Jumat, September 06, 2013
34
BEBERAPA KESALAHAN DALAM OPTIMASI SEO | Postingan kali ini masih berkutat seputar Search Engine Optimization (SEO) atau dalam bahasa indonesia dapat diartikan dengan Optimasi Mesin Pencari . Sebagai pemilik sah web atau blog , anda diwajibkan mengerti atau faham tentang SEO ini . Tidak perlu menjadi seorang ahli , yang penting anda mengerti SEO yang baik seperti apa dan yang buruk itu seperti apa !!! . Dan masalah ini dapat mendasari saya untuk terus belajar , bukan menjadi ahli atau master SEO , melainkan untuk bisa lebih mengerti dan tentu saja agar nanti bisa berbagi dan berdiskusi dengan pengunjung . Apa itu SEO ?? kalau menurut saya SEO bukanlah suatu tehnik utama dalam mengembangkan situs web atau blog anda . SEO itu adalah suatu tindakan untuk memudahkan mesin pencari (Search Engine) dalam menemukan informasi yang ingin kita sampaikan . Jadi , SEO hanyalah pelengkap , dan hal utama tetaplah konten atau informasi itu sendiri .

BEBERAPA KESALAHAN DALAM OPTIMASI SEO

Dalam artikel kali ini mengenai BEBERAPA KESALAHAN DALAM OPTIMASI SEO , Mengoptimasi bukan sesuatu yang bisa diselesaikan semudah membalik tangan . Kalau saya boleh bilang , tidak ada yang instan dalam mengoptimasi kata kujciuntuk suatu halaman atau web blog . Baiklah sobat semua pasti menginginkan blognya bertengger di ranking 1 pencarian google bukan ?? dan yang paling utama adalah bertahan lama dalam waktu yang lama dalam pencariannhya , Jadi bagaimana cara membuat agar blog kamu bisa bertahan lama dipapan atas Search Engine !! Simak penjelasan saya tentang beberapa kesalahan fatal dalam optimasi ini dan apabila kamu mengabaikannya maka blog kamu akan akan mengalami dampak SEO pada blog .

Berikut ada beberapa kesalahan SEO yang mungkin tidak diperhatikan oleh seorang webmaster sebuah website / blog sehingga dapat menurunkan posisi ranking di Search Engine :

BAD TITLE atau judul yang buruk , tidak sesuai atau tidak relevan . Title atau judul merupakan hal terpenting dalam satu halaman . Jika anda ingin mengoptimasi Belajar Untuk Mendapatkan Pageone Google , buatlah judul yang sama persis , yakni Belajar Untuk Mendapatkan Pageone Google . Anda harus Ingat !! Spider atau robot yang bertugas meng - crawling halaman web blog kita akan melihat title terlebih dahulu , baru kemudian men - scan artikel alias body untuk melihat kesesuaian title dengan body (ISI) .

INCOMING LINK ANCHOR TEXT , istilah kerennya adalah anchor text , Jika ingin mengoptimasi , gunakanlah anchor text yang sesuai . Optimasi yang hanya meletakkan URL tidak begitu efektif . Poin ini tampaknya sudah sangat di mengerti karena jarang sekali saya melihat dalam kontes - kontes SEO . Tapi , dalam web - web perusahaan , masih banyak yang menggunakan klik disini sebagai anchor text . Kalau anda masih binggung pada kesempatan lain akan saya postingkan secara mendetail tentang Anchor Text .

MENGUTAMAKAN MESIN PENCARI DARIPADA VISITOR , Ini adalah kesalahan besar dan sangat vatal dengan menyusupkan sebanyak mungkin keyword agar bertengger di papan teratas pencarian google , mungkin saja hal ini akan terwujud blog kamu akan berada dipapan teratas namun dari sisi lain visitor mu akan merasa muak dengan artikel blog anda karena hanya berputar - putar di bagian keyword saja dan hal ini sering disebut dengan Tehnik Black Hat SEO dan  ketika pengunjung sudah mengetahui karakteristik web tersebut , maka saya jamin tidak akan ada pengunjung yang ingin kembali ke blog tersebut .
URL YANG TIDAK BERATURAN , ada banyak sekali hal yang menyebabkan URL tidak beraturan , Contohnya adalah :

Banyaknya halaman yang isinya sama atau menyerupai , Hal ini biasanya diakibatkan karena tidak terkontrol akan isi blog , copas , akhirnya banak terjadi artikel yang sama .

