Selasa, September 03, 2013
34
MEMBUAT INBOUND LINK YANG BENAR | Blog yang baik akan memiliki konten yang berkaitan / saling mensupport antara satu dengan yang lain , untuk bisa membuat keterkaitan yang kuat antara sema content dalam sebuah blog memang bukanlah hal yang mudah , harus memiliki kondep yang kuat dan tema blog terlebih dahulu . Jika kita ingin mendapatkan posisi yang baik di search engine sehingga memiliki Bisnis Online yang sukses maka penting untuk mengikuti bagaimana cara membangun inbound link (Link Building) dan link ke blog atau website kita (Backlink) . Sobat pernah mendengar kata Inbound Link belum ?? pasti buat para master SEO sudah tidak asing lagi , tapi saya kali ini mau menjelaskan sedikit tentang inbound link bagi sobat - sobat yang belum tau .
MEMBUAT INBOUND LINK YANG BENAR

Kalau blog anda sudah memiliki banyak postingan dan bila tema (niche) nya berkaitan dan bisa saling melengkapi , maka anda bisa membuat inbound link didalam blog anda dengan cara memberikan link dari satu artikel ke artikel yang lain atau sebaliknya . Beberapa orang sering menyebut link ini sebagai starter , yang mengindikasikan popularitas situs sehingga posisi blog berada di peringkat yang tinggi di search engine . Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu Inbound Link ?? anda bisa mengikuti artikel saya ini dengan seksama dan teliti ya sobat .

Namun ini perlu anda simak baik - baik , jika anda memiliki banyak backlink berkualitas buruk dan tidak relevan menuju ke situs anda akan menjadi bencana besar sob !! Google pinalty will lead to your sooner or later , ini terjadi karena anda tidak memiliki otoritas atas inbound link dari backlink yag tidak relevan . Google hanya suka bila link relevan menuju ke situs anda . Tentu jika konten anda kaya akan informasi dan unik , maka secara otomatis orang yang akan mereferensikan link (yang relevan) ke situs anda dan ada kemungkinan link tersebut link "dofollow" sehingga anda akan mendapat free traffik yag ditargetkan kesitus anda . Inbound Link yang "dofollow" dapat meningkatkan Pagerank dan memperbaiki SERP Website atau Blog .

Backlink memang tentang kuantitas (semakin banyak semakin popular) , tetapi lebih penting dari itu berbicara mengenai link yang menuju ke situs anda adalah tentang kualitas . Search Engine mempertimbangkan isi dari situs yang menghubungkan ke situs anda . Semakin baik konten yang dimiliki situs itu maka semakin tinggi eringkatnya di SERP , semakin baik pula " link juice " yang diberikan untuk situs anda .
Bahkan Matt Cutts (the head of the webspam team at Google) mengisyaratkan bahkan tidak perlu terlalu teropsesi mencari banyak backlink , cukup konsisten dengan 2 atau 3 blog atau Website dengan PR tinggi (minimal PR 4 ) cukup memberi pengaruh bagi SEO , semakin tinggi PR semakin banyak traffik ke Blog atau Website anda .

Sebelum kita melangkah dengan jauh saya jelaskan dulu apa sih pengertian dari Inbound Link ?? Pengertian Inbound Link adalah link atau hyperlink yang masuk ke halaman Website atau Blog tertentu yang berasal dari situs eksternal lain . Eksternal ini berarti bahwa halaman ini bukan bagian dari domain yang sama . Link dalam sebuah website atau blog disebut Link Internal .

YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT INBOUND LINK :

PEMBUATAN LINK TELANJANG , Yang saya maksud link telanjang adalah hypertext yang ditulis apa adanya ( tanpa anchor ) , Contohnya :
www.example.blogspot.com
http://www.example.blogspot.com
example.blogspot.com
 Dalam dunia SEO , contohnya diatas disebut dngan text , bukanlah sebuah link . Dalam beberapa kasus, pembuatan link yang benar "<a href= ..... " berubah menjadi text , Sebab blogger yang sudah profesional mencegah outbound link dengan menonaktifkan link anda . Namun , dalam beberapa situs link telanjang malah otomatis dirubah menjadi link .

