Minggu, September 01, 2013
31
MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK KESEHATAN | Setelah sebelunya update artikel tentang PANDUAN LENGKAP SEO OFF PAGE , dan kali ini saya akan memberi informasi penteng tentang kesehatan , saya akan mencoba mengulas sampai tuntas mengenai MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK KESEHATAN tubuh kita .

MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK KESEHATAN

Namun, tahukah anda ?? dibalik rasa pahit daun pepaya ternyata daun yang satu ini memiliki keistimewaan karena meyimpan banyak rahasia dan kegunaan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita . Hal ini berbeda jauh jika dibandingkan dengan rasa buahnya yang cenderung manis dan lembut jika kita makan .

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang sangat cocok untuk dibudidayakan pada iklim tropis seperti negara kita tercinta ini (INDONESIA) , sehingga buah yang satu ini sangat mudah untuk didapatkan dan keberadaannya pun cukup melimpah .

Jika kita ngomongin tentang masalah tumbuhan yang satu ini (pepaya) , hampir semuanya dapat kita ambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh , mulai dari buahnya , daunnya , akarnya , serta bisa juga bunganya . Namun sesuai judul diatas berarti kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh kita .

Sebenarnya apa saja khasiat dari daun pepaya itu ?? Oke berikut ini adalah manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi daun pepaya .

MENYEMBUHKAN DEMAM BERDARAH , Kasus penyakit demam berdarah di indonesia sepertinya sulit untuk dipecahkan . Seolah merupakan penyakit tradisi bagi masyarakat di setiap musim hujan datang . Mencegah memang lebih baik daripada mengobati , tapi jika anda atau anggota keluarga anda sudah terlanjur terkena gigitan nyamuk aedes aegypti dan sudah bosan untuk pergi ke dokter , maka pengobatan menggunakan ramuan tradisional sepertinya menjadi salah satu pilihan .

Salah satu yanag anda pilih adalah manfaatkan khasiat daun pepaya . Daun pepaya mengandung zat senyawa alkaloid carpaine , papain , flavanoid , saponin , violaksatin , tanin , dan caricaksanti . Daun pepaya juga mengandung banyak enzim - enzim seperti enzim papain , nikotin , miosmin , pseudokarpain , kontini , dan karpain . Zat - zat yang banyak tersebut dapat menghambat berkembangnya virus dalam tubuh manusia . Virus DBD dalam tubuh akan melebah dan bahkan terbuuh . Hal ini akan meningkatkan jumlah trombosit dalam darah , jika sudah demikian , perlahan tapi pasti anda akan sembuh dengan sempurna dari penyakit DBD .

MELAWAN SEL KANKER , Penelitian yang dilakukan di Universitas Florida mengatakan bahwa Daun Pepaya berkhasiat untuk melawan berbagai sel kanker dalam tubuh . Khasiat daun pepaya tersebut bisa untuk mengobati kanker serviks , hati , paru - paru , dan pankreas .

Dun pepaya yang dipercaya dapat melawan kanker tersebut adalah Sitokin . Zat sitokin dalam daun pepaya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia untuk melawan berbagai sel kanker . Dibandingkan dengan obat pelawan kanker lainnya , daun pepaya tidak bersifat meracuni terhadap sel tubuh yang normal , maka dari itu daun pepaya dinilai sangat aman untuk kesehatan tubuh .

MENGEMPUKKAN DAGING , Manfaat lain dari daun pepaya adalah membuat daging lebih empuk . Caranya bungkus daging mentah dengan remasan daun pepaya lalu diamkan beberapa saat kemudian baru dimasak .

MENGATASIDARAH TINGGI , Khasiat yang lainnya adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh . Rebus lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air kemudian ambil air rebusan tersebut lalu tambahkan madu atau gula merah secukupnya . Dan minumlah secara teratur dan selagi hangat .

