Sabtu, September 28, 2013
25
GOOGLE EMD UPDATE DAN ANTISIPASINYA | EMD (Exact Match Domain) adalah Algoritma terbaru dari Google yang berfokus pada SERP dalam memberantas berbagai situs yang berkualitas rendah dan hanya membidik domain sebagai kata kunci . Pada waktu yang lalu Google telah memberi bocoran bahwa algoritma EMD yang dulunya sangat menguntungkan , namun kini mulai selektif dalam penilaiannya . Jika tidak lolos seleksi , maka Situs tersebut akan dibuang jauh di dasar SERP bahkan sampai hilang dari Indeks . Google pada saat ini sedang rajin untuk mengupdate robot Search Engine mereka yang dikenal dengan kata "Algoritma" .

GOOGLE EMD UPDATE DAN ANTISIPASINYA

Baca juga -  Cara Membebaskan Pinalty Google Penguin dan Panda

Pada dasarnya Google selalu melakukan update pada Algoritma mereka , tapi belakangan ini mereka melakukan update besar - besaran yang berpengaruh besar terhadap hasil pencarian . Situs yang baik pasti berokus pada MANFAAT yang diberikan untuk pengunjung blog mereka . Nah , sementara situs - situs yang dianggap 'Tidak Baik' oleh google adalah mereka yang hanya fokus pada 'Ranking' tanpa memperdulikan MANFAAT bagi end-user (Pengunung) . Contohnya mereka yang membangun website dengan konten tidak berguna sama sekali , hasil copas , terlalu banyak iklan , 'Over Optimized SEO Practice' ( Keyword yang berulang - ulang dan Backlink tidak natural )

Penjelasan Tentang Algoritma Google Terbaru 

Google Panda : Dikeluarkan untuk membersihkan situs - situs yang dianggap sampah 'tidak berkualitas' atau 'Tidak bermanfaat sama sekali' 

Google Penguin : Dikeluarkan untuk membersihkan situs - situs yang memperlakukan backlink yang dianggap 'Tidak normal' alias unnatural di mata Google . Google menginginkan sebuah situs itu 'direkomendasikan' secara sukarela oleh orang lain, bukan dibuat sendiri . Dan karena Google Penguin inilah banyak bisnis backlink yang hancur dan semakin tidak berkembang , bahkan akun pemiliknya akan di hapus oleh Google tanpa pemberitahuan .

Google EMD (Exact Match Domain) : Update ini baru dalam tahap 'percobaan' dari Google . Dan dikeluarkan untuk mentargetkan situs - situs di mana domainnya mentargetkan 'kata kunci exact match' . Contoh kata kunci yang dipakai adalah Bisnis Online Terbaru dan domain yang digunakan bisnisonlineterbaru.com

Domain Saya Menggunakan Target Kata Kunci , Apakah Akan Terjaring EMD ??

Mungkin saja . Tapi belum tentu semua domain yang menembak kata kunci akan teraring EMD Update ini Kenapa tidak !! Karena pada dasarnya , hampir semua nama domain itu adalah kata kunci . Kata kunci ini bisa berupa 'branding' atau 'kata - kata' biasa atau juga kata yang tentu saa bisa menjadi nama domain jika masih tersedia . Sangat jelas konsep EMD ini memfilter domain dengan kata kunci , akan tetapi pada akhirnya akan dipilih mena yang memiliki konten yang berkualitas atau yang tidak berkualitas . Konten yang tidak berkualitas biasanya hanya mengejar Page Rank , dan tanpa memperdulikan kontennya .

Bagaimana Cara Membedakan Konten Yang Berkualitas Atau Tidak ??

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas , konten yang berkualitas adalah konten yang memuat kalimat sewajarnya , tata bahasa , pengejaan , kalimat yang benar dan disukai oleh pengunjung maupun Search Engine . 

Adapun konten yang tidak berkualitas , hanya penggunaan kata kunci , iklan dimana - mana , kalimat yang tidak jelas . Intinya isi dari Situsnya hanya untuk mengejar Page Rank atau menjadi itu sangat bertebaran dan menjamukkan .

