Senin, September 09, 2013
54
CARA MENGATASI BOUNCE RATE YANG TINGGI | Kali ini saya akan berbagi tutorial SEO yang berkaitan dengan masalah Bounce Rate blog dan bagaimana cara mengatasinya . Bounce Rate itu terjadi karena visitor atau pengunjung yang datang ke blog kita hanya bersedia membuka satu halaman saja tanpa mau membuka halaman pada artikel - artikel yang lainnya (yang otomatis telah ada dalam postingan blog) . Banyak hal yang menyebabkan Bounce Rate blog ini terjadi salah satunya adalah kurang variatif atau kurang berbobotnya artikel - artikel blog yang kita sediakan . Disamping itu , bisa jadi blg yang kita miliki ini terlalu berat (proses loading) . Jadi membutuhkan waktu yang relatif lama untuk membuka satu halaman saja . Dalam kondisi ini praktis visitor blog menjadi tidak sabar untuk menunggu , dan langsung menutup blog kita dan mencari artikel - artikel yang lain yang mungkin lebih ringan loadingnya .

CARA MENGATASI BOUNCE RATE YANG TINGGI

Tingkat atau presentase Bounce Rate seringkali menjadi alat ukur atau pertimbangan advertiser untuk memasang iklan . Semakin besar kualitas kunjungan pada suatu website (semakin rendah bounce rate) semakin besar kesempatan untuk mendapatkan klien advertiser atau stakeholder lainnya . Bounce Rate juga menjadi tolak ukur bagi webmaster untuk melihat kualitas kunjungan , yang berarti menunjukkan kualitas website yang dia kembangkan . Bounce Rate sebuah blog atau website yang berada di atas 50% bisa menjadi masalah besar bagi seorang blogger , ini berarti situs sobat elah kehilangan cukup banyak pengunjung yang datang ke blog anda .

Sebelum saya melangkah jauh , saya akan menjelaskan pengertian Bounce Rate itu apa ?? Bounce Rate adalah rasio jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja pada blog yang anda iliki tanpa membaca artikel yang lainnya . Bounce rate juga dapat dihitung dengan rumus berikut :
Bounce Rate = (jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman blog / jumlah kunjungan total ) x 100%
misalnya dalam satu bulan blog anda memiliki jumlah kunjungan total sebanyak 30.000 , sedangkan kunjungan pembaca hanya membuka satu halaman sebanyak 1.000 . Dengan kata lain , bounce rate dari blog anda sebasar (1.000/30.000) x100% = 3,33% .

Semakin besar bounce rate yang dimiliki sebuah blog  maka kinerja blog tersebut akan semakin buruk , sedangkan semakin kecil Bounce Rate pada sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin baik . Dan agar kinerja blog semakin baik , anda dapat mematok 20 % sebagai nilai Bounce Rate maksimal pada blog anda .

FAKTOR BOUNCE RATE :

Pada dasarnya , faktor penyebab tingginya persentase bounce rate adalah pengunjung tidak atau kurang menemukan relevansi pada konten yang di inginkan . Dia kemudian segera pergi dari halaman dimana dia masuk tanpa meningalkan jejak ke halaman - halaman lainnya . Namun demikian , faktor - faktor pasti yang dideteksi oleh pengukur Bounce Rate adalah sebagai berikut :
  1. Pengunjung menekan tombol "Back" pada browsernya .
  2. Pengunjung menutup windows atau tab browser pada halaman yang dia kunjungi .
  3. Pengunjung melakukan klik pada salah satu iklan .
  4. Pengunjung melakukan klik pada salah satu link eksternal . 
  5. Pengunjung menggunakan search box di salah satu halaman yang dia kunjungi .
  6. Pengunjung mengetik url baru pada browser yang sama . 
Bentuk - bentuk aksi diatas akan menyebabkan pengunjung meningglkan halaman website atau blog dan dihitung sebagai Bounce Rate , dengan catatan dia baru saja masuk ke satu halaman saja tanpa membuka halaman - halaman lain .

