Rabu, September 11, 2013
58
CARA MENGHAPUS BROKEN LINK PADA BLOG | Pertumbuhan situs atau blog dengan konten yang terus bertambah tentu akan semakin sulit untuk mengelola dan mengontrol agar link antar halaman tetap hidup . Sebuah situs atau blog sedapat mungkin harus dibersihkan dari adanya link yang mati atau rusak , karena dapat merusak reputasi online serta akan berdampak negatif terhadap peringkat situs atau blog di Search Engine . Tutorial kali ini bertentangan dengan Broken Link secara tuntas . Broken Link ini memiliki efek cukup besar pengaruhnya terhadap kualitas sebuah blog , sehingga perlu diperhatikan dan mendapat pengamatan yang lebih . Broken Link ini sendiri adalah link yang rusak yang tidak bisa dikunjungi oleh visitor maupun bot Search Engine . Tampilan page dari link rusak ini biasanya berupa page eror 404 dan sejenisnya .
CARA MENGHAPUS BROKEN LINK PADA BLOG

Apa penyebab Broken Link ?? Penyebab broken link adalah disaat kita mengolah blog seperti memasang widget dan mencantumkan URL blog yang tidak adalah pada blog kita dan tanpa sadar kita telah membuat link rusak . Broken link ini disebut juga dengan kesalahan 404 , dan muncul disaat pengunjung mencari blog kita dan mengunjungi dan terdapat tulisan " Sorry , this page you were looking for this blog does not exist " atau " Maaf , halaman yang anda cari di blog ini tidak ada " . Dan mungkin juga blog anda dianggap sebagai spam oleh Search Engine .

Broken link atau link rusak sangatlah mengganggu pagerank blog atau website kita di google , jika terdapat 1 Broken Link saja akan mengakibatkan blog menjadi turun peringkat di halaman pencari google , oleh karena itu google sangat membenci blog atau website yang mengandung broken link di dalamnya , menghapus Broken Link juga merupakan salah satu strategi SEO , bayangkan saja anda apabila memiliki 1 broken link saja di widget blog atau website anda maka secara otomatis efek dari broken link akan berpengaruh ke semua postingan blog anda .

APA KERUGIAN ADANYA BROKEN LINK :

  1. Broken Link bisa membuat blog kita terkena Pinalty Google . Apa kerugian jika terkena pinalty google ?? pastinya berpengaruh terhadap pagerank dan pengindeksan blog kta oleh Search Engine .
  2. Broken link juga bisa menurunkan kualitas SEO blog .
  3. Jika banyak broken link di situs kita , apa kerugiannya ?? blog kita dianggap SPAM oleh Search Engine .
  4. Apa kerugian bagi pengunjung ?? Pastinya mereka tidak dapat menemukan informasi yang mereka cari . Jika seperti ini , maka pengunjung tersebut enggan untuk datang kembali ke blog anda .

PENYEBAB SEBUAH LINK BISA MENJADI BROKEN LINK

Ada beberapa mengapa sebuah link bisa menjadi Broken Link yaitu sebagai berikut :

Domain yang expired dan tidak digunakan lagi , Domain yang tidak bisa atau lupa diperpanjang akan menyebabkan link rusak , hasil dari link tersebut nantinya akan menghasilkan eror page pada browser .

Link postingan artikel yang di delete , Postingan yang sudah di delete maka URL nya tidak akan ada lagi , alhasil menyebabkan link yang tidak bisa di buka atau eror 404 .

Profile blogger yang didelete , Account blog yang di delete juga menyebabkan link rusak , hal penghapusan ini mungkin di sebabkan oleh hal - hal tertentu , baik di sengaja ataupun tidak disengaja . 

Cara menulis link yang tidak tepat , Kesalahan penulisan URL seperti " ***.con " atau salah menulis format URL " ***/cara-membuat-seo-friendly.htm " akan juga menyebabkan link eror .

Link eksternal yang disisipkan sudah dihapus oleh pemilik blog yang bersangkutan , Contohnya ketika anda pernah memberi tautan menuju salah satu halaman posting blog atau situs lain dalam postingan anda , dalam istilahnya adalah memberi trackback . Nah , karena pertimbangan tertentu , halaman tersebut ternyata kemudian dihapus oleh pemilik situs tersebut . Kondisi demikian akan menyebabkan terjadinya broken link pada blog anda , terutama postingan anda yang berisi backlink menuju halaman yang sudah di hapus .

