Minggu, September 08, 2013
56
CARA MENDAPATKAN BACKLINK BERKUALITAS | Selamat pagi sahabat Ic Creem , di pagi ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas dengan mudah dan gratis . Bagaimana mendapatkan backlink yang berkualitas , taukah sobat bahwa backlink yang berkualitas bisa mendongkrak posisi dan rating blog dimata Search Engine . Entah itu dari Google Pagerank, Alexa rank ataupun jenis penilaian yang lainnya , penggunaan backlink ini masih menjadi unsur yang sangat esensial dalam proses penilaian tersebut . Namun , sebelum saya berbicara jauh mengenai backlink saya akan mencoba menganalisa dan memberikan informasi dengan pengalaman saya tentang backlink menurut pemahaman saya sendiri .

CARA MENDAPATKAN BACKLINK BERKUALITAS

PENGERTIAN BACKLINK 

Backlink adalah sebuah link yang langsung mengarah ke blog atau postingan yang ada di blog kita . Sebuah backlink biasanya juga disertai ANCHOR TEXT yang selalu dikaitkan dengan keyword yang sering siketik di mesin pencari google maupun mesin pencari yang lain . Backlink juga bisa kita artikan , sebuah timbal balik antara 2 atau lebih situs Website atau Blog berupa anchor text yang mengarah pada situs kita . Sebuah backlink yang baik adalah link dofollow yang juga disertai dengan atribut tambahan title="anchor text" pada link tersebut . Link dofollow itu sendiri adalah link yang tidak diembel-embel oleh rel="nofollow" . Sepanjang link tersebut bersih tidak ada unsur nofollownya maka backlink tersebut adalah murni dofollow meskipun tidak ada tambahan rel="dofollow" .

Benar adanya bahwa NOFOLLOW sama sekali tidak memberikan poin apapun kepada halaman web kita . Tapi sepertinya Google tidak sepenuhnya terbuka dalam hal ini . Ternyata beberapa eksperimen saya melihat bahwa NOFOLLOW tetap dibutuhkan . Dan banyak blog dengan mayoritas backlink dofollow justru tidak menunjukkan peforma yang maksimal , dan setelah ditambahkan backlink nofollow , barulah halaman web tersebut menunjukkan peningkatan peforma . Sepertinya Nofollow dibutuhkan sebagai indikator bahwa pertumbuhan backlink kita itu adalah alami . 

FAKTOR PENTING MEMBANGUN BACKLINK 

Ada beberapa faktor yang harus saudara perhatikan dalam membangun backlink . Faktor - faktor tersebut antara lain :
  • Backlink harus Dofollow 
  • Backlink itu sebaiknya bersifat One Way ( jangan bertukar link )
  • Kata kunci backlink itu harus bervariasi (sebaiknya 5 variasi)
  • Pertambahannya harus cenderung konsisten . Lebih baik 100 backlink per hari selama 100 hari , daripada 1000 backlink sekaligus dalam sehari 
  • Backlink itu sebaiknya 90% menuju homepage dan 10% diarahkan ke artikel - artikel terpenting dalam blog kita 
  • 10 backlink dari halaman ber - Pagerank 2lebih baik daripada satu backlink dari halaman ber - Pagerank 4 . Walaupun Pagerank yang diteruskan bisa jadi lebih besar tapi jumlah voting text jangkarnya sangat sedikit . Padahal voting text jangkar ini yang selalu membantu spesifikasi kata kunci suatu halaman web
  • Tidak perlu fokus memburu backlink berkualitas tinggi , backlink kualitas biasa juga bisa membantu asalkan banyak dan dofollow tentunya .

PENGERTIAN BACKLINK BERKUALITAS 

Tentunya anda masih bertanya - tanya , seperti apakah backlik yang bisa dimasukkan dalam kriteria backlink berkualitas . Seiring dengan perkembangan algoritma google sebuah link yang bagus dan berkualitas tidak semata - mata ditentukan oleh jumlah kuantitas dari banyaknya link yang terpasang di berbagai blog . Akan tetapi blog yang ditempeli oleh backlink dari blog anda ini juga harus diperhatikan dan di jadikan salah satu kriteria penilaian .

