Senin, Juli 29, 2013
16
CARA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT | Mulut adalah salah satu bagian penting pada tubuh yang memiliki peran yang sangat vital, terutama untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain . Apa jadinya kalau mulut anda berbau tidak sedap apalagi dalam keadaan puasa ??? Tentu saja mengganggu lawan bicara anda saat sedang berbicara . Agar mulut selalu menggeluarkan aroma segar dan tidak bau , menjaga kesehatan mulut dan gigi tidak hanya setiap hari namun setiap saat adalah hal wajib yang harus anda lakukan .

CARA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT


Sebenarnya , menjaga / memelihara kesehatan gigi dan mulut harusnya dilakukan sejak dini / kecil , Kenapa ?? Karena perawatannya masih sangat mudah dan masih dapat tumbuh kembali jika ada kerusakan . Berbeda jika anda sudah tumbuh dewasa , gigi sudah tidak bisa tumbuh lagi , maka jika ada kerusakan pada gigi anda karena kurangnya perawatan , inilah yang menyebabkan mulut menjadi berbau tidak sedap , Jika sudah seperti ini , jalan terakhir yang harus anda lakukan adalah melakukan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin agar tidak semakin parah .

Berikut Ini Adalah Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Khusus Untuk Anda :

  • Jangan Takut Jika ke Dokter Gigi
Beberapa orang merasa ngeri bila harus kedokter gigi . Membayangkan peralatan di ruangan dokter gigi itu menyeramkan . Jika merasa cemas berada diruang dokter gigi , cobalah untuk membawa pemutar musik bisa MP3 , ataupun Handphone anda dengan daftar lagu kesayangan anda . Kemudian , coba untuk bernafas secara teratur , Jangan malahan menahan nafas . Dengan begitu , peredaran darah akan lancar sehingga mambantu untuk mengurangi ketegangan , tips ini juga bisa digunakan ketika anda merasakan ketegangan baik ketika menghadapi ujian atau apapun itu . Kembali ke persoalan !! Dan jangan malu menggungkapkan soal ketegangan anda kepada dokter . Dengan begitu , dokter tersebut akan membantu anda merasa nyaman .


  • Jangan Menggunakan Tusuk Gigi
Anda jangan sekali - kali menggunakan tusuk gigi ketika mau membersihkan sela - sela gigi , Karena menggunakan tusuk gigi akan melukai gusi dan membuatnya BENGKAK bahkan sampai terkena Infeksi . Jadi saya sarankan untuk tidak menggunakan Tusuk Gigi ya sobat ??



  • Berflossing Sebelum Menyikat Gigi

Apakah Flossing itu ?? Flossing adalah cara membersihkan sela gigi dengan menggunakan benang . Flossing akan menggeluarkan sisa makanan yang terjebak di sela - sela gigi sehingga membantu penyikatan gigi menjadi lebih efektif . Dan jika anda inggin menyikat gigi pastikan menyikat dengan kira - kira sudut 45 derajat pada garis gusi dengan gerakan perlahan / lembut .


  • Ganti Secara Rutin Sikat Gigi Anda 
Agar gigi lebih sehat , gantilah sikat gigi anda secara rutin setiap tiga atau empat bulan sekali . Untuk sikat gigi elektrik , anda bisa menggantinya sesuai dengan petunjuk / panduan di buku petunjuk . Kenapa kita harus mengganti sikat gigi ?? Karena dengan pergantian sikat gigi secara rutin / teratur akan membantu anda menghindari kuman yang mungkin menempel di bulu sikat .

  • Konsumsi-lah Keju
Protein yang terkandung dalam keju sangat baik untuk mencegah pengikisan email gigi . Ditambah lagi , keju sangat kaya dengan kalsium yang juga membuat gigi lebih kuat . Juga jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin D yang membantu penyerapan kalsium . Vitamin D bisa kita dapatkan dalam susu , telur , dan juga ikan .