URL Dinamis , Banyak tutorial yang menyatakan bahwa meta tag dinamis sangat baik untuk SEO , padahal hal ini akan membingungkan Mesin Pencari dalam memahami struktur blog anda . Dengan Meta Tag dinamis , mengakibatkan URL dinamis ula , idealnya sebuah web atau blog , tag H1 hanya untuk judul blog dan hanya ada satu saja . Akan tetapi ketika menggunakan Meta Tag dinamis , judul postingan akan menjadi H1 , hal ini sangat tidak dianjurkan .

URL yang tidak sempurna , Biasanya hal ini terjadi karena judul yang terlalu panjang sehingga URL akan terpotong . Sebagai contoh , anda membuat artikel dengan judul Cara Paling Mudah Belajar SEO Untuk Search Engine Google . ketika anda publish maka url akan terpotong , misal : http://www.namablog.com/2013/09/cara-paling-mudah-belajar-seo-untuk-search.html . Untuk mengatasi masalah tersebut , ada 2 alternatif , yang pertama yaitu gunakan judul yang pendek namun padat , yang kedua gunakan tautan permanen khusus yang disediakan oleh Blogger .

TIDAK MENGKLAIM KEPEMILIKAN GOOGLE+ , Google+ merupakan jejaring sosial milik Google , oleh karena itu lakukan otorisasi kepemilikan pada blog anda . Dengan mengklaim kepemilikan blog , maka akan bertambah kepercayaan google terhadap blog tersebut dan akan menampilkan avatar kita pada pencarian Google .

Diantara cara mengklaim kepemilikan , yaitu dengan menyimpan meta tag publissher pada blog kita contohnya :
<link href='https://plus.google.com/10525088709019254162' rel='publisher'/>
 MEMBANGUN LINK YANG TERLALU CEPAT , Diantara hal yang memperkuat posisi kita di Search Engine adalah link building . Akan tetapi link yang terlalu cepat , diantaranya dengan menggunakan software tukar link , sangatlah berbahaya dan akibatnya juga sangat fatal . Link yang baik adalah link yang dibangun dengan alami , bukan link manipulasi .

KONTEN BLOG TANPA NILAI , Mesin pencari di disign untuk mendeteksi seberapa banyak satu artikel memecahkan masalah , artinya semakinartikelyang anda buat berarti atau bermanfaat buat pengunjung , maka akan baik juga di mata Search Engine . Hal ini juga berarti ketika kita membuat sebuah artikel , maka akan ada sousi yang lebih baik dari artikel yang anda di blog lain . Apabila anda tidak bisa melakukan hal ini , artinya apa yang anda tulis anda tidak menguasainya , lebih jeleknya lahi copy paste . Blog semacam ini akhirnya akan mencari blog yang benar , ber Page Rank tinggi , dan memasang link pada blog - blog tersebut , dengan harapan dapat kunjungan dari blog besar tersebut .

JAVA SCRIPT MENU , Menggunakan JavaScript untuk navigasi tidaklah buruk sepanjang anda memahami bahwa Search Engine tidak membaca JavaScript dan membangun halaman web anda sesuai kode yang anda buat . Jadi jika anda memiliki menu JavaScript sebaiknya anda harus mempertimbangkan membangun sebuah sitemap sehingga semua link anda akan ditelusuri . Oleh karena itu , kenapa kebanyakan para webmaster lebih suka menggunakan sitemap daripada blog arsip bawaan blogger ternyata tidak valid di W3C . Solusi lainnya buatlah navigasi link sederhana dengan tidak terlalu banyak menggunakan kode JaveScript .

TIDAK PEDULI DENGAN SOSIAL MEDIA , Sosial media masih merupakan hal yang peting untuk popularitas sebuah web , beberapa banyak pengunjung yang mengunjungi web anda karena link yang ada di Facebook , Twitter dan Jejaring sosial yang lainnya ??  Bahkan beberapa Search Engine seperti Google menggunakan alogaritma yang memungkinkan sebuah web atau blog berada di halaman pertama , ketika banyak diakses dari Sesial Media .

BLOG YANG LAMBAT , Kalau anda mempunyai internet yang cepat , jangan samakan pengunjung dengan anda . Masih banyaj mereka yang mengunjungi blog anda  dengan kecepatan yang merayap . Semakin lama blog anda dibuka , maka semakin cepat pengunjung akan meninggalkan blog anda , Saya sarankan untuk menghindari widget yang memberatkan bahkan tidak berguna . Pasangkanlah widget sesuai dengan keperluan anda .