Dan bagaimana anda mengurangi Bounce Rate situs web anda dan memastikan bahwa sebagian besar dari mereka yang berkunjung akan mengunjungi halaman lain dalam situs anda ?? Sekarang kita telah mengidentifikasi beberapa kemungkinan penyebab tingkat bouncing yang tinggi , saya ingin kita meligat beberapa banyak yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki situasi . Hanya mengidentifikasi masalah saja tidaklah cukup , tetapi mengambil tindakan roaktif untuk memberi pengunjung kesan pertama yang baik itu akan lebih baik . Berikut ini adalah langkah - langkah mengatasi Bounce Rate yang tinggi :

BUATLAH KONTEN YANG MENARIK PENGUNJUNG , Jika blog sobat memiliki banyak artikel dengan konten yang menarik dan berkualitas , biasanya mereka akan berkunjung ke blog tersebut selalu membaca setiap artikel sampai selesai . Apakah pembaca meninggalkan komentar setelah membaca posting sobat ?? Jika tidak , itu membuktikan bahwa konten sobat kurang menarik dan tidak informatif . Karena hal itulah sebaiknya kita perbaiki kualitas konten supaya lebih menarik dan memiliki banyak informasi yang sibutuhkan pembaca .

MEMINIMALKAN IKLAN , Pada saat pengunjung membuka blog yang memiliki banyak iklan , biasanya para pembaca akan enggan untuk membuka halaman yang lain . Oleh sebab itu , Jangan memasang kode pop up secara berlebihan dan mengganggu pembaca ketika anda menikmati artikel yang ada di blog sobat . Memang jika sobat harus menggunakan pop up atau pop under , sobat harus memperhatikan letak penempatan pop up tersebut sehingga tidak mengganggu pembaca . Hal ini juga merupakan suatu cara untuk mengurangi tingkat bouncing .

MENGUBAH BACKGROUND BLOG , beberapa orang lain ingin menambahkan gaya ke situs mereka , tetapi pada akhirnya yang mereka lakukan adalah mengusir secara perlahan pengunjung yang berkunjung ke blog mereka . Tidak peduli dengan seberapa menarik konten anda , pengunjung tersebut mungkin tidak pernah datang kembali ke blog anda . Saya sarankan untuk menggunakan latar belakang putih atau hitam karena warna ini lebih mudah untuk dibaca atau beberapa kombinasi latar dengan warna tulisan yang pas agar pembaca tidak terganggu dengan masalah ini .

MENGGANTI TEMPALTE YANG LEBIH SEO FRIENDLY , Tak seorang pun ingin membuang - buang waktu berharga untuk menunggu loading blog yang berat untuk dimuat . Selain karena kualitas artikel yang kurang berkualitas , bound rate ini juga sering ditimbulkan karena loading blog yang sangat lambat . Hal ini biasanya diakibatkan karena menggunakan template blog dengan template yang memiliki banyak JavaScript dan CSS ataupun terdapat banyak konten Flash sebagai plugin untuk membuat tampilan blog lebih menarik . Semakin cepat halaman maka semakin rendah tingkat bouncingnya .

BUATLAH NAVIGASI YANG JELAS , Navigasi yang jelas akan memudahkan pengunjung dalam melihat isi blog anda . Anda juga bisa membuat navigasi halaman jika artikel di blog anda sudah sangat banyak . Dengan kemudian kemudahan navigasi seperti itu , pengunjung akan merasa nyaman blogwalking di web anda dengan membaca berbagai artikel didalamnya .