Pergantian costom domain blogspot , Link asli yang berformat ***.blogspot.com dari blog yang masih muncul di page postingan akan juga menyebabkan broken link , walau memang nantinya link ini apabila di kunjungi akan mengarah pada postingan dengan costom domain baru . Namun , ternyata bot mesin pencari menafsirkan link ini secara berbeda .

Broken Link yang dibiarkan begitu saja akan menyebabkan kualitas blog menjadi berkurang . Efek dari broken link ini mengakibatkan artikel jadi susah di index google dan ranking serp di hasil pencarian google jadi menurun . Bagi blog ingin menjadi top one atau bertengger di halaman pertama google , alangkah baiknya untuk mengatasi masalah ini terlebih dahulu . Sebab menurut pendapat teman saya yang sudah MASTER menyatakan bahwa posisi dari artikel blog di SERP bahkan bisa kalah dengan blog hasil Copas gara - gara efek dari Broken Link . 

Masalah Broken Link ini saya angkat kembali karena terkait makin banyaknya blog dengan platform blgspot yang mengalami penghapusan secara masal . Tidak menutup kemungkinan karena hal ini , jumlah broken link yang terpasang di form komentar blog juga ikut bertambah . Hanya ada satu jalan untuk mengatasi broken link ini yaitu dengan menghapus link yang masih terpasang di postingan atau pada form kolom komentar .

CARA MENGHAPUS BROKEN LINK PADA BLOGSPOT 

Pertanyaannya adalah bagaimana cara menghapus link yang rusak ini secara bersih dan tuntas . Hanya ada satu metode yang menjadi jalan satu - satunya untuk menghapus link ini yaitu penghapusan secara manual . Lalu bagaimana cara mengecek dimanakah letak Broken Link yang ada pada blog kita , berikut ini tutorialnya : 
  1. Buka Webtools Brokenlinkcheck.com .
  2. Masukkan URL anda di form yang sudah disediakan setelah itu klik Find broken links .
  3. Setelah itu maka akan ada form lanjutan , masukkan capta lalu pilih Option kedua .
  4. Setelah itu tunggu sampai proses selesai , maka akan tampil berapa jumlah broken link anda .
  5. Cara penghapusannya dengan meng-klik bagian URL setelah itu akan muncul postingan yang terkontaminasi oleh broken link , hapus komentar yang mengakibatkan link rusak tersebut .

TIPS KETIKA ANDA MAU MENGHAPUS BROKEN LINK

Jika jumlah komentar yang ada sudah terlalu banyak , maka proses penghapusan ini akan menjadi hal yang merepotkan , karena kita tidak tahu letak pasti dari link ini . Sebab hasil yang ditampilkan oleh webtools tersebut tidak memunculkan Anchor Text dan hanya berupa linknya saja , maka perlu cara khusu untuk mengidentifikasi posisi letak anchor text link rusak ini .
  1. Copy link yang menjadi penyebab broken link .
  2. Klik menu URL di sebelah kanannya , setelah muncul semua halaman lalu gunakanlah fasilitas source code (CTRL+U) dari browser anda .
BROKEN LINK PADA BLOG

     3.  Gunakanlah CTRL+F untuk mencari link rusak ini .
     4.  Setelah itu cari anchor text tersebut di form komentar dengan CTRL+F kemudian delete komentar               tersebut .

NOTE : Pada hasil pengecekan dari link rusak ini biasanya akan mncul beberapa pengulangan , ini disebabkan oeh double duplicate brokenlink page hasil dari ShowComment . Maka dari itu sobat bisa memilih salah satu saja dari urutan tersebut dan mendeletenya di URL postingan aslinya yang berformat .html 
" Mohon Maaf !! Beberapa komentar pada blog dan broken link dalam artikel , Ic Creem terpaksa kami hapus karena menghambat Optimalisasi blog pada Search Engine ."
Demikian Tutorial atau Tips yang dapat saya berikan kepada anda yang berjudul CARA MENGHAPUS BROKEN LINK PADA BLOG . Ikutilah cara di atas agar blog anda kembali sehat di Search Engine . Semoga bermanfaat untuk para pemilik blog pemula . Tetap semangat jangan pantang menyerah dalam menangani Broken Link ini sobat . Salam Ic Creem


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

58 komentar:

  1. Mantap mas infonya, sudah saya praktekan dan mampu ndeteksi link yang mati hehe thanks mas infonya, monggo kalo sempet mampir ke blog saya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir.. Sukses juga buat blognya :)

      Hapus
  2. Maaf mas.. saya pernah melakukan hal semacam diatas, ada sekitar 500 url 404 yang saya lihat di webmaster tool, akhirnya saya hpus semua url tersebut. Bukanya permasalahan selesai justru blog saya tidak terindex sama sekali di semua mesin pencari! bahkan domain nya pun tidak terindex! saya biarkan selama 3 hari tetep saja tidak terindex, akhirnya saya dapet saran dari teman untuk mengembalikan lagi url 404 yanag saya hapus tadi, alhamdulillah... blog saya kembali terindex.

