Kamis, September 19, 2013
26
PERBEDAAN "NOFOLLOW" DAN "DOFOLLOW" | Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Pengertian , Kelebihan dan Kekurangan , dan Manfaat dari Dofollow dan Nofollow . SEO merupakan rangkaian teknis yang sangat kompleks untuk mengusahakan sebuah blog guna untuk mencapai hasil pencarian terbai di halaman 1 pada mesin pencari , selain mengutamakan artikel dan konten yang menarik untuk mengoptimasi SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE dengan mencari backlink . Untuk lebih jelasnya saya akan membahas menjadi 2 bagian :

  1. Yang pertama adalah semua tentang DOFOLLOW 
  2. Yang kedua adalah semua tentang NOFOLLOW
PERBEDAAN "NOFOLLOW" DAN "DOFOLLOW"

APA ITU BLOG DOFOLLOW ??

Pertama yag akan saya bahas adalah arti dari kata "Dofollow" . Yang dimaksud Dofollow adalah blog yang mempunyai link pada kolom komentar dengan status dofollow (rel="dofollow") , dimana link tersebut akan diikuti dan ditelusuri lebih lanjut oleh search engine seperti google dan search engine yang lain , sehingga link tersebut akan dianggap sebagai backlink . Dan jika kita berkomentar di blog dofollow kita akan mendapatkan backlink dari blog dofollow tersebut . Blog dofollow bisa dibilang mencari pencarian pada setiap blogger , karena tidak setiap blog dapat kita tinggali komentar dengan backlink dofollow , kebanyakan hanya backlink nofollow .  

Contoh sederhana , apabila blog A memasang backlink ke blog B , maka blog B akan mengambil manfaat dari blog A berupa naiknya pagerank SEO . Langkah ini dinilai bagus untuk menaikkan pagerank blog rendah dengan memasang backlink di blog dengan pagerank tinggi . Identik dengan atribut nofollow pemasangan dofollow ini dengan menyisipkan rel="dofollow" ke dalam kode link HTML anda dengan format :
<a href="http://www.ibnu-nova.com" rel="dofollow">Ic Creem<a/>

 KELEBIHAN BLOG DOFOLLOW :

Kelebihan yang dimiliki blog dofollow diantaranya adalah blog akan menjadi incaran bagi blogger yang lain untuk berburu backlink , maka dari itu jangan heran jika lebih banyak orang yang berkomentar di blog dofollow ketimbang blog nofollow . Blog dofollow juga dibenci GOOGLE , karena blog dofollow cenderung mempunyai lebih banyak link keluar (Outbound Link) dari pada (Inbound Link) . Apapun yang terjadi , para admin blog dofollow menurut saya adalah orang - orang yang sangat baik hati , kenapa ?? karena dia bersedia berbagi backlink untuk kita , Tapi saya yakin , sebenarnya masih ada kelebihan blog dofollow yang belun saya ketahui .

KEKURANGAN BLOG DOFOLLOW :

  1. Akan menjadi incaran spammer , yang asal meninggalkan komentar hanya demi mendapatkan backlink secara gratis .
  2. Blog akan dipenuhi komentar yang bersifat SPAM dan tidak membangun .
  3. Blog dofollow tidak disukai oleh search engine seperti Google , karena blog dofollow mempunyai link keluar yang cukup banyak . Sehingga kita jangan terkejut jika mengetahui blog anda tidak berada pada halaman pertama search engine (mesin pencari) .
  4. Blog dofollow yang mempunyai terlalu banyak link keluar akan meyebabkan blog anda dihapus dari mesin pencari (search engine) , ataupun kalau tidak , minimal google akan melakukan indeks hanya pada sebagian dari halaman blog anda saja . Ini bisa menyebabkan pengunjung menjadi berkurang , bahkan bisa jadi malah tidak ada visitor sama sekali .

APA ITU BLOG NOFOLLOW ??

Yang kedua adalah apa yang dimaksud dengan atribut "nofollow" yang sering anda lihat . Maksud nya adalah cara blog untuk menginstruksian search engine untuk tidak mengikuti link target dalam sebuah blog dari link target tidak akan mengambil keuntungan berupa PageRank SEO . Tujuan awal instruksi ini adalah mencegah robot crawler untuk mengindeks komentar spam dalam sebuah blog . 

Contoh sederhananya , saya ingin memasang link www.ibnu-nova.com di blog , tetapi saya tidak ingin blog www.ibnu-noa.com tersebut mendapatkan keuntungan pagerank search engine dari pemasangan link tersebut , maka saya akan pasang link www.ibnu-nova.com tersebut dengan format :
<a href="http://www.ibnu-nova.com" rel="nofollow">Ic Creem<a/>

 FUNGSI LINK NOFOLLOW :

Akibat langsung dari pemasangan atribut nofollow ini adalah tidak adanya pengalihan pagerank dari blog pemasang ke blog target , jadi pagerank blog pemasang link tidak terkurangi untuk dialihkan ke link target . Inilah yang sering memicu perselisihan ketika terjadi tukar menukar link , yang salah satunya memasang link dengan atribut nofolow .

