Minggu, September 29, 2013
47
ALGORITMA TERBARU GOOGLE HUMMINGBIRD | Google kini memiliki algoritma pencarian terbaru yang diberi nama Hummingbird yang penerapannya ditujukan supaya mesin pencari lebih mengenal konsep bukan hanya mengenal kata - kata yang dicari ini dikarenakan orang - orang menggunakan google sebagai alat pencari tidak hanya menuliskan beberapa kata . Dalam satu sisi dengan munculna pencarian suara yang ada dalam smartphone dimana orang sering mengirim permintaan berupa suara dengan kiat yang menyerupai percakapan yang sedang berlangsung jadi Trend menjadi salah satu faktor keputusan google untuk mengeluarkan Google Hummingbird .

ALGORITMA TERBARU GOOGLE HUMMINGBIRD

Sebenarnya ini juga bisa menjadi jawaban dari banyaknya inbox tentang Algoritma Hummingbird , dimana banyak yang mengalami penurunan traffic yang cukup besar . Maaf kalau saya tidak bisa menjawab satu - satu , karena terlalu banyak dan tidak tau harus menjawab mulai dari mana terlebih dahulu .

Algoritma ini adalah perubahan yang sangat besar karena mempengaruhi hampir 90% dari hasil pencarian . Sebenarnya algoritma ini telah Google luncurkan kurang lebih sebulan yang lali . Namun baru banyak adanya perbincangan pada hari - hari ini . Mungkin karena efek dari algoritma ini baru terasa dan terlihat pada SERP.

Baca Juga :

Apakah Algoritma Ini Meniadakan Pagerank ??

Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan belakangan ini karena Google semakin tidak memperdulikan dengan adanya Pagerank . Sebenarnya tidak !! Karena Pagerank masih termasuk dalam 200 faktor utama yang harus dikelola oleh Hummingbird ini dalam menilai apakah halaman anda memiliki kualitas yang baik atau tidak .

Google memberi nama algoritma ini sebagai Hummingbird karena seperti artinya adalah burung kolibri yang memilii kepakan sayap yang sangat Tepat dan Cepat .

Kapan Algoritma Ini Mulai Bekerja ??

Sebenarnya algoritma ini sudah sekitar 1 bulan berjalan . Hanya saja kemarin diumumkan oleh Google . Kalau mau melihat hasil dari histats teman - teman blogger , Dan kemungkinan algoritma ini online pada tanggal 20 - 29 agustus yang lalu . Karena pada sekitar tanggal tersebut sudah banyak blog yang grafficnya naik dan ada juga yang turun . 

Apa Pekerjaan Dari Algoritma Baru ini ??

Anda juga bisa disebut " Mesin Baru " untuk sistem Google . Jadi ini adalah perubahan mesin yang paling besar dari 12 tahun terakhir , tetapi anda harus mengetahui bahwa pada mesin baru ini juga masih terdapat beberapa komponen lama yang masih dipertahankan oleh Google .

Update Algoritma ini membewa banyak sekali perubahan pada pengolahan data . Dimana Algoritma ini tidak hanya mengolah kata demi kata , tetapi berusaha untuk memahami keinginan anda dari seluruh kata yang dimasukkan . Itu berarti perubahan ini lebih mengacu pada kata kunci panjang , contohnya " Mengapa Google Membuat Algoritma Baru " . Jadi ini sangat mempengaruhi Kata Kunci Panjang (Long Tail Keyword) , sehingga orang - orang yang kurang memperhatikan penerapan kata kunci panjang ini akan mendapatkan masalah dengan mesin terbaru Google ini .

Yang Harus Dilakukan Jika Terkena Update Algoritma Terbaru Ini ??

Itu adalah pertanyaan yang masih sulit untuk saya jawab karena pengumumannya baru saja dilakukan minggu ini . Jadi kita masih harus menganalisa terlebih dahulu untuk beberapa waktu untuk melihat apa saja yang berubah . Tapi secara keseluruhan , berusahalah bermain dengan aman dan menjaga agar tidak melanggar Google Quality Guideline , terutama bagi pengguna blogspot .