HINDARI PENGGUNAAN TEHNIK BLACK HAT SEO , Saat ini sudah banyak pengunjung cukup pintar untuk mengetahui kapan dan dimana anda mencoba untuk menggunakan metode blackhat seo untuk mengelabuhi mereka agar mengklik link sebuah link iklan atau referal . Saat mereka memahami hal ini , mereka tidak pernah repot - repot untuk melanjutkan di situs anda . Jadi untuk mengurangi tingkat bouncing situs Web , anda harus menghentikan semua bentuk praktek Blackhat . Untuk bisa memaksimalkan artikel , anda bisa melihat tutorial tentang  CARA OPTIMASI SEO DENGAN BLACK HAT SEO

Demikian Tips yang dapat saya berikan yaitu tentang CARA MENGATASI BOUNCE RATE YANG TINGGI ini . Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu memperkecil tingkat Bounce Rate blog anda . Terima kasih sudah membaca Artikel ini . Salam Ic Creem


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

54 komentar:

  1. Makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali untuk saya.. memang bener gan maka dari itu kita harus selalu membuat artikel yang menarik dan berguna menjadi sebuah informasi yang penting bagi pembacanya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sama - sama sobat ... Thanks juga sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  2. Baru sekarang (setelah membaca artikel anda ini) aku menyadari betapa pentingnya mengurangi prosentase bounce-rate demi kemajuan sebuah blog ini. Memang betul juga, bila kita teliti lebih jauh lagi, komponen bounce-rate ini juga menjadi salah satu algoritma Alexa-rank yang patut diperhitungkan. Terima kasih, salam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ... Memang dengan mengurangi bounce rate , secara tidak langsung kita akan memperbaiki ranking pada Search Engine ^_^

      Hapus
  3. Kualitas dari konten yang tersaji merupakan salah satu faktor utama bagi para pengelola web blog, dan juga tingkat kecepatan loading dari setiap web. Informasinya sangat lugas dan oke Sob.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ,,, Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda juga ^_^

      Hapus
  4. Bounce rate blog apa dapat dikurangi dengan script target='_blank' yang diterapkan pada setiap link aktif yang ada pada halaman home page maupun halaman postingan ?
    Salam ice cream

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa kok sobat ,,, Karena cara terbaik (dan termudah) untuk mengurangi bounce rate ini yakni dengan menambahkan target target='_blank' ke tag link < a >

      Hapus
  5. Tips di atas memang ampuh kurangi bounce rate. Namun , apakah pemakaian fitur related-post pada akhir tiap-tiap postingan tidak dapat dipergunakan sebagai alat bantu untuk menurunkan tingginya prosentase bounce rate ini ? Mohon pencerahannya Mastah ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian fitur related post ,,, tentu bisa saja membantu menurunkan bounce rate ,,, karena related post membantu meningkatkan jumlah page view halaman ... Tetapi kembali juga kepada kualitas artikel pada setiap halaman tersebut ... Semoga dapat membantu ^_^

      Hapus
  6. Sangat membantu sekali , makasih masta ,seperti di blog aku bounce nya sampai 75% ,terkadang kita juga sudah malas untuk mengurangi bounce rate nya,karena sangat sulit untuk menguranginya dan terpaksa kita harus up-date terus dan selalu membuat konten yang menarik membuat hal ini sangat sulit lagi rasanya untuk kembali ke awal,dan kesalahn di dalam blog ane setelah saya periksa ternyata ada 1 artikel cerita dewasa itulah penyebab bounce rate blog ane meningkat tinggi,untuk solusinya selasin url nya di hapus gimana kira-kira ya masta ,,, di tunggu pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya di hapus saja postingannya ... Karena itulah cara terbaik untuk menguranginya ... Kalau bisa anda memiliki blog yang tema nya yang banyak dicari dan bermanfaat untuk pencari ilmu baru ... Semoga dapat membantu dan jangan lupa untuk selalu mengecek tingginya baounce rate sobat ^_^

      Hapus
  7. infonya sangat bermanfaat sekali gan .. makasih banyak ,sebagai blogger memang harus memberikan informasi yang berkualitas dan tepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa memang sangat membantu jika anda selalu up-date postingan setiap hari ,,, Karena dapat memberi info terbaru untuk visitor , tapi juga bisa menarik perhatian para visitor untuk mengunjungi postingan yang lain ... Semoga bermanfaat ^_^