MENGIKUTI PETUNJUK YANG SALAH , banyak artikel tentang SEO bertebaran di internet , Anda harus bisa memilih dan memilah , bahkan harus konsultasi kepada orang yang telah mengerti akan masalah SEO . Tidak semua tutorial disajikan dengan benar , Banyak blog yang menyajikan tutorial , bahkan tanpa mengerti apa yang sebenarnya ia tulis , karena memang artikel sampah , copas , dll . Maka anda harus berhati - hati dalam mengikuti tutorial yang diberiakan oleh blog yang baru kemarin , maksudnya masih belum berpengalaman soal SEO dan Optimasinya .

FLASH WEBSITE TANPA ALTERNATIF HTML , Flash mungkin akan menarik tetapi tidak ke mesin pencari dan pengguna . Jika anda benar - benar besikeras bahwa situs anda berbasis Flash dan anda ingin mesin pencari untuk mencintainya , anda harus memuat versi HTML . Hal ini karena Search Engine tidak menyukai situs Flash dan karena itu tidak dapat indeks itu untuk ditampilkan pada mesin pencari . Inilah yang banyak membuat kawan - kawan blogger (Flash Template Designer) merasa sedih karena harus kerja dua kali untuk memberi kode HTML alternatif pada tempalate yang mereka buat . Maklum mesin pencari bekerja berdasarkan HTML base target .

Berapa banyak kesalahan yang sobat lakukan ?? Silahkan benahi  satu per satu , supaya konten dan SEO blognya semakin mantap . Demikian BEBERAPA KESALAHAN DALAM OPTIMASI SEO . Jika anda pemula , maka beberapa poin diatas saya kira penting untuk dijadikan pelajaran . Namun , jika anda suka melakukan trial dan error dalam membangun blog . Happy Blogging !!! Salam Ic Creem

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

34 komentar:

  1. wah terima kasih pencerahannya gan...
    saya pribadi membuat blog tujuannya hanya ingin menulis apa yang dipikirkan tanpa terlalu memikirkan SEO, walau berusaha juga menerapkan sebisanya...tapi hasilnya tidak terlalu saya pikirkan.
    Tapi setelah membaca poin-poin di atas, walau bagaimanapun ternyata SEO itu penting ya...tapi jujur saya pusing kalau terlalu berkutat dan SEO itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa dipungkiri sob.. SEO itu penting dalam sebuah blog.. bagaimana akan mendapat kunjungan dari search engine kalau seonya ngak ada ....

      Hapus
  2. Betul sekali Gan saya sangat setuju,dari keterangan yang Gan paparkan sebenarnya sudah menjadi pedoman saya dalam ngeblog ini Gan,saya mencoba memberikan informasi akurat dan tepat,dan tidak membuat pengunjung tidak terjebak dan sulit mendapatkan inti dari topik artikel yang dibahas.

    Umumnya yang saya lihat sekarang banyak web ataupun blog cuma memikirkan bagaimana dan kapan blognya bisa cepat dan mendapat posisi bagus di search engine google,padahal semua kuncinya terletak pada artikel yang unik,bagus rapi tidak mengulang-ngulang kata kunci yang sama atau pun kata yang digaris bawahi terus diulang-ulang tentunya membuat artikelnya menjadi artikel Spam karena berisi hal atau informasi yang kurang enak dibaca dan jarang memberikan inti atau manfaat dari artikelnya.

    Maaf Gan kalau panjang saya cuma sharing dari beberapa blog yang ada saat saya kunjungi.Sebelumnya terima kasih Gan sudah mengingatkan kembali kesalahan yang harus diperhatikan dan pelajaran penting dalam optimasi seo yang bermanfaat buat search engine google dan terutama kepada pembaca yang membaca artikel kita.Thx sekali lagi Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh panjang amat sob .... ya begitulah sob, sebenernya hal ini sudah banyak yang tau ... cuma ada banyak yang lupa atau belum tau ... makanya saya postingkan kembali

      Hapus
  3. Gan punya saya pakenya tag rel='author' bukan rel='publisher' itu sama gk kang..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sama aja sob ... hanya tulisannya yang berbeda ^_^