CIRI - CIRI BACKLINK BERKUALITAS 

  • Backlink berkualitas dari situs ber-otoritas ini adalah sesuatu yang tentu sangat sulit anda dapatkan . Semakin tinggi otoritas sebuah situs semakin selektif mereka dalam memilih rekanan link mereka . Anda akan sangat beruntung sekali jika ada situs dengan Pagerank 4 ke atas dan Alexa rank 150.000 ke bawah yang berkenan memberi link kepada anda dari berandanya , terlebih baik lagi pada sidebarnya .
  • Backlink berkualitas dari halaman pagerank tinggi , Paling malas kalau mendengar seseorang mengatakan dapatkan backlink dari situs berpagerank tinggi . Padahal link itu ada dihalaman yang tidak ada pageranknya . Percuma saja homepagenya PR6 , kalau link anda ada di halaman PR 0 dari blog itu . Karena yang dihitung sebagai poin anda adalah poin pada halaman itu dan bukan poin dari hompagenya . Jadi apakah tidak perlu memasang backlink jika halaman itu PR 0 ?? Tetap perlu , PR 0 bukan berarti poin halaman itu 0 . Bisa jadi poin halaman itu sebesar 0,5 atau berapa saja , jika dibagi jumlah outbound link nya , dan nilainya masih bagus , maka pasang saja .
  • Backlink berkualitas dari halaman dengan sedikit outbound link , bayangkan jika anda mencari link dari sebuah halaman yang sudah memiliki 300 link lebih . Itu berarti poin yang akan dapatkan harus dibagi dengan 300 lebih pembagi . Apakah dibagi rata ?? tentu saja tidak . Itu tergantung lagi di mana posisi dari link anda . Jadi , jika anda mencari link dari sebuah halaman web , pastikan anda melihat tidak terlalu banyak link pada halaman itu . Jumlah link yang bisa diterima antara 100 - 150 link , jika sudah lebih dari itu maka nilainya akan sangat kecil . Tapi nilai kecil itu tidak akan jadi masalah jika anda bersedia mencari backlink yang banyak .
Berikut ini beberapa faktor yang perlu anda perhatikan ketika ingin menyebar link :
  1. Jenis tema atau niche blog itu harus sama dengan blog yang kita miliki .
  2. Blog tersebut harus memiliki pagerank yang tinggi dan Alexa yang ramping .
  3. Memiliki visitor yang mumpuni atau banyak .
  4. Blog pemanent yang tidak akan dihapus oleh google maupun pemilik blog tersebut .
  5. Backlink dengan domain .edu ataupun .gov (rekomended)

TIPS MENDAPATKAN BACKLINK BERKUALITAS 

1. SURVEY BLOG
Salah satu metode untuk melakukan survey itu adalah blogwalking . Ketika sobat blogwalking maka sobat akan menjumpai berbagai jenis blog . Pilihlah beberapa dari blog yang sobat kunjungi untuk menambahkan backlink ke blog yang sobat punyai . Sobat juga bisa membuat semacam list tersendiri agar bisa memilih jenis - jenis blg yang sudah dikunjungi . Mungkin sobat juga bisa digolongkan blog - blog ini berdasarkan niche , pagerank , alexa rank , tingkat kepopuleran maupun kriteria yang lainnya .

2. LINK EXCHANGE
Setelah sobat mendapatkan list blog - blog tersebut , mintalah kepada owner tersebut untuk saling tukar backlink . Yang perlu diperhatikan bahwa setiap emilik blog diminta tukeran backlink pasti memiliki kriteria tertentu untuk bisa memberian backlink kepada sobat . Salah satu diantaranya seperti pada point pengertian backlink berkualitas diatas . Jika memang sudah PEDE bahwa blog sobat memiliki tingkat popularitas dan pagerank yang tinggi maka sobat bisa melayangkan surat elektronik atau E-mail kepada pemilik blog tersebut . 

