minggu, Agustus 25, 2013
49
PERBEDAAN ANTARA BLOG DENGAN WEBSITE | Sering kali saya mendapatkan pertanyaan dari teman saya yang Newbie sekali dalam masalah Blogger . Apasih bedanya Blog sama Website ? Perbedaan antara Blog dan Website memang cukup  membingungkan bagi sebagian besar orang , sementara yang lainnya bahkan ada yang belum mengerti tentang keduanya . Disini saya akan membagikan pengetahuan saya tentang Perbedaan antara Blog dan Website . Blog dan Website memang sama - sama memiliki peran penting di Dunia Maya terutama Search Engine .
PERBEDAAN ANTARA BLOG DENGAN WEBSITE

Blog dan Website sama - sama jenis halaman hanya saja blog lebih statis daripada Website . Konten selalu terupdate dan bertambah bahkan setiap hari dapat memposting banyak artikel dan itu semua tidak mempengaruhi Kecepatan atau Loading Blog , Sedangkan Website hanya dibuat untuk menampilkan beberapa Fitur sesuai tujuan pembuat Website tersebut , dan biasanya jarang sekali Update postingan .

Adapun perbedaan antara Blog dan Website dapat dijelaskan menggunakan faktor pembeda berikut ini :

      1.  Coding

Ketika membicarakan Blog atau Website , orang biasanya takut dengan coding . Jika anda memilih blog , anda tidak perlu khawatir !! Untuk menciptakan sebuah blog , anda tidak perlu menjadi seorang ahli di bidang pengkodean , Namun anda cukup mendownload template dan memulai dengan dasar - dasar pengkodean . Berbeda jauh dengan website , karena anda harus paham dan mengerti pengkodean seperti HTML5, CSS3, PHP , Dan lain-lain .

     2.  Daftar Konten

Sebuah blog memiliki daftar kronologis postingan . Semua tulisan yang telah anda buat disusun dari yang terbaru sampai terlama . Setiap kali anda mengunjungi sebuah blog biasanya anda langsung menemui daftar beberapa konten yang pernah dipostingkan oleh pemiliknya . Sementara bila anda mengunjungi website , anda tidak akan menemui daftar itu data yang ada dalam website biasanya statis .

      3.  Berdasarkan Kontennya

Sebuah blog dapat berisi berbagai macam konten . Topik - topikposting dapat berupa bahasan mengenai teknologi , fashion , produk tertentu , atau mengenai aktor dan atlet tertentu dengan sensasi yang baru . Sebuah blog bertindak seperti sebuah majalah digital dengan berbagai kujutan bagi pembacanya setiap hari . Di sisi lain , Website memilik isi dengan genre serupa .

      4.   Menurut Wikipedia

Menurut WIKIPEDIA , Blog adalah sebuah situs diskusi yang terdiri dari enteri diskrit yang dipublikasikan di WWW (World Wide Web) . Sementara Website adalah sekumpulan halaman web terkait yang disajikan dari satu domain .
"Blog merupakan kontradiksi dari web log"
"Website merupakan kontradiksi dari situs di web "

      5.  Homepage

Untuk Blog dan Website , homepage sangat berbeda jauh antara blog dan Website , kita lihat saja dalam sebuah website , homepage menjelaskan isi dasar situs web . Ini akan memberitahu pengunjung tentang jenis produk yang ditawarkan oleh website tersebut . Namun , homepage blog dibanjiri dengan berbagai tulisan yang telah dipostingakan .

      6.  Rating

Sebuah blog sebagian besar dianggap aktif tergantung pada jumlah pengunjung aktif yang dimiliki . Julah pembaca menentukan peringkat suatu blog . Sebuah rating yang baik sangat penting untuk blog berhasil dan mendapatkan lalu lintas sebanyak mungkin . Di sisi lain , sebuah website tidak dipengaruhi oleh hal - hal seperti pada blog .

      7.  Interaksi Pengguna

Keluar dari blog dan website , blog dianggap jauh lebih interaktif . Blog menawarkan pengunjung berupa opsi untuk berkomentar , menyukai , dan berbagi (share) postingan . Berbeda dengan website , website biasanya adminnya memblok komentar sehingga membuat website kurang interaktif . 

