Jumat, Oktober 04, 2013
15
PENGERTIAN WEB HOSTING DAN KEGUNAANNYA | Pernah suatu saat teman saya bertanya sebenarnya apa yang dimaksud dengan Web Hosting ?? Berikut sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan Web Hosting . Web Hosting adalah jasa penyewaan tempat penyimpanan data di internet yang diperlukan oleh sebuah website . Sebuah web hosting menjadi salah satu syarat mutlak agar website bisa online dan dapat diakses internet dari seluruh dunia . Bila kita ibaratkan sebuah website adalah rumah , maka web hosting bisa dikatakan sebagai lahan atau tanah untuk membangun rumah tersebut agar dapat berdiri tegak dan gagah . Secara bentuk fisik , web hosting dapat berupa computer beserta perangkatnya yang berfungsi sebagai server internet . Web Hosting juga dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam hardisk tempat menimpan berbagai data , file - file , gambar , video , data email , statistik , database , dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website . Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya Web Hosting yang disewa atau dipunyai , semakin besar Web Hosting maka semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website .

PENGERTIAN WEB HOSTING DAN KEGUNAANNYA
Setelah anda menyewa , anda akan memperoleh kontrol panel yang terproteksi dengan username dan assword untuk administrasi websitenya . Besarnya hosting ditentukan ruangan hardisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte) . Web Hosting meliputi layanan untuk keperluan web server dan email server yan menampilkan layanan jasa atau produk di web atau situs internet sehingga data dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara bersamaan .

Untuk keperluan web serer sebagian Web Hosting memakai sofware LAMP (Linux Apache MySQL dan PHP) . Apa itu ?? oke saya akan menjelaskan satu - satu . Linux digunakan sebagai unix operating system untuk server karena linux merupakan opereting system yang paling berkembang pada saat ini . MySQL merupakan database yang tercepat untuk keperluan web dan merupakan database yang paling banyak dipakai sampai sekarang . Dan PHP merupakan bahasa web programming handal , mudah dipakai dan paling banyak digunakan di indonesia maupun di dunia .

Ukuran yang digunakan dalam suatu Web Hosting adalah Kapasitas dan Bandwidth . Apa yang dimaksud dengan Kapasitas ?? Kapasitas didalam Web Hosting adalah suatu kemampuan dari Web Hosting untuk menyimpan data - data website . Semakin besar kapasitas dari Web Hosting semakin besar pula kapasitas penyimpanan data yang diberikan , web saya sendiri menggunakan kapasitas penyimpanan sebesar 300MB . Dan apa yang dimaksud dengan Bandwidth ?? Bandwidth adalah suatu ukuran maksimal dari jumlah volume data yang diperbolehkan diakses dari sebuah Web Hosting setiap bulannya . Sebagai contoh , suatu halaman website mempunyai ukuran 2 MB dengan bandwidth web hosting sebesar 2000MB . Maka setiap bulannya website tersebut hanya bisa diakses sebanyak 2000 kali saja .

Nah , apabila sebuah website anda sudah mempunaai jumlah pengunjung puluhan ribu setiap bulanya , maka ada baiknya anda memilih bandwidth yang besar pula , agar website anda dapat melayani jmlah pengunjung yang besar . Karena apabila sebuah webste dengan Bandwidth tidak mencukupi , maka website tersebut tidak akan bisa diakses . Jadi bisa terjadi kemungkinan , saat kita mengakses sebuah website terjadi eror , mungkin saja itu bukan eror pada Script websitenya . Bisa saja Bandwidth dari web hostingnya yang memang kecil .

Hosting juga ada yang gratisan dan ada juga yang berbayar . Web Hosting yang gratisan biasanya juga memberikan nama domain . Contoh web hosting gratisan antara lain : www.000webhost.com , www.tripod.com , www.idhostinger.com , www.freewebhostingarea.com , dll . Sedangkan web hosting yang berbayar contohnya : Jogja Host , Bali Orange , Pangeran Hosting Media Hosting Indonesia , dll .