      Hapus
  4. Terimakasih sharenya gan, tentunya artikel ini merupakan sumber koreksi diri untuk blog saya, Dan saya kira memang benar apa yang tertulis di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 sob... kita semua masih perlu banyak belajar kok ^_^

      Hapus
  5. oh, jadi gitu gan.. ane baru tau tuh.. makasih infonya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat ... Semoga bermanfaat untuk kita semua ya sobat ^_^

      Hapus
  6. Wahh betul banget tuh gan, kalo menurut saya lebih baik mementingkan visitornya, daripada harus mementingkan search engine'a, ya walaupun penting juga.. Saya juga pernah dapat banyak visitor walau blog saya terindeks di halaman ke berapa..

    Nice info gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya visitor itu akan datang dengan sendirinya sob, soalnya pengalaman pribadi, blog yang berada pada page one Search Engine , maka visitornya akan datang dengan sendirinya sob ...

      Hapus
  7. Postingan yang cukup menarik dan memberikan pengetahuan baru buat ane, jujur ane gak faham tentang seo sob...tapi makasi banget nie udah share ilmunya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya SEO itu mudah kok sob ... Yang penting selalu difahami dan dipraktekkan ... pasti lama - kelamaan akan faham juga kok ^_^

      Hapus
  8. ane baru tau gan,makasih ya ilmu seo nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee ,,, Sama - sama sobat ,,, Semoga bermanfaat ^_^

      Hapus
  9. makasih infonya, bermanfaat bgt :D

    BalasHapus
  10. wah,
    jadi bertambah nih pengetahuan ane,.
    oke ane akan coba terapkan di blog ane,.

    nice info gan,. (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di praktekan sobat ,,, ini adalah semua yang saya tau ,,, Kalau ada yang salah tolong di klarifikasi sob ^_^

      Hapus
  11. terimakasih sudah share gan :D
    nambah wawasan saya nih, thanks lg ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sob ,, Kalo bisa di share ke Google + ya sob ... Thanks sudah comment ^_^

      Hapus
  12. Halo masbro maksudnya meta tag "name=robots" ap yaa? artikel situ tiba2 keinget pertanyaan itu?hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu adalah meta tag untuk mempercepat atau membantu para robot untuk peng-indexs an ... Anda juga bisa mengaturnya contohnya dengan menambahkan CONTENT="NOINDEX, NOFOLLOW"> ini digunakan untuk mengantisipasi adanya duplicate content .... Semoga membantu ^_^

      Hapus
  13. ijin coba sob soalnaya ane masih pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee silahkan sobat ,,, Semoga bermanfaat ^_^

      Hapus
  14. Harus banyak yang di benahi dari setiap try and eror yang didapatkan di dunia blogger. Namun, dari artikel ini saya menadapat penambahan yang berarti, seperti saya mengikuti suatu kelas denga tutorial yang enak dan jelas apa yang menjadi suatu kebutuhan bagi setiap webmasater dalam mengolah dan mengopersikan blognya.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ,,, Optimasi SEO memang sangat dibutuhkan oleh blog ... karena kekurangan blog yaitu dari SEO yang harus di optimasi agar sampai di google dengan tenang dan akan selalu berada pada page one sobat .... Namun , jangan sampai terlalu berlebihan (Over Optimization) karena juga tidak baik untuk blog .... Thanks atas komentarnya ... Salam Ic Creem

      Hapus
  15. sangat bermanfaat gan,,, terimkasih,,,

    BalasHapus
  16. Teroma kasih infonya sob, saya masih nubie nih tentang seo, postingannya sangat membantu, jangan lupa kunjungan baliknya sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh sama - sama sobat ... Belajar dari muda itu lebih mudah sobat ... Okee nanti saya akan mampir ... Thanks sudah berkunjung di blog IC CREEM

      Hapus
  17. wah,, dapat pencerahan lagi dari agan yang satu ini,, thanks gan,,
    cara penulisan artikelnya manis banget.. .. semanis ice creem

    menanti followbackmu,, gan
    http://jadibisa.com

    BalasHapus
  18. wah baca artikel lain juga, banyak ilmu baru n freshnya ya gan,, ok,ok,ok,, bisa jadi referensi nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat ... Thanks sudah berkunjung dan berkomen ... Kalau untuik referensi sebisa mungkin diberi sumber ya sobat ... Okee segera ke TKP ^_^

      Hapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>