      8.  Waktu 

Waktu yang tepat sangat penting untuk sebuah blog yang sukses !! anda perlu mengirim posting anda biasanya antara pukul 08.00 sampai pukul 12.00 untuk menarik pembaca ke blog anda . Namun pada website , waktu tidak ada hubungannya dengan itu . Website itu tidak tergantung pada waktu .

      9. Website Lebih di Percaya Dalam Hal Bisnis

Bayangkan jika anda ingin membeli Rumah atau bahkan Tanah lewat Online anda menemui Blog dan Website yang menjual Rumah yang sama . Pasti 90% anda membeli Rumah pada Website . Alasan nya Website pasti memiliki nama Domain.com , sedangkan Blog hanya bersubdomain saja blogspot.com . Dari situ sudah jelas bahwa .com lah yang lebih terpercaya , karena .com juga menunjukkan keseriusan pemilik Situs . Namun blog juga bisa mengganti blogspot.com menjadi .com , membutuhkan biaya kurang lebih $8 pertahun untuk mnggantinya . 

      10.  Desain Template 

Pada umumnya tampilan desain template website lebih bagus daripada desain template blog . Selain itu , suatu desain template blog juga banyak digunakan oleh blogger karena template tersebut merupakan template bawaan dari platform blog atau template blog yang dibagikan secara gratis oleh beberapa situs penyedia template blog . Tampilan desain template website lebih bagus dari jarang terdapat kesamaan antara satu website dengan website lainnya . Hal ini disebabkan desain template website dibuat langsung oleh pemilik website tersebut , sehinga tampilannya akan sesuai dengan selera pemiliknya . Template Website juga jarang dibagikan secara gratis karena proses coding script yang memang sangat rumit .

      11. Pengguna 

Blog dibuat untuk keperluan tulis menulis , sehingga penggunanya adalah kalangan masyarakat biasa yang ingin menyalurkan hasil tulisannya kepada banyak orang . Satu blog biasanya dimiliki dan dikelola oleh satu orang atau lebih . Pemilik dari Website biasanya adalah kalangan Profesional yang membutuhkan website sebagai media untuk menginformasikan sesuatu hal kepada banyak orang melalui Dunia Maya .

      12.  Tujuan 

Blog diciptakan untuk keperluan pribadi . Blogger atau pemilik blog biasanya menggunakan blog sebagai media untuk menuliskan catatan pribadinya (Diary Online) agar dapat dibagikan kepada teman - temannya . Seiring dengan perkembangan waktu , fungsi blog tergeser dari yang semula untuk keperluan pribadi bertambah menjadi fungsi media Bisnis Online . Sementara itu , kemunculan website memang diciptakan pemiliknya untuk keperluan komersil , seperti profil perusahaan dan untuk berjualan secara Online

      13.   Search Engine

Setiap kali pengguna mencari menggunakan mesin pencari tertentu , maka blog yang akan dicari lebih banyak dibandingkan dengan website . Karena isi blog terus berubah , itu menyebabkan mesin pencari melakukan lebih banyak pada blog . Namun isi website ini statis sehingga website memiliki pencarian yang lumayan terbatas . 

Blog dan Website memiliki peran penting dalam memperkaya informasi yang disebarluaskan melalui internet .

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan semampu dan setahu saya . Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan Semoga setelah anda membaca artikel tentang PERBEDAAN ANTARA BLOG DENGAN WEBSITE ini dan menjadikan anda mengerti mengenai perbedaan antara blog dan website .

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

49 komentar:

  1. Balasan
    1. Perbedaannya sangat banyak ... Mungkin anda masih belum tau ya sob ... Dipelajari saja sob saya beri GRATIS kok ^_^

      Hapus
  2. wah baru tau nih saya :D
    thanks

    BalasHapus
  3. bener gan.. sipp.. website bayar kalo blog gratis.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa bener sob ... Cari yang gratis an aja ... yang penting bisa sharing ilmu yang bermanfaat ^_^

      Hapus
  4. sip gan... thanks atas tulisannya

    tapi
    "blog lebis statis" atau website yang lebih statis gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah konten lebih statis website sob ...