MENINGGALKAN KOMENTAR , Contohnya "Ic Creem said : Salam kenal sobat , Jangan lupa kunjungan baliknya ya ... "
Sebenarnya komentar ini tidak 100% salah , sebab beberapa orang yang memang ingin berkunjung akan mengklik username (dalam contoh ini adalah Ic Creem) . Dan beberapa tipe Open ID (akun untuk berkomentar pada blog) memang menyediakan informasi tentang username anda , termasuk link menuju blog anda . Namun , ini juga tidak 100% benar , sebab anchor text = nama akun anda / title blog anda . Dan ini tidak diminati Google .

TUTORIAL YANG TIDAK DETAIL , Ada kalanya belajar dari webmaster yang handal malah membuat kita salah kaprah . Bukan maksud Ic Creem menyindir , namun terkadang webmaster yang handal masalah SEO tidak menjelaskan tentang cara membuat link yang benar karena mereka tidak tahu seberapa jauh pengetahuan kita tentang HTMl . Dan berfikir kita pasti paham kok . Semoga tutorial dari Ic Creem ini bisa melengkapinya .

Nah , sekarang saya mulai membuat link - link yang baik menurut para Master SEO dan menurut Google .

Standart HTML code for link :
<a href="http://www.example.com'>Title</a>
Penjelasan :
<a href=     adalah perintah pembuka suatu link
</a>           Syntax sarung (alias perintah dari penutup link)
http://         adalah protokol yang wajib ada agar text dapat melompat kehalaman lain .
Title           adalah contoh anchor text alias " Text Jangkar " text yang terlihat pada link .

Ganti www.example.com dengan URL blog atau situs anda , serta Title dengan text sesuai kebutuhan anda .

TIPS OPTIMASI INBOUND LINK DARI IC CREEM

Penjelasan diatas adalah perintah yang benar untuk pembuatan link . Sekarang kita optimasi untuk inbound link :

PILIH BLOG YANG PUNYA TOP KEYWORD SAMA , Top keyword disini bukan judul artikel yang anda komentari atau topik yang sedang dibahas blog orang lain . Namun , kata - kata yang punya pengaruh besar terhadap sebuah blog . Disini kesalahan banyak terjadi , banyak blogger melakukan SEO dengan menyamakan keyword dengan topik . Contohnya , saya punya blog tentang musik (Blog A) , kemudian saya berkomentar di blog B karena di blog B topiknya atau Nichenya sama dengan blog A .

Keyword tidak bisa dilihat dan dibaca secara langsung , namun banyak situs diluar sana bisa membaca top keyword blog anda . Contohnya : alexa.com , www.google.com/webmasters , dll . Dengan bantuan situs - situs semacam itu kita bisa melihat ternyata antara Blog A dan B yang sama - sama membahas Niche sama belum tentu punya susunan top keywords yang sama .

USAHAKAN ANCHOR TEXT PUNYA KESAMAAN DENGAN JUDUL , Contoh anchor teks komentar yang baik untuk artikel ini adalah :
<a href="http://----------">Fakta Tentang Inbound Link</a>
<a href="htp://-----------">Inbound Link Untuk SEO</a>
Contoh anchor teks berkomentar yang tidak baik untuk artikel ini :
<a href="http://------------">Aneka resep , Musik , SEO</a>
HUBUNGAN ANTARA BLOG ORANG LAIN , ANCHOR TEKS DAN BLOG ANDA , masih berhubungan dengan point diatas . Setelah anda yakin anchor text yang anda taruh punya kesamaan dengan judul di blog / situs orang lain , pastikan juga anchor text punya kesamaan dengan judul posting pada blog anda .
Contohnya :
<a href="http://domain.blogspot.com/p/Fakta-inbound-link.html">Fakta tentang inbound link</a>
Dari contoh diatas diperhatikan :
  • Judul artikel ini
  • Text Jangkar
  • Contoh halaman tujuan (Fakta-inbound-link.html)
Jadi , ada keterkaitan meta - data antara halaman ini dengan blog anda . Dan yang mengaitkan adalah teks jangkar . Perlu diketahui juga , inbound link tidak harus menuju ke home page (halaman utama ) dari blog anda .

TENTANG DOFOLLOW DAN NOFOLLOW , Sekilas saya bahas , bahwa dofollow dan nofollow menentukan inbound link dimata Google . Saya tidak jelaskan disini , karena saya fokus membahas link dan inbound link . Namun , link yang ditempatkan pada situs atau blog yang menerapkan dofolow akan menjadi inbound link yang baik .