Namun Google merilis panduan untuk atribut link nofollow ini , anda dianjurkan untuk memasang atribut ini , berikut adalah beberapa alasannya :
  1. Untrusted Content ,dimana link target tidak bisa dipercaya muatan web-nya bisa beresiko berisi spam . Misalnya masukkan komentar dan guestbook yang tidak dapat dipercaya , sehingga akan meminilisasi masuknya spammer menuju blog anda .
  2. Link Berbayar , Jika ada memasang link yang berbayar akan mempunyai efek negatif kepada pengunjung blog anda , maka anda disarankan untuk memasang atribut ini . Apa itu disebab link berbayar (paid link) ?? Page link adalah link berbayar , diselenggarakan oleh jasa penjual dan pembeli link . Google sendiri sangat tidak menyukai cara menaikkan peringkat dengan memasang link berbayar .
  3. Prioritas Crawlink , Robot search engine tidak bisa melakukan login ke forum anda jadi tidak perlu mengundang robot search untuk mengikuti link "daftar disini" atau "Login" , karena percuma .
Kesimpulannya adalah kegunaan rel="dofollow" dan rel="nofollow" adalah sebagai pencegahan link kita keluar tanpa membawa timbal balik berupa backlink , atau spider mengcrawler blog kita , jadi bila anda link sebuah kata atau text usahakan pakai kode tag HTML diatas sebagai alternatif saja . 

Demikian yang bisa saya bagikan tentang PERBEDAAN "NOFOLLOW" DAN "DOFOLLOW" . Kurang lebih itulah sedikit penjelasan saya , terima kasih sudah membaca artikel ini . Semoga pastingan saya kali ini bermanfaat dan bisa membantu . Silahkan anda putuskan sendiri ingin menjadikan blog anda sebagai dofollow atau nofollow . Salam Ic Creem


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

26 komentar:

  1. Pada awal berkenalan dengan blog sekitar setahun yang lalu saya juga sempat mengikuti banyak sekali kesalahan. Beberapa buku yang saya baca dan tutorial dari berbagai blogger melalui internet banyak yang menganjurkan menambahkan rel="dofollow" agar blog tidak nofollow. Ternyata itu hanya opini dan tidak berdampak apa-apa pada search engine. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Sebelum kehadiran rel="nofollow", semua link itu sudah pasti "dofollow", tidak perlu menambahkan yang aneh-aneh. Tapi sayangnya ini kurang dimengerti dan ditelan mentah-mentah saja atau didengarkan lewat telinga kiri keluar dari telinga kanan ...

      Hapus
  2. jadi,, bagusnya kita pakek yang nofollow atau dofollow mastah ..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sedang tidak membicarakan tentang blog dofollow atau nofollow, dan mana yang baik. Yang saya bicarakan adalah tentang penggunaan rel="nofollow" pada link dan tentang kesalahan atribut rel="dofollow". Masalah ingin membuat link nofollow atau dofollow, sederhana saja, gunakan rel="nofollow" jika tidak ingin link dianggap backlink, dan jangan gunakan itu kalo ingin link dianggap backlink. Semoga membantu ^_^

      Hapus
  3. Ralat, mungkin yang dimaksud 'Pagerank' disini adalah backlink ya mas.. seperti dalam kata 'meneruskan pagerank ke halaman lain'...

    Karena pada dasarnya (sejauh yang saya tahu), Pagerank adalah peringkat masing-masing halaman di SERP Google. Kata 'meneruskan pagerank' terdengar sangat asing di telinga mas :)

    Jadi intinya rel=dofollow gak pernah ada ya.. Hanya saja backlink hunter diluar sana masih terus berburu dan mencari kesempatan baru mendapatkan backlink instant tanpa diketahui sang Kepala tim webspam Google, Matt Cutts dan bala tentaranya. ~
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagerank diteruskan melalui backlink, setiap backlink mengemban "pengaruh" pagerank dari halaman yang memiliki pagerank tertentu. Halaman berpagerank 4 berpotensi meneruskan pagerank lewat backlink ke halaman lain, bisa jadi nanti dapat PR 1, 2, 3, tergantung berapa banyak backlink di dalam halaman pemberi rank (link juice possibility), semakin banyak link keluar di halaman berpagerank 4 tersebut, semakin banyak "voting" yang dibagi.