Berhubungan dengan Algoritma ini , Apakah SEO sudah tidak berguna lagi ?? Tentu saja SEO ini masih sangat dibutuhkan untuk mengoptimasinya . Inilah seni dari SEO dimana kita harus bisa mengikuti naik turunnya Perjalanan dari algoritma yang dibuat oeh Google .

Saya sendiri memiliki keyakinan bahwa yang terpenting dari hasil sebuah pencarian adalah apa yang ingin didapatkan dari hasil pencarian secara keseluruhan sehingga mendapatkan sebuah jawaban , pencarian informasi tidak menginginkan hasil yang muncul itu hanya hasil yang sama dengan apa yang anda ketik , tetapi ingin mempunyai hasil dari apa yang sedang dimaksud .

Semua kembali lagi pada konten tulisan yang memberikan manfaat dan memberikan jawaban terhadap para pencari informasi di internet , jadi sering mengulang - ngulang kata kunci dalam konten website , ini adalah tidak berguna lagi . Demikian artikel yang dapat saya sampaikan , jika ada yang masih binggung bisa ditanyakan melalui kotak komentar dibawah . Salam Ic Creem

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

47 komentar:

  1. alhamdulillah, klo melihat beberapa blog sy sih ada yg meningkat, juga ada yg turun, dan yg meningkat memang kebanyakan dari template simple responsive yg full title... semoga saja ke depan bisa terus lebih baik.. aamiin.. thanks mastah infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mbak...dengan ini template responsie mendapat keuntungan pengunjung dari search result ... Saya juga sama ga ngerti namun belajar untuk memahaminya namun memang algoritma Google sangat susah dipahami..

      Hapus
  2. Pantesan trafik blog saya turun drastis gara2 SERPnya pada ilang -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas karena makin canggih maka Google meningkatkan kecanggihan mesin pencarinya. ... Semoga aja blog anda baik2 aja untuk kedepannya ...

      Hapus
  3. thanks mas atas infonya.
    Maaf OOT
    saya dulu waktu pertama kali kenal yang namanya blog itu ane sempat merasa kagum dan pengen menulis sesuatu didalamnya dan bisa dilihat banyak orang . Namaun pada saat itu saya cumak bisa copas sana sini dengan sedikit merubah susunan katanya saja. dan sekrang saya beranggapan bahwa menulis sebuah artikel blog dengan gaya sendiri, karangan sendiri itu jauh lebih baik dan lebih enjoy menurut saya. karena disana saya bisa mencurahkan semua unek unek yang mengganjal dipikiran saya. dan semua artikel saya yg copy paste itu sudah saya hapus semua. klo tidak percaya silahkan dilihat blog saya. hehehe artkellnya sudah sedikit dari tahun 2011 lalu. :)

    yach mungkin itu menurut saya arti dari sebuah blogger dan juga meski blog ane jarang dikunjungi pengunjung bisa dibilang gak da yang komentar. saya tetep menulis disana. karena dengan menulis kita bisa mengexplor pemikiran kita.
    hhehe

    bagaimana menurut agan ibnu !
    salam sukses dari saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. bagi saya ini kabar baik Mbak..
      Itu artinya Mbak sudah mulai naik kelas di dunia perbloggeran.. ^_^
      Ayooo yang semangat yaa!!!

      Insya Allah saya pasti siap untuk bantu support deh.. =D
      Sukses terus Mbak !!