      Hapus
  8. Saya selalu memperhatikan konten untuk agar tidak membuat pengunjung kecewa

    Terimakasi sudah berbagi mastah ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh bagus sekali sobat ,,, Namun , jangan pernah Copas ya sobat ,, Mending kalau anda ketik ulang dan jangan lupa beri sumbernya ... Thanks for comment ^_^

      Hapus
  9. Subhanallah...
    ilemu baru nih, Gan.
    Saya jadi ngeh kalo begitu selama ini visitor blog saya banyak yang type bounce rate kek gini.

    btw. blog-nya udah saya follow nih, follow back juga dong, hhe.
    on http://worldsingleorganization(.)blogspot(.)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sob ,, memang bounce rate yang tinggi sangat merugikan pemilik blog ,,, Oke segera ke TKP ^_^

      Hapus
  10. ilmu baru gan
    thanks ya :)

    http://moonshadow48.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat ... Thanks sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  11. Wah ane baru tau ni gan..
    dapat ilmu baru ni stlah berkunjung di bloga agan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh iyaa sobat ... Thanks sudah berkunjung ... Semoga bermanfaat untuk anda juga sobat ^_^

      Hapus
  12. Izin praktek! comment back! http://dovinize.blogspot.com/2013/09/cara-mempercepat-koneksi-internet-opera.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sobat ,,, Semoga bermanfaat ,,, Segera ke TKP ^_^

      Hapus
  13. nice tutorialnya nya gan.....

    patut di coba nih...

    jangan lupa follback blog ane ya gan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sobat ... Thanks sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  14. Wah memang mantap postingannya mastah,, Oh iyaa kasih infonya biar blog terdeteksi google dan bisa jadi peringkat 1,, seperti blog agan ini... tolong penjelasannya ,, Salam sukses buat agan ibnu dan teruslah berkreasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sudah bertanya Ilmia ,,, walaupun tidak relevan dengan artikel saya diatas namun saya akan memberikan tips untuk bisa jadi peringkat 1 . Yang pertama buatlah artikel original, kalau tidak bisa, lakukan pengeditan maksimal terhadap artikel yang di salin dari blog lain . Tentukan keywords atau labels sesuai tingkat persaingan . Pasang keywords pada setiap paragrap di artikel tapi jangan berlebihan maksimalkan link on page, jika tidak bisa, maksimalkan link off pagenya ...

      Hapus
  15. wah, mengatasi masalah ini cukup berat bro, termasuk pekerjaan rumah yang gak gampang gan.
    nice post gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ,, memang pekerjaan yang satu ini tidaklah mudah untuk dikerjakan . Namun , setelah memahami dan mempraktekannya , maka lama - kelamaan kita akan terbiasa dan membuat pekerjaan ini menjadi sangat mudah ... Thanks for comment ^_^

      Hapus
  16. baru tahu kalau iklan sama klik link external adalah penyebab boundrate yg tinggi.. thanks mastah atas ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetapi ini bisa anda gunakan sebagai tambahan sobat semua !!! jika Bounce Rate Anda sudah mendekati 0%, Anda patut curiga. Bisa jadi itu akibat kesalahan atau bug pada program web analytics yang Anda pakai. Bukan maksud saya mematahkan harapan Anda, tetapi ketika Bounce Rate Anda sudah berada di bawah 20%, itu sudah bukan lagi berita baik. Itu berarti Anda harus mencari program web analytics yang lebih baik. Semoga membantu ^_^

      Hapus
  17. sip kk postingnya ternyata sangat bermanfaat sesudah saya baca, maksi udh ngasih info bwt pemula seperti saya (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat ,, ini saya beri tips ,, Jangan terburu-buru mengkhawatirkan Bounce Rate ketika baru membuat blog. Setidaknya tunggu hingga 6 sampai 12 bulan pascarilis, atau setelah Anda menerima lalu lintas kunjungan yang "logis", seperti misalnya 500 pengunjung per hari. Dalam keadaan ini, blog Anda akan lebih banyak dikunjungi oleh pengunjung-pengunjung random. Dari sinilah Bounce Rate akan terhitung dengan lebih akurat.