Cara Mengatasi Algoritma EMD ??

Bagi anda yang menggunakan domain sebagai kata kunci , sudah terperangkap ataupun belum dengan Algoritma EMD ini , anda harus memperhatikan poin - poin yang akan saya berikan berikut :
  • Kualitas Konten , Sering kali kita mendengar "Content Is King" , artinya kualitas konten merupakan hal yang paling utama dalam optimasi SEO . Dengan konten yang berkualitas , maka aka menjaring visitor ke web anda . Mulai sekarang jujrlah mada diri anda sendiri , apakah konten yang dibuat hanya mengejar SERP ?? Atau berbagi dengan visitor ??
  • Cek Inbound Link , Inbound Link adalah link yang mengarah ke blog kita . Tidak semua inbound link itu bagus , perhatikan apakah ada blog spammer yang mengarah ke blog anda ?? Sebisa mungkin gilangkan link tersebut , karena akan merusak kepercayaan google terhadap blog kita .
  • Social Button Share , Tambahkan tombol share ke berbagai jejaring sosial terutama Share ke Google+ , dengan banyaknya share artikel ke berbagai jejaring sosial , maka akan menambah visitor dan menambah kepercayaan google
  • Update Konten , Usahakan untuk mengupdate konten , jangan terlalu lama dan jangan juga terlalu sering . Sebisa mungkin , kalau andan sempat , updatelah blog anda 1 hari 1 artikel saja , dengan kualitas yang fresh dan bukan hasil copy paste .
  • Link Building , Yaitu upaya membangun inbound link , tetapi sekali lagi lakukan dengan cara yang wajar seperti aktif di forum , menjadi guest post , dan banyak hal yang bisa anda lakukan . Dengan inbound link yang berkualitas , maka akan mempunyai kredibilitas di mata Search Engine maupun visitor 
Jadi , jangan khawatir dengan sebanyak update Google yang dikeluarkan . Jika anda mengikuti arahan SEO dari Ic Creem (Disini saya berfokus untuk menjalankan kegiatan SEO White Hat ) , insyaallah akan aman . Walaupun anda sudah terlanjur menggunakan domain dengan target kata kunci , lakukanlah hal - hal diatas , untuk terlepas dari incaran EMD update ini . Yang terpenting adalah membuat artikel yang bermanfaat , jangan asal memposting saja . Semoga bermanfaat . Salam Ic Creem


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

25 komentar:

  1. Setuju bagi ane konten emang hal yang penting bagi blog kita, tujuan kita nuliskan ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan, untuk apa mempunyai visitor banyak namun, konten kita hanya membuat orang jadi jengkel, misalnya iklan yang banyak dan berat ditambah lagi like fb yang selalu ngejar nggak dapat diclose, sedikit tambahan emang setiap orang butuh penghasilan dari blog yang ditulis tapi jangan terlalu memaksa. Thanks mastah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sob... kalo ane udah berkunjung ke situs kayak gitu, tidak akan untuk kedua kalinya :)

      Hapus
  2. terus google update lagi katanya algoritmanya dengan codename hummingbird

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang Google mengupdate algoritmanya dan diresmikan pada minggu kemarin ... dan bahkan Hummingbird ini adalah mesin terbaru dari Google untuk membereskan blog yang memiliki domain yang termasuk dalam kata kunci untuk blog atau website yang akan dipakai.. Besok sekitar jam 6 pagi akan saya postingkan tentang Algoritma Hummingbird ,,, Ditunggu saja ...