      Hapus
  4. Selain ngasih kemudahan buat orang mencari info di mesin pecari...tapi ada kekuatiran jg buat si pemilik blog ya bang.. tambah lagi deg degnya tp alexa sy trun drastis 600 kmarin gan ... Moga aja deh baik2 aja...Trims bang utk infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sama - sama sobat ... Kita harus mengulangi optimasi menggunakan cara lama sobat ... Soalnya cara yang update bahkan lebih dibenci oleh Google .... Semoga membantu :)

      Hapus
  5. Iyaa sobat memang banyak sekali blog yang menurun dari hasil di SERP dan ada juga yang malah naik ... Oke sobat ,,, Silahkan dipraktekan , semoga bermanfaat untuk kita semua :)

    BalasHapus
  6. Izin follow blog ini sangat bermanfaat :)
    follow juga : upiseo.blogspot.com :)

    BalasHapus
  7. gan tanda-tanda blog kena algoritma ini apa gan, kalau nggak ada tool online yang bisa langsung check kena atu nggak, mohon penjelasanya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira masih belom ada tools untuk mengecek Algoritma ini ... Namun jika kita melihat statistik blog kita dan ternyata menurun atau tidak seperti biasanya berarti anda sudah terkena dampak algoritma ini ... Saya sarankan untuk melakukan hal - hal yang wajar saja kepada blog sobat , dan jangan terlalu berlebihan dalam meng-optimasikan SEO blog sobat ... Dan yang paling penting dalam algoritma ini adalah teruslah berfokus pada meningkatkan kualitas artikel karena algo ini sangat menyukai itu ... Semoga dapat membantu :)

      Hapus
    2. wah sangat membantu gan informasinya, mungkin dari postigan saya bisa lebih memahami tentang alogaritmanya thanks

      Hapus
    3. Iyaa sama - sama sobat ... Sebenarnya algoritma google sangat sulit untuk di pahami . Namun jika kita tidak mencoba pasti kita akan ketinggalan jauh tentang cara terbaru mesin pencari ... Semoga membantu :)

      Hapus
  8. Maaf OOT mas ,, saya mau tanya, klo saya cek di w3validator banyak javascrtipt yg error, dan untuk memperbaikinya sngat susah krna file java scriptnya ada di blogger, kira2 gimana ya caranya ...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya jika anda lebih terperinci mengenai bagian - bagian yang error apa saja yang terdapat pada HTML anda mungkin saya lebih sedikit bisa membantu. Namun biasanya seperti yang sudah - sudah, faktor yang paling umum dari permasalahan error tersebut berupa :

      1. Tidak ada DOCTYPE sama sekali

      Tidak ada DOCTYPE berarti browser hanya akan menebak bahasa apa yang digunakan halaman anda,solusinya dengan menambahkan HTML atau XHTML DOCTYPE ke halaman HTML Anda.

      2. Lupa untuk menutup elemen

      Jika Anda telah membuka tag di dokumen HTML Anda, Anda harus ingat untuk menutupnya di tempat yang tepat. Lupa untuk melakukannya tidak hanya akan membuatnya tidak berfungsi, mungkin juga menjadi penyebab beberapa masalah tata letak yang serius dan fatal. Peringatan untuk ini di W3C validator adalah pesan Cryptic "end tag for “p” omitted, but OMITTAG NO was specified" - yang artinya anda lupa menutup tag paragraf".

      3. Hilangnya End tag dengan sendirinya

      Elemen penutup yang letaknya terpisah, misalnya: /div , tetapi unsur-unsur lain seperti input , img dan meta akan otomatis tertutup sendiri, Melupakan ini sama saja dengan melupakan tag penutup sama sekali.

      4. Lupa untuk mengkonversi karakter khusus

      Karakter & atau disebut Ampersand adalah karakter pertama dari pembatas sebagai sebuah data.misalnya tanda kutip yang telah disisipkan dari ketikan di MS Word. Selalu ingat untuk memeriksa melalui BODY HTML Anda saat menyalin dan mengkonversi & tanda ke entitas HTML & , dan semua karakter khusus lainnya agar sesuai dengan entitas simbolnya.

      5. Karakter unencoded di URL

      seperti hal diatas, karakter khusus, terutama ampersand juga harus dikonversi ke entitas ketika muncul dalam URL. Link ke situs yang dibangun di PHP mungkin termasuk link variabel dalam menggunakan karakter & , jadi jika menulis ampresand di HTML gunakan entitas & .