    Dari kasus diatas, sebenarnya menghapus url 404 / broken link itu sangat baik apa justru memperburuk?? mohon pencerahanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabaiknya langkah yang anda ambil jika menghapusnya lewat webmaster tool adalah meng-submit lagi dan verifikasi meta tagnya sobat ... Dalam 1 hari pun pasti akan kembali seperti semula ,,, Masalah tersebut diarenakan bot dari google menghapus domain dari hosting mereka dan anda juga harus mendaftar kembali ... Semoga membantu ^_^

      Hapus
  3. Sip Info nya mas saya sudah cek d iwebtools ada 7 yang broken link tapi pas saya mau tahap penghapusan ada bacaan No errors detected in the last 90 days. Nice! apa blog atau kita harus menunggu 90 hari.
    blog saya masih baru si gan heheheh

    mampir balik ya gan di bisnis property ane :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih akurat lebih baik langsung saja dicek di google webmasternya saja. Dan langsung dihapus disana pula. Kalau bisa jangan terburu - buru dalam mengecek broken link ,,, Dan semua penyebabnya sudah saya berikan diatas :-)

      Hapus
  4. mastah , saya mau tanya nih.. punyaku kemarin abis tak remove kok di tulisan not foundnya masih tetep ada sih??. gimana cara mengatasinya yah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang lama sobat, saya saja butuh berbulan-bulan ,, Namun , kuncinya adalah tetap sabar dan harus telaten ^_^

      Hapus
  5. mau tanya gan kalo saya kan cek broken link web saya di broken link checker,,terus ada hasil lumayan banyak warna ijo dan merah,,,yang ijo link nya bagus sedangkan yang merah rusak atau buruk,,jadi apa yang musti saya lakukan dengan hasil itu?
    terima kasih,,saya berharapa dapat jawaban,,salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus mencari yang Server response ,, yang bertuliskan 404 dan bad host saja yang harus anda singkirkan atau hapus ,,, dan jangan sampai menghapus yang bertuliskan timeout .. Semoga membantu ^_^

      Hapus
  6. Saya menemukan banyak broken link yang bersumber dari kesalahan pengelola blog lain dalam menuliskan url yang terhubung ke blog saya.
    Meski saya sudah meminta google untuk menghapusnya, tetapi tetap saja terdeteksi oleh google
    Barangkali ada advis untuk saya.
    Mohon jawabannya ya mastah
    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk permasalahan ini ,,, Sebaiknya jangan terburu - buru untuk menganalisa ini ,,, Kalau saya membutuhkan beberapa munggu baru terhapus secara keseluruhan sobat .. Untuk pembuktian langsung saja cek di google dengan url yang dihapus tadi. ^_^

      Hapus
  7. makasih sob, tapi sayangnya saya pada webmasternya masih N/A soalnya masih baru..... tapi waktu ngecek bnyak broken linknya nih..... jadi gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih akurat , dan sempurna sebaiknya menggunakan cara Manual untuk penghapusannya sobat ,,, Kalau menurut saya yang paling banyak terdapat broken link adalah pada Postingan anda sendiri ... Semoga membantu ^_^

      Hapus
  8. barusan aku dapat 1 error, dan sudah aku bersihkan melalui cara diatas

    aku bingung posting mana di blogku yg broken link

    http://eleysonc.blogspot.com/related-content.g?q=

    ini biasanya link apaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh itu menurut saya pendeteksian artikel terkait di blognya mas, namun belum disearch, hasilnya tidak ketemu dan jadi link mati atau disebut broken link ... Semoga membantu Sob :)

      Hapus
  9. Maaf OOT mastah ... Mempertahankan konsistensi kita dalam menetapkan tema blog ternyata gak semudah yg kita pikirkan di awalnya ya mas :( ... postingan di sini selalu dan tetep pada jalurnya.. ditu yg saya salutin.. hebat!! nah saya..?!??! :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz bener sekali ,,, kita harus bisa menguasai tema / topik untuk blog yang kita pilih ,,, jangan sampai salah langkah ... Sebaiknya sih harus difikir secara matang pada awal pembuatan blog atau website ... Kalo kita ga nguasai, pas ditanya blogger lain kita jawab apa ??? Walahhh yang selama ini saya postingkan juga kebanyakan dari pengalaman pribadi kok ^_^

      Hapus
  10. Balasan
    1. Silahkan sobat ... Semoga artikel diatas dapat membantu bagi para pemilik blog yang belum tau cara menghilangkan Broken Link ^_^

      Hapus
  11. maaf mau tanya caranya biar blog kita bisa di pasangin iklan gmna ???