PLATFORM PENEMPATAN LINK , Agar menjadi inbound link yang baik , link untuk blog kita lebih baik ditempatkan pada platform yang sama . Platform untuk blogspot.com adalah HTMl (hypertext markup Language ) . Sementara platform yang lain adalah phbb yang biasa digunakan untuk forum .

LINK PADA SIGNATURE FORUM TIDAK BAIK , Masih berhubungan dengan diatas . Saat kita menjadi anggota sebuah forum dan membuat signature yang berisi link menuju blog kita , maka link tersebut menjadi banyak seiring jumlah postingan kita pada forum itersebut . Namun , saat kita mempunyai postingan berjumlah 800 , maka link menuju blog kita sudah tentu 800 juga . Tapi apa inbound link kita juga 800 ?? jawabannya TIDAK . Dari statistikblog saya yang lain , dari sekitar 2.500 link signature sebuah forum , hanya kurang dari 5 saja yang menjadi inbound link . Secara matematis , sangat jelas ini sangat tidak efektif .

Selain menggunakan cara atau tehnik diatas kita juga bisa membuat banyak inbound link dngan membuat banyak blog Dummy , tentunya dengan menggurus blog tersebut secara rutin agar semakin banyak backlinks yang bisa kita dapat untuk blog utama kita , dan ingat usahakan berbeda IP setiap blog dummy yang anda buat . 

Membangun sebuah inbound link bisa dikatakan mudah - mudah gampang , sulitnya mungkin memakan waktu yang agak lama dan melakukan pencarian kesana - kemari , apaliagi untuk para blogger pemula . Namun , kesulitan dalam membangun banyak inboun link ini jangan dijadikan sebagai penghalang semangat kita untuk meraih posisi yang paling strategis di Search Engine menggunakan keyword tertentu .

Demikian itulah sedikit uraian tentang MEMBUAT INBOUND LINK YANG BENAR , dalam mengenal pengertian inbound link serta tehik optimasi khusus pemula , mudah mudahan dapat dipahami dengan mudah ya sobat dan menjadi sebuah peganggan bagi para blogger yang baru saja belajar SEO . Salam Ic Creem 


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

34 komentar:

  1. Great... infonya sangat berguna untuk saya.. Moga dapet info lain lagi yg ga kalah menariknya ya bro.. salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke sobat ... Thanks sudah berkunjung di blog Ic Creem ini ^_^

      Hapus
  2. trims, sy masih baru, jadi perlu cari tau...sy masih bingung cara memasang link dgn judul atau keyword sama di blogspot gimana ya,...trs backlink itu apaan ya, blm ngerti nih, caranya gimana biar dapat backlink, trs pengaruhnya ke blog atau ke website gimana...makasih buat masukannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saat membuat artikel/postingan, usahakan menautkan link atau bahkan menyalin judul kedalam artikel/postingan supaya saat ada pengunjung dari google, kata yang kita copy/sama dengan judul, itu akan menjadi deskripsi dan keyword untuk postingan itu.

      2. Baclink merupakan link-2 yg mengarah ke atrikel atau home page suatu blog. Link itu asalnya bisa dari postingan kita atau dari blog/postingan orang lain yang menautkan link yang mengarah ke blog kita.

      3. Banyak pengaruhnya salah satunya adalah meningkatkan pagerank/rangking dimata google. semakin tinggi pageranknya maka semakin memungkinkan google memunculkan blog dihalaman utama google.

      4. Caranya gampang aja dan masih rame2-nya dibahas pada kebanyakan blog. salah satu caranya adalah berkomentar pada setiap blog yang menggunakan komentar Name/URL . Namun jangan lupa harus relevan dengan blog anda .

      Maaf nih kalau sampai panjang lebar ... Thanks for comment sobat ^_^

      Hapus
  3. walaupun banyak para bloger bilang backlink sudah tidak berpengaruh saya masih percaya bahwa backlink masih sangat berperan dalam meningkatkan seo, terima kasih gan info yang sangat bermanfaat dalam membangun backlink ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Backlink itu sangat penting untuk Blog atau Website untuk meningkatkan ke page one Search Engine ... Thanks for comment ^_^

      Hapus
  4. Inbound link sangat di butuhkan sob, lebih penting dari outbund link. Di situlah liciknya fb, hampir semua, blog/web di dunia memberi link do follow sementara jika ada link kita di fbook malah link di alihkan(external) dan no follow pula,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa benar sekali sobat ... Kalau inbound link sangat bagus untuk Blog kita sendiri . Namun , kalo outbound link itu yang menikmati hanya pesaing dari keyword yang sama dengan blog anda ...