      6. Elemen ganda dalam satu elemen

      Aturan dasar HTML adalah bahwa unsur-unsur blok tidak boleh masuk ke dalam elemen inline. Contohnya adalah Anchor di header, anchor harus membungkus Anchor (elemen inline)

      7. Tidak ada ALT pada gambar

      Setiap gambar yang dimasukkan ke dalam dokumen HTML Anda harus memiliki atribut ALT untuk menggambarkan isinya. Jika gambar digunakan untuk keperluan presentasi maka atribut ALT harus tetap ada namun boleh dibiarkan kosong, misalnya: alt="" .

      8. Tidak ada atribut “width” dan “height”

      sebenarnya tidak jadi masalah kalau anda menggunakan editor WYSIWYG yang cenderung pada legalnya HTML siluman.namun legal bagi Doctype,karena pada bagian-bagian tertentu seperti flash dan animator atau widget,anda harus menggunakan CSS Stylesheet.dan jika tidak menyertakan “width” dan “height” terutama pada gambar dan flash,maka di anggap error


      9. Nilai atribut ID yang legal

      Class, ID atau nama atribut tidak bisa mulai dengan angka. angka sih boleh saja dimasukkan,namun bukan menempatkannya di depan.bisa error

      Invalid CSS

      Tidak seperti HTML, CSS digunakan hanya untuk menampilkan aspek visual dari suatu halaman web, Sebuah dokumen CSS yang tidak valid tidak akan mempengaruhi dokumen HTML secara SEO, namun akan merugikan karena CSS yang error namun tidak tampil secara visual akan memberatkan loading.

      Kira-kira itu saja dulu yang bisa saya sampaikan untuk menjawab pertanyaan anda,kalau masih ada yang belum anda mengerti silahkan tanyakan kembali . Semoga membantu ^_^

      Hapus
  9. Belum paham saya yang beginian mas, mohon bimbingannya, maklum masih baru belajar ngeblog. Mohon kasi masukan dan saran utk blog saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang membuat anda bingung yang mana sobat ,,,, Saya kira artikel ini sudah sangat jelas ,,, Jika ada yang belum paham ditanyakan saja sobat ... Silahkan saya akan menjawab apa yang akan anda tanyakan ... Kalau bisa jangan OOT ya sobat ^_^

      Hapus
  10. Info yang bermanfaat gan. Semoga sukses!

    BalasHapus
  11. info yang bermanfaat gan, semoga sukses..
    Oh iya, saya mau nanya. Kalau blog saya sebenarnya dibuat untuk sekedar have fun aja. Hanya untuk kesenangan, dan apakah kalau blog saya hanya sekedar blog untuk have fun tsb juga membutuhkan yang namanya pagerank? O.o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang hanya untuk senang - senang saja tidak perlu sobat ... Kalau membuat Blog ada target yang ingin dituju pasti memerlukan Page Rank dan SEO yang berguna untuk meningkatkan di SERP ... Khususnya untuk mencari pendapatan dari blog pasti harus berada pada Page One Search Engine ... Tapi mengapa anda hanya membuang - buang waktu hanya percuma ... Sebaiknya juga untuk Fun , Mencari uang , dan untuk Belajar sobat .... Semoga membantu ^_^

      Hapus
  12. saya baru tau malah mas kalo google udah update algoritma terbaru, terimakasih infonya bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sebenarnya sudah 1 bulan lalu diluncurkan oleh Google namun Google baru semingu lalu meresmikan Algoritma Hummingbird ... Sama - sama sobat ,, Thanks sudah berkunjung di blog Ic Creem