    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya space iklan atau iklan dari beberapa PPC sob ??
      Kalau seperti blog saya itu adalah space saja sob ^_^

      Hapus
  12. Nice Post gan :)
    terus berkarya anak Indonesia :D

    BalasHapus
  13. Oh , begitu ! tapi kalo Komentarrnya banyak bisa di hapus gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat saya anjurkan untuk menggunakan cara yang manual saja sob , daripada cara otomatis namun belum tentu terhapus sempurna ... Yang paling banyak terdapat Broken Link itu di Postingan sobat , silahkan anda cek saja pada postingan yang sudah lama .. Semoga membantu ^_^

      Hapus
  14. Ok ntar dipraktekin dech klo ada link blog ku yang broken.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee silahkan dicoba ... Semoga artikel ini bermanfaat yaa ^_^

      Hapus
  15. nice info gan,
    tapu saya kuranga ngerti sama broken link,hehe
    blognya keren, simpel, fast loading
    semangatt yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang kurang mengerti yang bagian mana mbak =D
      Saya kira postingan ini sudah saya buat dengan sangat detail dan sangat mudah untuk dipahami ... Coba di baca lagi mbak ^_^

      Hapus
  16. Infonya Bermanfaat
    Sekarang saya jadi tambah ilmu nih Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat ... Semoga dapat membantu ^_^

      Hapus
  17. keren nih infonya
    ijin bookmark mas :)
    nice posttt :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sobat ... Semoga bermanfaat untuk anda ^_^

      Hapus
  18. nice post-info , pengetahuan yang bermanfaat ,
    ijin share yoh :)

    http://www.baca-ini.info/

    FOLBACK TO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sobat sudah mampir ... Silahkan di share ... Folback done ... Sukses blognya sobat ^_^

      Hapus
  19. thanks infonya,
    sangat bermanfaat bagi blog saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sama - sama sobat .... Semoga bermanfaat buat anda ^_^

      Hapus
  20. Sangat bermanfaat gan artikel nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for comment sobat ... Semoga bermanfaat untuk kita semua ^_^

      Hapus
  21. good post, keep istiqamah ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for visiting and comment ,, Semoga bermanfaat untuk anda ^_^

      Hapus
  22. ok artikelnya membantu jangan lupa komen balik dan follback yah

    berbagisoftware28.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ,,, Sudah saya back semua ... Salam Ic Creem

      Hapus
  23. Dicoba dulu ahk siapa tau di blog ku ada broken link ...


    r3d-xcode.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa silahkan sobat ... Kira - kira 3 bulan dari pembuatan blog atau setelah ada yang berkaitan dengan artikel saya diatas baru anda bisa mengecek nya ^_^

      Hapus
  24. thanks infonya gan, comment + follow balik yes? :)
    http://helloidnario.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat ... Sering - sering aja mampir sob ,,, Pasti akan ada update postingan setiap harinya ^_^

      Hapus
  25. info mantap nih,
    kirain kagak bisa di apa2in lagi kalau udah broken, makasih ea sob infonya mau praktek dulu nih.. .

    tinggalkan jejak juga ea? http://sj-note2me.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee silahkan untuk dicoba sobat ... Kalau bisa hapus sampai ke akar - akar nya sobat ...

      Hapus
  26. bermanfat ni gan, makasih gan. oy, blognya uda saya follow, jangan lupa di follback blog ane gan.. :)

    BalasHapus
  27. mantab informasi nya, nice post bisa nambah wawasan nih ^_^

    BalasHapus
  28. manatp (y) :) http://phreaktools.blogspot.com

    BalasHapus
  29. Numppang bookmark gann

    komback ya

    BalasHapus
  30. wahh bagus nih gan bisa jadi alternatif buat nge-delete broken link..
    oya gan apa sih pengaruh'a kalo kita banyak broken link.. :D

    BalasHapus
  31. keren son ayo daftar Poker Online www.bandar.xyz pasti hoki

    BalasHapus
  32. keren sob ayo daftar <a rel='dofollow' href='http://www.bandar.xyz'>Poker Online</a> www.bandar.xyz pasti hoki

    BalasHapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>