Adapun kelemahan dari hosting adalah Fasilitasnya terbatas , TOS ketat , Kurangnya keprofesionalan atau bonafid , dan biasnya aksesnya lebih lambat . Web Hosting untuk berbayar harga yang paling murah sekarang adalah dikisaran Rp.6000,-/bulan .

Demikian tadi informasi mengenai PENGERTIAN WEB HOSTING DAN KEGUNAANNYA , yang saya rangkum dari pengalaman dan sepengetahuan saya tentang mengelola web hosting . Saya menyadari bahwa seiring dengan perkembangan teknologi pasti Web Hosting akan banyak yang mencari dan menggunakannya . Kalau masih bingung atau ada yang di tanyakan silahkan ditanyakan di kotak komentar dibawah . Semoga bermanfaat . Salam Ic Creem

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

15 komentar:

  1. owh jadi gtuu toh..
    oke sekarang jadi ngerti nih
    thnk infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ... Semoga bisa menambah wawasan untuk anda :)

      Hapus
  2. Bener tuh sob, sekarang paling murah Rp 5000 perbulan tapi bandwithnya dikit banget -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ,,, Bandwith kalo cuma 2000 perhari jika pengunjungnya lebih dari itu maka situs itu tidak akan dapat di kunjungi karena sudah berlebihan .... Saya sarankan untuk mengambil harga sekitar 10 rb atau 20 rb an ... Karena harga segitu sudah mencukupi untuk situs informasi dan Bandwidth nya juga sudah cukup tinggi ,,, Semoga membantu ^_^

      Hapus
  3. sangat bermanfaat sekali kang artikelnya ga berbelit belit penjelasan nya mudah di mengerti untuk orang kaya saya yang ingin belajar website! hee..
    NUHUN….

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sudah berkunjung dan berkomentar di blog Ic Creem ^_^

      Hapus
  4. Thanks bgt ilmunya mas …berguna bgt..dan enak bacanya..
    mo tanya, kalo misalnya saya cuman punya domain tanpa webhosting apakah bisa dinikmatin ma pengguna internet?
    Apa yang bisa dilakukan kalo hanya punya domain tanpa webhosting?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kita sudah membeli domain berbayar , kita tidak perlu membeli hosting jika ingin mengaktifkan domain tersebut ,, anda bisa menggunakan berbagai blog (Blogspot , Wordpress , Jomla) .. Kalau ingin lebih profesional dan mempercepat loading maka beli lah hosting karena kegunaannya juga sangat banyak ^_^

      Hapus
  5. Artikel yg sangat bagus,benar2 mjawab smua ptanyaanku slama ini. Aq ingin sekali punya website pribadi (bukan gratisan kayak di blogger slama ini), tp dmana sbaiknya aku menyewa domain dan hosting yg bagus dan aman? Baik yg dr luar atau lokal. Trims byk infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan untuk membeli hosting di server indonesia saja sobat .... Karena lebih mudah dan lebih terpercaya ... Berbagai jasa penjualan hosting di indonesia ( Jogja Host , Bali Orange , Pangeran Hosting , Media Hosting Indonesia , dan masih banyak lagi )

      Hapus
  6. wah mantap ne gan..thanks ya telah memberikan informasi yang bermanfaat..jangan lupa kunjungi juga blog ane gan ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI KLIK DISINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sudah berkunjung dan memberikan komentarnya ,,,, Segera ke TKP ^_^

      Hapus
  7. Webhosting ini biasanya di pakai oleh para profesional yah!! Seperti detik.com,,Tapi kalau kita para blogger jangan khawatir karena hosting google untuk blogger bisa dibilang tidaj
    k terbatas!

    my blog http://logistikjurnal.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita juga bisa menggunakan Hosting dengan memesan di berbagai jasa jual hosting ,,, Kalau masih memakai hosting dari blogspot ,, kita tidak akan menjadi profesional karena jika menggunakan hosting sendiri maka kita bebas ,,, tidak perlu mematuhi TOS Blogspot lagi ... Semoga membantu :)

      Hapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>