      Hapus
  13. wahh saya baru ntau gan, mungkin ini ya yg bikin pengunjung saya merosot akhir" ini..
    Dulu saya pas periode januari-juli 2013 pengunjung'a lumayan banyak ya walaupun ga sebanyak yg lainnya berkisar 500-600an, tapi entah kenapa sejak abis lebaran blog saya malah susah banget dapet 300 pengunjung..
    Thx info'a gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ... Memang banyak sekali blog yang mengalami kejadian seperti anda ... Karena Algoritma google sangat susah untuk di pahami sobat ... Sampai sekarang saya hanya mendapatkan sedikit informasi mengenai Algoritma Google ,,, Namun saya kira itu hanya 30% dari berbagai peraturan dari Algoritma terbaru Google ... Semoga membantu ^_^

      Hapus
  14. Wihh Terimakasih Info'a gan sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh iyaa sama - sama sobat ... Thanks sudah berkunjung di blog Ic Creem :)

      Hapus
  15. Walah heboh amet update algoritma saja -_-, blog ane dah setahun nggak pernah kena yang namanya panda, pinguin, dinosaurus, humingbird justru menguntungkan blog ane gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh berarti blog agan sangat disukai oleh Algoritma Google sobat ... Seperti blog saya ,,, Ya karena mulai dari Panda sampai yang terbaru ini blog saya tidak terpengaruh sama sekali dan bahkan meningkat di SERP ... Thanks atas kunjungannya :)

      Hapus
  16. perlu belajar lagi ini, jika google update algo nya.
    info yang bermanfaat sob,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar itu tidak ada matinya sobat ... Karena pengetahuan itu selalu berubah - ubah dan kita sebagai blogger juga dituntut untuk selalu meng-update pengetahuan terbaru yang ada ... Terus semangat dan Berusaha keras adalah kuncinya sobat ... Thanks sudah berkunjung dan berkomentar ... Tanpa komentar dari teman - teman sekalian blog ini tidak berguna ... Salam Ic Creem :)

      Hapus
  17. Mantap mas bro.... boleh itu ilmunya

    BalasHapus
  18. Seandainya tahu cara untuk merayu si hummingbird ini tentu web nya makin disayang mbah google ... bermanfaat sekali nih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh iyaa sobat pasti kita akan disayang oleh Google juga ... Thanks sudah berkunjung di blog Ic Creem :)

      Hapus
  19. Keren mas info'y,malah sebaliknya visitor ane yg dlu cma mentok 2800 perhari dari kemarin ane pantau malah naik terus lngsng 7000 sampai 10000 perhri.sukses sllu buat mas ibnu
    Mungkin naik turun peringkat yang mencolok ini ada hubungannya dengan Algoritma hummingbird.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh iyaa anda benar sekali sobat ... Thanks sudah berkunjung di blog Ic Creem :)

      Hapus
  20. Tambah ngeri saja ya algoritma Google. Dulu ada Panda, Pinguin, Dance. Dan sekarang ada hummingbird. Hmmm :) Terus terang saya nggak begitu paham soal algoritma mas hehe jadi nggak bisa berbicara banyak hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sebenarnya sudah 1 bulan lalu diluncurkan oleh Google namun Google baru semingu lalu meresmikan Algoritma Hummingbird ... Terus belajar dan jangan putus semangat sobat ,, Thanks sudah berkunjung di blog Ic Creem

      Hapus
  21. wah google makin joss aja inovasinya
    vist back yah
    http://pusat-sekolah.blogspot.com/2013/10/materi-kewiarusahaan-penjelasan.html

    BalasHapus
  22. info menarik ,Sob comen and follow back Sob www.akhmadraauf.blogspot.com/?m=0

    BalasHapus
  23. Terimakasih gan jadi nambah pengetahuan ane lagi :))

    BalasHapus
  24. artikelnya bermanfaat sekali gan, lumayan lah nambah pengetahuan:)

    BalasHapus
  25. backlink sangat penting, but content still the king.....

    BalasHapus
  26. backlink sangat penting, but content still the king.....

    BalasHapus
  27. Web Anda ditemukan dengan kata kunci "cara merayu hummingbird". Padahal kata "hummingbird" cuma ada satu di komentar. Jadi penasaran, rahasianya apa? :D

    Terimakasih informasinya...

    BalasHapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>