MENGOBATI JERAWAT , Bagi anda yang memiliki masalah kulit wajah berjerawat , Masker daun pepaya bisa menjadi pilihan untuk solusinya . Zat - zat dalam daun pepaya membantu membersihkan kulit dan menyingkirkan jerawat - jerawat yang sering muncul . Untuk membuat masker daun pepaya , anda harus mengambil beberapa helai daun pepaya tua dan menjemurnya sampai kering , setelah itu tumbuk daun tersebut lalu campur dengan air secukupnya . Bubuhkan pada wajah beberapa saat sebelum tidur lalu bersihkan di pagi harinya . Hanya dalam beberapa hari saja kulit pada wajah anda akan sehat dan terbebas dari jerawat .

MENINGKATKAN NAFSU MAKAN , Untuk menambah nafsu makan , daun pepaya segar di haluskan menggunakan blender , tambahkan juga air hangat dan garam secukupnya . Sering meminum air daun pepaya tersebut , jika masih belum berani meminumnya , bisa anda tambahkan madu sesuai selera dan minum menggunakan air hangat .

MELANCARKAN PENCERNAAN , Jika buah pepaya dapat melancarkan pencernaan karena kaya akan serat . Namun , daun pepaya memiliki fungsi serupa karena kandungan senyawa karpain di dalamnya . Senyawa karpain menjaga kesehatan pencernaan dengan cara membunuh mikroorganisme pengganggu saluran pencernaan , sehingga saluran pencernaan sehat , lancar , dan berfungsi sesuai sebagaimananya .

MEREDAKAN NYERI HAID , Sejak dahulu , daun pepaya sering dimanfaatkan kaum hawa untuk meredakan nyeri yang muncul ketika sedang datang bulan . Untuk meredakan nyeri tersebut , selembar daun pepaya muda direbus dalam segelas air bersamaan dengan garam dan asam jawa . Setelah mendidih , ramuan ini diangkat lalu di dinginkan . Ramuan daun pepaya ini segar dan menyehatkan perut ketika sedang nyeri .

MENGHALUSKAN KULIT , Bagi anda yang memiliki jenis kulit kering , daun pepaya merupakan cara yang efektif untuk melembabkan dan menghaluskan kulit . Caranya sangat mudah , anda perlu menumbuk daun pepaya lalu dioleskan ke kulit . Jika dilakukan dengan teratur , kulit akan terlihat atau akan menjadi lembut , halus , dan terawat .

MENGOBATI KEPUTIHAN , Ambil satu lembar daun pepaya , satu potong akar rumput alang - alang , adas pulosari secukupnya . Selanjutnya daun pepaya anda cincang halus , kemudian direbus bersamaan bahan - bahan yang saya sebutkan tadi dengan menggunakan 1,5 liter air sampai mendidih dan disaring kemudian diminum satu kali dalam sehari satu gelas dan lakukan itu secara teratur , sampai penyakit keputihan anda hilang .

CARA MENGHILANGKAN RASA PAHIT DAUN PEPAYA

Rasanya yang pahit membuat kebanyakan orang tidak suka memakannya . Nah , supaya kita bisa mendapatkan kandungan daun pepaya yang menyehatkan tanpa takut dengan rasa pahitnya , berikut ini adalah sedikt tips untuk menghilangkan rasa pahit dalam daun pepaya :
  • Dicuci dan diremas - remas dengan air garam , kemudian dicuci bersih dan direbus hingga matang .
  • Dimasak bersama daun jambu biji atau daun mete . Perbandinganya biasanya 1 : 3 , setelah agak empuk , daun pepaya direbus lagi dengan air baru yang bersih .
  • Anda dapat merebus daun pepaya bersamaan dengan daun singkong , dengan takaran daun singkong lebih benyak ketimbang daun pepaya .
  • Dimasak dengan tanah liat . Caranya dengan merebus daun pepaya yang diberi tanah liat . Setelah empuk , daun pepaya dicuci dengan bersih , kemudian daun pepaya siap untuk diolah . Dan menurut pengalaman orang yang telah mencoba cara ini , cara yang paling efektif adalah merebusnya dengan tanah liat .
Jadi pohon pepaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita . Buahnya yang kaya vitamin , daunnya pun memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan . Bahkan tanaman ini sangat mudah sekali tumbuh dan dijumpai di lingkungan anda . Jadi , selamat mencoba aneka khasiat dari tanaman ajaib ini !!