      Pagerank(TM) adalah salah produk google, BUKAN nama ranking di hasil pencarian, melainkan predikat yang diberikan oleh Google kepada sebuah halaman karena memiliki nilai vote (yang dihasilkan dari backlink2 yang diberikan halaman2 lain berpagerank lebih tinggi). Page rank, diterjemahkan dari bahasa Inggris artinya "peringkat halaman", bukan peringkat pencarian. Peringkat di hasil pencarian bukan disebut pagerank, tapi "search ranking", atau ranking hasil pencarian.

      Read further:
      http://tautweb.com/update-algoritma-google-pengaruh-dan-analisis-solusi/
      http://tautweb.com/apa-itu-google-pagerank/
      http://tautweb.com/apa-itu-link-juice/

      rel="dofollow" tidak pernah ada. Tapi peluang meraih backlink dofollow sangat banyak (link - link dofollow adalah link2 yang tidak mengandung rel="nofollow")

      Hapus
  4. Berarti ditambah rel="dofollow" ataupun tidak, tetap akan jadi backlink ya mastah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. Intinya semua link itu sebenarnya dofollow jika tidak diberi rel="nofollow". Jadi tidak perlu pake rel="dofollow", yang sebenarnya tidak pernah ada itu. Semoga membantu ^_^

      Hapus
  5. Selamat malam Mas Ibnu...kalau blog saya masih Nofollow dan sepertinya belum ada niat untuk menjadikan blog saya menjadi blog Dofollow ..owgh iya Mas ,mengapa yaa sampai detik ini google belum melakukan Update Pagerank ? maaf mas ibnu kalau saya bertanya diluar materi yang dibahas di atas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Google biasanya memberi jarak update pagerank apabila sebelumnya sudah ada update algoritma,agar tidak berdekatan. Ini pengalaman saya sih. Tapi menurut perkiraan saya, akhir juni atau awal juli akan ada update baru.

      Hapus
  6. rel dofollow kurasa merupakan kesalahan SEO yang hanya ada di indonesia, sperti algoritma dyno, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Ada banyak kesalahkaprahan yang sebenarnya bisa dibicarakan dan diluruskan. Ya, dyno sama sekali tidak ada. Herannya semua sudah ribut sebelum dibuktikan kebenarannya. Somoga membantu ^_^

      Hapus
  7. Terima Kasih Mas Untuk Pencerahannya..
    Saya Menggunakan Sistem Komentar Google+ namun sistem komentar tersebut saya lihat beraliran dofollow..
    apakah mempengaruhi blog tersebut.. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem komentar eksternal biasanya menggunakan iframe, seperti G+ dan Facebook, khususnya pada Blogger. Pada WordPress bisa diakali dengan menariknya melalui API ke database, kemudian ditampilkan di bawah iframe. Nah, kemungkinan besar iframe tidak diindeks Google. Jadi tidak berpengaruh terhadap halaman dimana sistem komentar itu ada. Pengaruhnya adalah pada halaman-halaman profil anda. Nah, ini bisa tidak baik kalo digunakan untuk komentar2 spam, karena bisa menguntungkan mereka, tapi merugikan profil anda... Semoga membantu ^_^

      Hapus
  8. udah ane share G+ gan, timbal baliknya aja yaa, hehehe!! Thanks

    BalasHapus
  9. Oke seep Gan , blog ane aja dofollow :D

    BalasHapus
  10. ..Info nya sngat membantu
    ..Tapi ane belum tau blog ane itu dofollow/nofollow,cara cek blog itu dofollow/nofollow gmana ý gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Install Exensionnya https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/nodofollow/
      2. Selanjut nya Klik Continue to Download
      3. Restart mozilla sahabat
      4. Sekarang sudah selesai dan bisa di gunakan.

      Cara menggunakan nya:
      Silahkan sahabat klik kanan dan di kotak ada tulisan NO dofollow , kemudian pilih/ceklis tulisan No dofollow tersebut :

      dan lihat apakah di kotak komentar blog dofollow tersebut berwarna
      biru jika berwarna biru blog tersebut dofollow dan jika tulisan nya berwarna merah berarti blog tersebut Nofollow.

      Hapus
  11. ane pake nofollow biar gk ngerusak seo..

    BalasHapus
  12. ane mulai sedikit paham ama dofollow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa sobat ,,, Semoga bermanfaat untuk anda dan kita semua .... Thanks sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  13. Baru tau skrang apa perbedaannya dofollow sama nofollow, hehe. thanks info nya gan :)

    BalasHapus
  14. Ohh iyaa sama- sama sobat .... Thanks juga karena sudah mau mampir dan berkomentar di blog Ic Creem

    BalasHapus
  15. Saya sedikit bingung dengan dofollow and nofollow ...
    mesti banyak belajar lagi nih


    Kunjungi aja

    BalasHapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>