  • Hentikan Noda Dengan Baking Soda 
Jika anda sangat gemar / suka mengonsumsi kopi , teh atau makanan dan minuman lain yang akan meninggalkan plak di gigi . Cobalah untuk bersihkan gigi dengan baking soda dua kali dalam sebulan . Gunakan baking soda seperti halnya anda menggunakan pasta gigi . Jika penggunaan baking soda membuat anda iritasi , cobalah pasta gigi yang menggandung baking soda . 

  • Perhatikan Makanan 
Beberapa makanan dituduh dapat meninggalkan noda di gigi . Beberapa makanan lain juga diklaim dapat mencerahkan gigi , misalnya stroberi . Ada spekulasi bahwa stroberi memiliki khasiat untuk memutihkan gigi secara alami . Karena itu , cocok untuk membantu memutihkan / membersihkan gigi kita sehabis mengonsusi kopi , teh maupun merokok . Untuk lebih membantu meminimalisir plak , cobalah memakan buah apel , pir , wortel , atau seledri . Makanan / Buah yang saya sebutkan tadi akan memperbanyak produksi air liur yang baik bagi kesehatan gigi . 

  • Atur Kadar Keasaman  
Kadar keasaman akan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut anda . Makanan yang dapat mempengaruhi kadar keasaman diantaranya adalah cokelat , alkohol , soda , kopi , teh , bawang merah , bawang putih , produk susu , tomat , jeruk , mint , serta makanan yang berlemak dan pedas .

  • Jaga-lah Kesehatan Lidah 
Agar nafas tetap terjaga / tidak berbau , sikatlah pula lidah anda setiap kali anda meyikat gigi . Lidah merupakan salah satu tempat berkembangbiaknya bakteri yang menyebabkan nafas tidak segar . Untuk membersihkan lidah , gunakan-lah scrub atau penggosok lidah setiap harinya . 

  • Obat Membuat Mulut Kering 
Mulut sangat membutuhkaan air liur agar tetap sehat . Namun , beberapa obat - obatan seperti antihistamin dapat mengeringkan air liur . Untuk membantu menjaga kelembapan gigi tingkatkan asupan cairan dalam tubuh atau kunyahlah permen karet sehabis makan . Jika permen karet tadi tidak membantu , konsultasikan ke dokter mengenai penggunaan produk air liur buatan .


Jika anda mau gigi anda rusak parah , sebaiknya jagalah kesehatan mulut dan gigi anda dari sekarang . Ya , walaupun sudah sedikit agak terlambat , namun jika ada niat dan kemauan , setidaknya bisa mengurangi kerusakan pada gigi anda . Walaupun gigi dan mulut sering kita anggap sepele mungkin ?? , namun jika gigi kita rusak maka kita akan canggung jika diajak atau mengajak bicara orang lain , bukan ?? 

Yang terpenting dari saya , jika anda merasa tulisan / postingan ini bermanfaat , silahkan berkomentar dan bagikan melalui tombol share dibawah ini . Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul CARA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT ini , semoga bermanfaat . Salam Ic Creem

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

16 komentar:

  1. makasih infonya gan,kapan kapan saya coba deh ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa terima kasih sobat sudah mau berkomentar ... semoga bermanfaat

      Hapus
  2. artike yg bgs ne mas..
    nice info y mas...

    BalasHapus
  3. wah, tentang bau mulut minder deh ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh kenapa sobat ??? kok langsung minder

      Hapus
  4. Sangat bermanfaat sobat ... ini memang menjadi masalah utama apalagi dalam keadaan puasa ... thanks sobat ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ... Thanks sudah berkomentar

      Hapus
  5. ternyata g' bleh yaa pake' tusuk gigi, baru taw..
    berguna bgt ne tipznya, nambah wawasan..
    thank"z..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karna sangat berbahaya jika menggunakan tusuk gigi ... Sama - sama sob

      Hapus
  6. wah ane nyesel dulu gk ngerawat gigi ane ,tapi sekarang ane dah berubah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyesalan pasti datang belakangan sob :D

      Hapus
  7. thanks atas infonya gan lain kali ane engga lagi pakai tusuk gigi dah ternyata ada bahayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat ... Memang kalau membersihkan menggunakan tusuk gigi akan sangat berbahaya ... Jadi berhati - hati ... Dan sering - seringlah menyikat gigi sobat ^_^

      Hapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>