      Hapus
  18. bagaimana cara cek bounce rate bro??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di internet ada banyak aplikasi yang memudahkan kita dalam menghitung bounce rate. Contohnya seperti Google Analytics. Namun selain Google Analytics, juga ada aplikasi lain yakni menggunakan Alexa .

      Hapus
  19. ane aja baru tahu bro apa itu bounce rate -_-

    need komen > Waspada Kanker : http://nokanker.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh iyaa sob .. Semoga dapat menambah wawasan anda ^_^

      Hapus
  20. wew mantab sob..
    ane baru tahu..
    #salam damai

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa sama-sama sobat .... Thanks atas kunjungannya ^_^

      Hapus
  22. setuju mas, saya juga mengalaminya di blog saya, bounce rate pada satu artikel terlalu tinggi, dan artikel lainnya tertinggal jauh. ternyata blog ini banyak memberi informasi menarik tentang blogging. Salam kenal mas.

    Regard,
    Kidchun Region

    BalasHapus
  23. ..Info nya jempol bgt,selama ini ane kirain semakin tinggi bounce rate suatu blog maka semakin bagus kwalitas blog tsb,eh ternyata saläh fahäm hu'uufft !
    .. Gan bounce rate itu chek nya ada di alexa jg ya?
    Di tunggu jawabnyä. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa anda benar sekali sobat ... Kalau melalui Alexa memang bisa . Namun saya rekomendasikan untuk mengeceknya di Google Analytics dalam waktu 3 bulan setelah pembuatan blog , karena setelah 3 bulan maka bounce rate nya akan stabil ... Semoga membantu :)

      Hapus
  24. punya saya kalo gak saya 35% bounce ratenya
    cek aja http://blogspot--id.blogspot.com

    BalasHapus
  25. wew, perlu banyak belajar nih saya, apalagi bounce blog gw ada yg diatas 50% :3

    kunjung balik ya mas http://indoworld.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang masih tinggi ... bisa anda gunakan atau terapkan CARA MENGATASI BOUNCE RATE YANG TINGGI diatas ... Semoga bermanfaat untuk anda :)

      Hapus
  26. ane ngiri sama blog ente gan..
    postinganya belum terlalu banyak tapi alexanya udah ramping gitu
    punya ane masih jutaa-an..
    hem...makasi atas sahraingnya ga, pagi publisher GA sangat membantu sekali.
    salam kenal gan ??
    jika agan sempat mampir blog ane ya gan
    www,daniarmurdi,com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh ternyata ada yang ngiri nih ,,,, Alexa itu sangat mudah kok sob ,,, Saya saja 3 hari sudah 1 jt an ... Yang terpenting selalu update artikel , pasang yang berkaitan dengan alexa , jangan lupa untuk Blogwalking setiap hari ... Salam kenal kembali sobat ... Segera ke TKP ^_^

      Hapus
  27. nah itu dia penjelasan yang mudah dimengerti lalu bagaimana selanjutnya buat toko online seperti saya ini fatma farma memakai ini meta http-equiv="refresh" content="120"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jangan menggunakan bot refresh otomatis sob , soalnya itu sangat mempengaruhi bounce rate toko online anda ^_^
      dan itu sangat berbahaya sekali buat toko online anda , sebaiknya alami saja sob , walaupun waktu yg diperlukan memang lama n sangat manual , tetapi hasilnya sangat memuaskan n jangan diragukan lagi sob ^_^
      semoga bermanfaat , terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>