      Hapus
  5. wahh enakan memakai website, tapi ane belum punya ATM, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap orang beda - beda , Semangattt sobb ... Namun jika ingin membuat Website pemiliknya harus seorang yang profesional tidak seperti Blog yang Newbie aja sudah bisa menjadi seorang Blogger ^_^

      Hapus
  6. Memang banyak perbedaannya tapi lebih enak bloggger yang gratissssss :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa sob ... Nyari yang gratisan mulu ...

      Hapus
  7. mantab gan ! baru tau ane ! makasih infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sama - sama ... Sering - sering aja mampir di Blog Ic Creem sob , akan ada update postingan setiap hari ... Tunggu saja ^_^

      Hapus
  8. ow jadi itu perbedaanya, sekarang jadi tau semua perbedaan blog dan website. terimkasih gan ifonya :D
    blognya keren loh, simpel, fast loading (Y)
    semangat blogging yahh :D

    BalasHapus
  9. walaupun beda tetep sama asyiknya hehehe

    nice post bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih asik Blog sob , kenapa ?? Karena lebih mudah untuk di dalami ilmunya daripada Website yang sangat rumit dan menghabiskan uang ....

      Hapus
  10. info yang menarik,, tahnsk gan udah di share,,

    koment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com

    BalasHapus
  11. wah, infonya mantap mas jadi dapat ilmu baru ni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sama - sama ... Artikel ini saya buat juga untuk orang banyak kok ... Kan meraka banyak yang tidak tau tentang perbedaan Blog dan Website itu seperti apa ?? Dan banyak juga yang request kepada saya ...

      Hapus
  12. info yang sangat tepat dan berguna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cuma ingin menambahkan wawasan untuk para newbie aja kok sob ....

      Hapus
  13. wah emang selama ini kdang ane binggung perbedaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha tidak hanya anda yang bilang seperti itu ... Sudah banyak sekali ... Makanya saya buatkan artikel tentang perbedan blog dan website sob ... Thanks for visiting ^_^

      Hapus
  14. infonya keren gant.,.
    coment back ea.,

    BalasHapus
  15. Hmmm.. Kalau saya lebih suka dibilang Weblog.. :-D
    Hehehe.. soalnya saya sih udah pakek domain dan tampilan sendiri.. cuman konten'a hampir seperti konsep blogging..

    Nice Share sob..

    BalasHapus
  16. beda sih tau, cuma pengertiannya ga tau /kudet2 :v

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah udah coba web, blog dan wap. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah punya ... Itu hanya punya atau didalami sob ... Percuma kalau punya saja ,namun tidak dipelajari ...

      Hapus
  18. klo blogs itu web juga tp jenis nya CMS artinya web instan, seluruh aplikasi udah di siapin oleh blogspot

    sedangkan web biasa: dari mulai rancangan gambar aplikasi misal : aplikasi upload data ke mysql, aplikasi membaca database, aplikasi menampilkan isi database, no urut halaman, aplikasi menghitung pengjung harian bulanan aplikasi login n daftar member , guet book, semuanya kita yang buat.
    kelebihan web biasa : semua konsep bisa kita terapkan

    sedangkan kelemahan blog menurut ane hanya 1 "tidak semua Konsep dapat diterapkan di blog"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh ada Master ternyata ,,, Iyaa sob memang Website itu lebih rumit dan membingungkan , Kalo blog itu sangat mudah dipahami ... Thanks Saran dan Infonya ^_^

      Hapus
  19. sangat bermanfaat ini artikel

    nice post

    BalasHapus
  20. Mantab bener...
    visback yo http://narutocy.blogspot.com

    BalasHapus
  21. jelas beda banget gan dari domain aja kliatan :D

    BalasHapus
  22. wew, Baru tau nih Saya :/

    Visit Back yo: www.katsu-false.com

    BalasHapus
  23. haahha kalo blog itu simple :D

    BalasHapus
  24. mangstab sob, banyak juga perbedaanya ya
    enak blog mudah dipahami ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya masih ada banyak perbedaannya sob , namun karena terbatasnya waktu untuk mengetik makanya hanya itu saja yang saya postingkan ... Mungkin kapan - kapan akan saya Update ... Tunggu saja ^_^

      Hapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>