Kamis, Juli 18, 2013
10
Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia | Pada bulan Ramadhan tahun ini merupakan bulan yang penuh berkah dan hidayah dimana semua umat muslim didunia sedang menjalankan Ibadah Puasa Wajib . Ibadah puasa dijalankan oleh banyak orang islam diseluruh dunia mulai dari anak - anak hingga orang dewasa serta dari berbagai suku, ras, dan berbagai negara . Berbuasa dibulan ramadhan berarti menahan diri dari lapar , dahaga , hal - hal yang membatalkan puasa itu sendiri, dan tidak hanya itu dan yang paling utama adalah menahan nafsu . Namun tahukah anda tentang manfaat berpuasa itu apa ??? Terlebih lagi untuk kesehatan tubuh manusia . Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat berpuasa untuk kesehatan dan bahkan banyak sekali manfaat puasa yang akan di dapat oleh manusia pada kesehatan tubuhnya . Untuk itu saya akan membagikan artiel / informasi seputar manfaat puasa terhadap kesehatan tubuh manusia .

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia menurut ilmu medis setelah dilakukan penelitian ternyata tidak ditemukan efek merugikan dari puasa pada jantung , paru - paru , hati , ginjal , mata , profil endokrin , hematologi ,dan fungsi neuropsikiatri . Namun puasa malah memberikan kesehatan bagi tubuh kita . Walaupun puasa ramadhan aman untuk semua orang dan beberapa sakit tertentu , namun dalam keadaan penyakit tertentu seseorang harus berkonsultasi dengan dokter pribadinya atau mengikuti rekomendasi ilmiah .
Allah berjanji akan memberikan berkah berkali lipat kepada orang yang berpuasa . Seperti yang ditegaskan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh ibnu Suny dan Abu Nu'aim : " Berpuasalah maka kamu akan sehat. " Dengan berpuasa, akan diperoleh manfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani , rohani dan sosial . Rahasia kesehatan yang dijanjikan dalam berpuasa inilah yang menjadi daya tarik ilmuwan untuk meneliti berbagai aspek kesehatan puasa secara psiobiologis , imunopatofisilogis , dan biomolekular .

Apa Saja Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Untuk Manusia ???

1. Keseimbangan Anabolisme dan Katabolisme 

Berbeda dengan kelaparan atau starvasi dalam berbagai bentuk dalam menggangu kesehatan tubuh . Namun sebaliknya , dalam puasa ramadhan terjadi keseimbangan anabolisme dan katabolisme yang berakibat asam amino dan berbagai zat lainnya yang berfungsi / membantu peremajaan sel dan komponennya memproduksi glukosa darah dan mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari . Cadangan protein yang cukup dalam hati karena asupan nutrisi saat buka dan sahur akan tetap dapat menciptakan kondisi tubuh untuk terus memproduksi protein esensial lainnya seperti albumin , globulin , dan fibrinogen . Hal ini tidak terjadi pada starvasi jangka panjang , karena terjadi penupukan lemak dalam jumlah besar , sehingga beresiko terjadi sirosis hati . Sedangkan saat puasa di bulan ramadhan , fungsi hati masih aktif dan baik .

2. Tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah 

Kemudian juga berbeda dengan starvasi , dalam puasa Islam penelitian menunjukkan asam amino teroksidasi dengan pelan dan zat keton tidak meningkat dalam darah sehingga tidak akan mengibatkan pengasaman dalam darah .

3. Tidak terpengaruh pada sel darah manusia 

Dalam penelitian , saat puasa tidak berpengaruh pada sel darah manusia & tidak terdapat perbedaan jumlah retikulosit , volume sel darah merah serta rata-rata konsentrasi hemoglobin (MCH , MCHC) dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa .

4. Puasa pada penderita diabetes tipe 2 tidak berpengaruh 

Puasa ramadhan pada penderita diabetes tipe 2 tidak berpengaruh dan tidak terdapat perbedaan protein gula , protein glikosilat dan hemoglobin glikosilat . Namun jika pada penderita diabetes tipe tertentu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dahulu jika ingin berpuasa . Diantaranya adalah penderita diabetes dengan keton meningkat , sedang hamil , usia anak atau komplikasi lainnya seperti gagal ginjal dan jantung .

5. Pengaruh pada ibu hamil dan menyusui 

Terdapat sebuah penelitian puasa pada ibu hamil , ibu menyusui , dan kelompok tidak hamil dan tidak menyusui di perkampungan Afrika Barat . Ternyata dalam Penelitian tersebut disimpulkan tidak ada perbedaan kadar glukosa serum , asam lemak bebas , trigliserol , keton , beta hidroksi butirat , alanin , insulin , glucagon dan hormon tiroksin .