3. COMMENT DI BLOG DOFOLOW
Apabila sobat tidak berhasil mendapatkan backlink dari metode link exchange , jangan bersedih dan ganpang putus asa . Sobat bisa mencari blog yang memasang komentar dofollow , biasanya pemilik blog dofolow ini akan secara terang - terangan memberitahukan bahwa blog yang dimilikinya merupakan blog dofollow . Salah satu tanda yang pasti adalah blog yang memasang commentlu atau ada juga blog yang memasang banner atau logo dofollow diatas form penulis komentarnya .

4. SOCIAL BOOKMARKING DOFOLLOW
Seiring dengan makin berkurangnya blog dengan comment dofollow , social bookmarking yang dofollow juga bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan link dofollow . Cara mendapatkannya juga relatif mudah , sobat tinggal mendaftarkan blog tersebut ke situs social bookmark . Setelah itu biasanya setiap social bookmark memiliki fitur untuk membagi artikel ke halaman utama social bookmark tersebut . Cara ini lebih mudah bila dibandingkan harus blogwalking sana - sini , link artikel sobat akan langsung terpasang di halaman social bookmarking ini .

Demikian beberapa tips CARA MENDAPATKAN BACKLINK BERKUALITAS semoga bisa bermanfaat dan menjadi pertimbangan bagi sobat blogger ketika ingin mendapatkan backlink yang baik dan memiliki kualitas yang bagus . Terima kasih sudah membaca artikel saya kali ini . Jika anda ingin memberikan saran ataupun tambahan mengenai artikel ini bisa anda berikan pada kotak komentar di bawah . Salam Ic Creem


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

56 komentar:

  1. Balasan
    1. Okee sobat ... Lain kali kalau mau komentar udahakan yang panjang + relevan yaa ... Kalau tidak akan saya HAPUS !!!

      Hapus
  2. sip gan , tiap hari dengan segudang tips nya :P

    need komen > Waspada Kanker : http://nokanker.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh seing mampir nih yaa ... Thanks sobat ... Disini bisa requezt postingan kok ^_^

      Hapus
  3. Artikel yang sangat berharga, Saya mencari-cari ini sedari kemarIn. Semoga setelah menerapkan beberapa tips mencari backlink ini kedepannya saya mendapatkan apa yang saya cita-citakan. Sukses mencari backlink yang berkualitas tinggi hingga mendapat banyak kunjungan dari SE. Do`akan ya moga cepat kelar cari backlinknya dan semoga gak sia-sia usaha ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sob ,,, Kalau bisa mencari backlink yang relevan dengan blog agan ^_^

      Hapus
  4. Sangat bermanfaat gan :)
    kalau berkenan silakan mampir rafinblog.blogspot.com ^_^

    BalasHapus
  5. Sudah beberapa hari ini saya mencari tutorial tentang cara mendapatkan backlink berkualitas seperti ini, sangat berterimakasih dengan posting ini. Terus terang ini sangat membantu. maksih ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sobat ... Semoga bisa membantu ,,, dan bermanfaat untuk semua ^_^

      Hapus
  6. Emmm kalau saya si lebih baik blogwalking sambil mencari ilmu ilmu baru, tidak hanya mencari backlink. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sobat ,,, Bisa dicontoh sob apa yang anda lakukan ^_^

      Hapus
  7. Memang mencari backlink gampang-gampang susah. butuh ketelatenan dalam mencari bancklink berkualitas. kalo udah nemu berkualitas biasanya premium. -_- ane tunggu share selanjutnya . Thanks gan artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang masih newbie..

    BalasHapus
    Balasan
    1. okee sobat .... saya usahakan besog akan ada update an postingan ... Thanks sudah mampir ^_^

      Hapus
  8. bagus mas, bermanfaat. :-)
    bimbelsd.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Ini baru namanya postingan mantab, salam gan.