      Hapus
  5. 50 postingan udah boleh pasang back link apa belom ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun anda baru membuat Blog anda sudah boleh memasang backlink kok . Namun , jika anda benar memiliki blog untuk bisnis , saya anjurkan anda untuk mencari backlink yang min memiliki PageRank diatas 3 sobat ... Walaupun anda hanya memiliki 3 backlink namun anda mengalahkan banyak sekali pesaing yang memiliki beratus" backlink ,,, Ingat !! harus relevan dengan niche (tema) blog anda ..

      Hapus
  6. terima kasih infonya, ditunggu ya kunjungan baliknya

    BalasHapus
  7. mantabs boss.. sangat membantu dan inspiratif..

    BalasHapus
  8. waah sip banget bro, tips yang sangat berguna :)

    comment baliknya ya > http://nokanker.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Terima kasih gan sangat membantu saya memahami link seo. saya punya pertanyaan sobat, apakah inbound link masih efekti dengan adanga google penguin? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih sobat ... Karena inbound link sangat mempengaruhi adanya keseimbangan dalam blog ... Jika tidak ada inbound link maka Outbound link anda akan secara perlahan merusak blog anda sendiri ^_^

      Hapus
  10. Sangat membingungkan ya SEO ini..ntah lah, tapi pelan pelan saya mau belajar deh..makasih gan..amatir banget soal SEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan terlalu terburu buru ... Nanti malahan bisa tidak maksimal dalam mempelajari SEO ... Tidak ada yang sekali belajar langsung bisa ... Pelan-pelan namun mengerti itu lebih efektif ^_^

      Hapus
  11. Ulasan yg baik dan mudah dipahami nich ..tentunya dalam kategori tentang SEO
    saya juga masih terus mencari link bagus utk memperbanyak backlink :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sob ... Outbound link juga sangat mempengaruhi blog di dalam Search Engine ,,, Kalau bisa carilah backlink yang relevan dengan niche atau tema dari blog anda ...

      Hapus
  12. Visit and Follback gan :) http://ichal-4rt.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Untuk mendapatkan posisi yang baik di Search engine tentu Inbound link menjadu salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut... Thanks gan ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa karena Inbound link lah yang dapat menyeimbangkan blog dari dalam ...

      Hapus
  14. Terima kasih, sangat bermanfaat sobat =D
    jadi menambah wawasan tentang membuat Inbound Link yaang benar ... Karena itu sangat sulit untuk dilakukan dengan cepat ... thanks ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terpenting dipelajari atau difahami dulu ,,, Baru dapat melakukan atau mengoptimasi blog dengan enaknya ...

      Hapus
  15. Makasih sob atas infonya sangat berguna bagi pemula seperti saya yang baru belajar SEO
    ditunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat ... Semoga dapat membantu dalam permasalahan SEO anda ...

      Hapus
  16. Anchor penting dan sebaiknya juga sudah mengandung keyword
    Terima kasih tutorialnya yang lengkap dan aplikatif
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hormat grak ... Iyaa pak , anchor itu yang paling bagus adalah memakai atau mengandung keyword ... Salam hangat dari Bojonegoro ^_^

      Hapus
  17. inbound link akan berguna sekali apabila deilakukan dengan tepat dan berkala :D

    need komen > http://nokanker.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa sob ,,, Harus tepat dan yang paling penting harus paham apa yang anda lakukan untuk meng-optimasi Inbound Link ^_^

      Hapus
  18. Sudah sejak SMA aku berkecimpung di dunia blogging. Baru kali ini aku dapat istilah-istilah baru, ya di sini. inbound, konsep bagus, mas.

    BalasHapus
  19. iya bnr banget, ane setuju sama artikel yang udah dibuat bahwasannya inbound dan outbound link itu sangat bermanfaat buat dapetin trafic.
    thanks udah sharing. :)
    salam kenal dari Bandung IT

    BalasHapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>