6. Pengaruh pada janin saat ibu hamil berpuasa 

Penelitian di Departemen Obstetri dan Ginekologi dari Gaziantep University Hospital , terhadap 36 wanita sehat dengan kehamilan tanpa komplikasi berturut - turut dari 20 minggu atau lebih , yang berpuasa selama bulan ramadhan untuk mengevaluasi efek ramadhan pada janin , pengukuran Doppler Ultrasonografi dalam meningkatan diameter biparietal janin (BPD) , peningkatan panjang tulang paha janin (FL) , meningkatkan berat badan janin (EFBW) , profil biofisik janin (BPP) , indeks cairan amnion (AFI) , dan rasio arteri umbilikalis sistol / diastol (S/D) . Hasil penelitian menunjukkan , tidak ada perbedaan signifikan yang ditemukan antara kedua kelompok untuk usia janin , berat badan ibu , perkiraan kenaikan berat badan janin 

7. Penurunan Glukosa dan berat badan 

Penelitian ini menunjukkan bahwa puasa ramadhan menyebabkan penurunan glukosa dan berat badan . Meskipun ada penurunan yang signifikan dalam frekuensi makan , Peningkatan yang signifikan dalam LDL dan penurunan HDL tercatat pada bulan ramadhan . Tampaknya efek puasa ramadhan pada tingkat lipiddalam darah mungkin berkaitan erat dengan pola makan gizi atau respon ke kelaparan biokimia . 

8. Pengaruh terhadap fungsi kelenjar gondok 

Ketika berpuasa ternyata juga terbukti tidak berpengaruh pada fungsi kelenjar gondok manusia . Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kadar plasma tiroksin dan hormon perangsang gondok pada penderita laki - laki yang berpuasa .

9. Bermanfaat bagi jantung 

Beberapa penelitian menyebutkan sebenarnya tidak terdapat perbedaan yang mencolok saat berpuasa dibandingkan saat tidak berpuasa . Puasa ramadhan tidak mempengaruhi secara drastis metabolisme lemak , karbohidrat dan protein . Meskipun terjadi peningkatan serum uria dan asam urat sering terjadi dehidrasi ringan saat puasa . Penurunan LDL sendiri ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah . Penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh , hormon kortisol , melatonin dan glisemia

10. Memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerja Sel 

Saat puasa terjadi perubahan dan konversi yang masih dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan , Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan buka . Sehingga berguna untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal didalam hati .

11. Meningkatkan kekebalan tubuh

Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi peningkatan limfosit sehingga sepuluh kali lipat . Walaupun keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalami kenaikan yang sangat pesat . Kondisi tersebut dapat menjauhkan serangan penyakit jantung dan pembuluh darah .

12. Bermanfaat dalam pembentukan sperma 

Dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormon testosteron , porlaktin , lemotin . Dan hasil akhir kesimpulan penelitian tersebut puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus - pituatari testicular dan pengaruh kedua testis .

13. Bermanfaat untuk peradangan sendi 

Manfaat lain yang perlu penelitian lebih jauh adalah pengaruh puasa pada membaiknya penderita radang persendian . Penelitian tersebut menyimpilkan bahwa terdapat korelasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri .

Berbagai kajian ilmiah melalui penelitian medis telah menunjukkan bahwa ternyata puasa sebulan penuh saat bulan ramadhan bermanfaat sangat luar biasa bagi tubuh manusia . Dalam mencermati temuan ilmiah diatas akan lebih diyakni bahwa berkah kesehatan yang dijanjikan dalam berpuasa ternyata bukan sekedar TEORI atau OPINI saja . Manfaat puasa bagi kesehatan sebagian telah terbukti secara ilmiah , wajar saja , bahwa puasa adalah salah satu saat yang paling dinanti oleh kaum muslim didunia karena memang terbukti secara ilmiah .

Itulah artikel yang mengenai Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia semoga ibadah puasa yang kita kerjakan mendapat pahala dan ridha dari ALLAH SWT .

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

10 komentar:

  1. Balasan
    1. Hahaha iya gan ... semoga full gan ....

      Hapus
  2. Wahh mantap nih artikelnya bang ibnu ... thanks for sharing bang =D

    BalasHapus
  3. TQ share-nya Mas..semoga semakin ramai pengunjungnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha thanks sobat sudah berkunjung .... AMINN !!!

      Hapus
  4. semakin semangat buat puasa,,,,

    BalasHapus
  5. Good Artikel, Walking Back gan

    Ashim Blog (cari di google)

    BalasHapus
  6. Besar manfaatnya, tapi aku nya kurang rutin puasanya.
    Terkadang bolong jugaaa .... hehheheh makasih informasinya gan ^_^

    BalasHapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>