    BalasHapus
  10. thanks gan, info yang bagus,
    bagi pemula seperti ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee semoga bermanfaat ya sob ... Thanks visiting ^_^

      Hapus
  11. Tambah ilmu sob , thans ya...?
    kunjungi juga blog saya wapnow.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sama - sama sobat ,,, Salam hangat dari Bojonegoro ^_^

      Hapus
  12. Thanks Sob... Visit Back http://www.center60.com/
    and Comment

    BalasHapus
  13. post yang bermanfaat terimakasih ya

    BalasHapus
  14. Thank's Infonya
    Comment Back www.gifzt-modder1.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Ane masih kurang faham apa itu backlink

    http://www.sastrasahabat.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih belum faham ,,, bisa dibaca kembali artikel diatas ... Pelan" aja sob ,,, Ngak ada yang instan dalam belajar ^_^

      Hapus
  16. google pada dasarnya menempatkan sebuah blog pada posisi 1 serp berdasar pada bnyaknya backlink. Jadi backlink memang penting untuk berburu posisi di SERP.

    Mengenai atribut dofollow dan nofollow sampai saat ini memang msh diperdebatkan. Skedar referensi aja, coba kunjungi blognya mas azmi. Disana pernah membahas seputar atribut ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sob ,,, Memang atribut Dofollow dan Nofollow harus seimbang di dalam Backlink ... Thanks sarannya ^_^

      Hapus
    2. Tapi beberapa minggu ini sepertinya serp sudah mulai bergoyang, harus di imbangi dengan rajin posting

      Hapus
    3. Google tidak terpengaruh terhadap akurasi postingan sobat ... Namun , google hanya terpengaruh Keyword pada postingan itu saja . Namun, jika keyword itu terlalu banyak google juga tidak menyukai itu ,, Salam Ic Creem ^_^

      Hapus
  17. Thank's Infonya sob sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sama - sama sobat ... Thanks for visiting ^_^

      Hapus
  18. Artikelnya menarik, memang kita sering kebingungan menentukan backlink yang baik untuk blog kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sekarang anda ngak akan kebinggungan setelah membaca artikel diatas ,,, Thanks for comment ^_^

      Hapus
  19. Okelah kalau begitu, informasi untuk mendapatkan backlink ini sangat bermanfaat untuk diterapkan dan dilakukan namun, tidak untuk dicoa-coba.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for visiting ,,, Semoga bermanfaat untuk anda ^_^

      Hapus
  20. terlalu banyak artikel dituangkan dalam satu bentuk JUDUL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh sarannya sangat bermanfaat . Namun , ini sudah saya perkirakan kok sob ... Thanks sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  21. Thanks Infonya Sob.. , Akan saya coba dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba sobat ... Semoga bermanfaat untuk anda dan kita semua ya sobat ^_^

      Hapus
  22. sip gan infonya

    ditunggu info yang lain gan.
    follow blog baru ane juga ya sob http://rahmatlutfi.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke sobat ... Sering - sering mampir di blog saya saja ... Pasti dalam 2 hari pasti ada update postingan terbaru dari saya ^_^

      Hapus
  23. wah senangnya kalau memiliki back link yg berkualitas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa sobat , karena backlink berkualitas sangat susah untuk ditemukan sobat .. Semoga bermanfaat untuk anda ... Salam Ic Creem ^_^

      Hapus
  24. wah, artikel yang bermanfaat sekali, saya belajar banyak semenjak membaca artikel diatas, terima kasih atas informasi yang agan kasih :)

    jangan lupa kunjungi blog ane juga ya di www.frankyshare.us

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sama - sama sobat ... Semoga bermanfaat untuk anda ^_^

      Hapus
  25. Mantap gan, ane baru tau neh cara mendapatkan backlink,terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat .. Thanks sudah berkunjng dan meninggalkan jejak nya :d

      Hapus
  26. keren sob...


    coment back yah
    http://agenpoker-indonesia.blogspot.com/2013/09/assalamualaikumm.html

    BalasHapus
  27. Perlu dicoba nii gan...

    Visit back http://pohon-tua.blogspot.com/

    BalasHapus
  28. makasih infonya gan
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  29. keren gan infonya bagus terutuama buat newbie kayak ane :D
    visit back http://notes14.blogspot.com

    BalasHapus
  30. Keren gan infonya, menarik sekali

    BalasHapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>