      Hapus
  3. akhirnya ketemu juga artikel yang membahas update algoritma google bulan oktober ini... 2 web saya benar-benar kena dampak negatif ditendang entah ke mana... kira-kira bagaimana cara mengatasinya mas? mohon pencerahannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ketemu cara memperbaikinya. Para webmaster cuma menyarankan untuk memperbaiki faktor "pengalaman berkunjung" di blog kita. Maksudnya memperbaiki kualitas konten dan struktur dari blog. Tentunya ini bisa sangat merepotkan bagi blog yang sudah terlanjur banyak memuat artikel-artikel yang kurang bermutu (hasil copy paste ataupun kurang dari 500 kata)

      Hapus
    2. Sarannya bukan menghindari keyword dari domain, tapi meningkatkan kualitas blog

      Hapus
  4. sangat banyak mas yang berbicara mengenai algoritma yang satu ini, bahkan blog-blog dengan traffic tinggi pun sempat drop uniqe visitornya.
    saya juga mau tanya mas, yang dimaksud dengan artikel berkualitas itu seperti apa sih mas?
    kan google itu robot, yang tidak bisa membaca, nah kalo misalnya artikel yang di publish itu artikel yang baik, tidak ada unsur SARA, tidak provokatif dll. apa itu yang dinamakan artikel berkualitas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya googlebot itu robot yang dibuat untuk "membaca", jika tidak bisa membaca, maka tidak akan bisa menggolongkan kata per kata. Satu satunya kelemahan googlebot itu pada desain grafis. Google belum bisa mengenali gambar dengan baik.

      Kalau saya tidak salah pernah ada yang membahas bahwa artikel berkualitas itu diketahui dengan membandingkan semua artikel sejenis dan pengalaman para pengunjung.

      Dari membandingkan itu googlebot menilai apakah suatu artikel memberikan pengetahuan tambahan atau cuma memutar-mutar posisi kata dari artikel sejenis. Sedangkan dari pengalaman pengunjung Google menilai seberapa lama kunjungan, jika baru dibuka langsung ditutup, maka itu adalah voting yang buruk.

      Sebagai contoh blog dengan 1000 kunjungan dari google, kalau 500 langsung menutup maka itu buruk sekali, tapi kalau cuma satu dua orang bisa jadi cuma "black campaign" Thanks sudah bertanya :)

      Hapus
  5. Jadi kesimpulannya, apakah kita harus menghindari pemakaian domain dengan kata kunci, atau seperti apa mas? pertanyaan lain : menurut mas, apakah lebih baik 100 artikel yang copy paste atau 10 artikel yang berkualitas. saya pernah melihat blog yang copy paste tapi kunjungannya sangat banyak.
    terima kasih mastah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini 100 artikel copy paste masih lebih baik. Tapi tentu saja lebih beresiko karena Google masih mengembangkan algoritma artikel copy paste. Kalau ini rampung blog yang sudah terbang tinggi ini bisa jadi terjun bebas dan hilang dari SERP... Jadi untuk jangka pendek ini masih sangat menguntungkan. Untuk jangka panjang....mungkin tidak.

      Hapus
  6. Mas Ibnu, saya baru saja membeli domain baru dengan keyword exact match domain dan kebetulan belum saya posting artikelnya.. dengan adanya algoritma google EMD ini sebaiknya apa yang harus saya lakukan (mengganti nama domain mumpung belum ada artikelnya atau tetap lanjutkan dengan konten yang berkualitas)? Mohon sarannya. Terima kasih mastah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjut saja dengan menggunakan domain ini. Tinggal buat isi blog benar-benar selaras dengan nama domain, dan memberi penjelasan yang cukup menyeluruh atas topik tersebut. Sukses buat bloggingnya :)

      Hapus
  7. info yang bagus gan
    mampir <a href="http://info-pcware.blogspot.com/2012/05/file-professional-kumpulan-tips-trick.html>pengen pc murah...? mamasukkk>>></a>

    BalasHapus
  8. info yang menarik gan comnet back ya di wapnow.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sudah berkunjung ... Segera ke TKP sobat ^_^

      Hapus
  9. thnk gan atas infonya
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sama - sama sobat ... Thanks sudah berkomentar ^_^

      Hapus
  11. Balasan
    1. Ini masih mending sobat ,,, besok saya akan memposting tentang Algoritma Hummingbird ,,, Tunggu saja sobat :)

      Hapus
  12. Sama - sama sobat .... Thanks juga sudah berkunjung dan berkomentar ,,, Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>