Demikian informasi seputar MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK KESEHATAN . Alam selau menyediakan berbagai solusi pengobatan dan perawatan untuk tubuh kita . Dibanding dengan obat - obatan kimia , bahan alami seperti daun pepaya lebih aman digunakan karena tentunya terbebas dari efek samping . Namun , tentunya saja kita harus bersabar menunggu khasiatnya yang tidak instan . Salam Ic Creem

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

31 komentar:

  1. Iyaa saya tidak suka dengan daun pepaya , mungkin karena agak pahit . Namun , setelah baca artikelnya mas Ibnu yang mempunyai banyak sekali manfaat , saya akan mencobanya ... MAkasih mas =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih ya sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  2. Wah walaupun sedikit pahit ternyata daun pepaya tidak kalah manfaatnya daripada buahnya ya ... Thanks gan menambah wawasan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sob , agak sedikit pahit namun manfaatnya luar biasa ^_^

      Hapus
  3. Manfaatnya luarbiasa ya , padahal hanya daun yang pahit ,,, Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sob , mungkin banyak yang menyepelekan daun pepaya ,, Padahal dibalik pahitnya itu ada banyak sekali manfaat terutama buat pencernaan ^_^

      Hapus
  4. Wahh istiimewa yaa daun dari pepaya ,,, Dibali rasa pahitnya ada anugrah yang luar biasa dari ALLAH ,, Thanks ilmunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sama - sama .. Thanks sudah berkomentar ^_^

      Hapus
  5. Manfaatnya banyak sekali yach, kirain hanya sebagai suplemen vitamin aja! thanks ya sob sudah berbagi yang sangat bermanfaat bagi saya, inifo ini sangat saya cari, karena buah merupakan makanan kesukaan saya, hampir tiap hari saya konsumsi buah, memang dengan mengkonsumsi buah tiap hari dapat membuat wajah kita segar bugar dan tentunya awet muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh berpengalaman nih sob , Thanks sudah berkomentar ,, lain kali dibaca baik - baik dulu baru komentar ya sobat ^_^

      Hapus
  6. wah banyak juga yah manfaat nya :gg
    nice info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sob manfaatnya tersimpan dengan sangat aman di dalam daun pepaya ^_^

      Hapus
  7. Artikel yang sangat berguna sobat, daun Pepaya enak nya dimakan sama sambel Terasi, thanks sharing nya mas Ibnu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya dengan sambel jadi laper nih ... Makasih sobat sudah berkomentar dan berkunjung ^_^

      Hapus
  8. Balasan
    1. Wah iya benar juga sobat ... Sama - sama ^_^

      Hapus
  9. blog walking gan vist back http://muif-aha.blogspot.com

    BalasHapus
  10. mmang sob daun pepaya brguna banget
    lab-tekno.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun pahit tapi manfaatnya sangat banyak sobat ... Thanks sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  11. infonya sangat berguna gant.,
    thanks udah berbagi.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sob sama - sama ... Semoga bermanfaat untuk semua ^_^

      Hapus
  12. Ternyata banyak juga manfaatnya ya, tapi saya ga suka soalnya pait banget rasanya -_-

    Mampir gan http://armada-seo.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa memang tidak semua orang suka pahit ,, namun diatas sudah saya beri agar tidak terlalu pahit itu caranya sangat simple kok ^__^

      Hapus
  13. oh gitu ya, baru tahu saya, ternyata manfaat daun pepaya sebanyak ini, mungkin masih banyak lagi daun tumbuhan lainnya yang banyak manfaat seperti daun pepaya ini. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, ditunggu ya kunjungan baliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ,, kapan" akan saya postingkan tentang kesehatan khususnya buah lagi sob ... Sering - sering mampir aja ... pasti setiap hari akan ada update postingan kok

      Hapus
  14. mantap artikel kamu
    follow dan comen langsung saja
    www.klikfb.com/?m=scf0752

    BalasHapus
  15. Aku suka banget daun pepaya, pare, daun singkong.. dan semua yg pahit2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh kok aneh yaa suka dengan yang pahit ... Wah langka ini ... Thanks mbak sudah berkomentar ^_^

      Hapus
  16. makasih untuk informasinya sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat ... Thanks sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  17. pahit tau hehehe

    backlink from blogger onecu

    BalasHapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>