Kamis, September 05, 2013
23
MEMBUAT OUTBOUND LINK DAN MANFAATNYA | Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang Outbound Link atau link keluar , dimana pada Outbound Link ini saya akan menjelaskan cara membuat outbound link dan manfaat menggunakan Outbound Link , sebelum saya membahas tentang tutorialnya mungkin anda juga bisa membaca tentang artikel saya yang kemarin tentang MEMBUAT INBOUND LINK YANG BENAR , Setelah anda membaca artikel yang tadi , saya akan melanjutkan ke tutorialnya , dibawah ini akan saya uraikan secara tuntas dan akan saya usahakan untuk sangat mudah untuk difahami . Selain itu juka kita bisamenjalin persahabatan dengan sesama blogger dan mungkin juga berharap nantinya akan mendapatkan linkback . Namun , yang harus anda perhatikan adalah mengoptimalkan outbound link tersebut agar kualitas baik dari pembaca blog ataupun dimata Search Engine yang tentunya akan sangat berpengaruh .
MEMBUAT OUTBOUND LINK DAN MANFAATNYA

Outbound Link bagus buat SEO , lagipula meski Google tidak resmi mengatakan link keluar mempengaruhi Peringkat Pencarian atau Page Rank , tapi mereka terang - terangan menganjurkan kita untuk selalu menghubungkan keluar . Disini saya akan memberikan sedikit alasan mengapa link keluar sangat berguna untuk meningkatkan kualitas osting anda :

MERINGKAS KONTEN , Pengguna web punya waktu paling lama adalah cuma 1 menit untuk memindai konten sebelum memutuskan membaca atau pergi . Karena itu kalimat pendek dan paragraf singkat sangat saya anjurkan . Saya sarankan untuk membuat artikel maksimal 600 kata saja . Saat menulis postingan , terkadang kita memperkuat argumen dengan mengutip data , contoh kasus , ataupun mencari referensi dari blog lain . Daripada mengutip semua data atau pendapat dari salah satu blog , bukankah lebih baik anda menggantinya dengan Outbound Link . Anda cukup memberi kalimat pengantar (3 - 5 kata ) hypertext . Dan para pembaca bisa menuju ke blog yang anda rujuk jika mereka ingin mengetahui lebih lanjut .

MENUNJUKKAN TRANSPARANSI , Saya sering menemukan konten memplagiat struktur ide konten lain . Konten jenis ini malah lebih berbahaya daripada konten Copas . Blogger copas lebih jujur karena tidak berusaha menyembunyikan hasil curiannya . Tapi blogger plagiat akan berusaha memodifikasi konten asli dengan merubah gaya bahasa dan struktur kalimatnya karena ingin meraih keuntungan lebih besar . Mereka ingin mencitrakan diri sebagai ahli yang pintar pada topik yang dibahasnya .

Umumnya posting plagiat ini miskin link keluar . Saya tahu kenapa mereka tidak memberi link . Karena struktur ide posting tersebut hanya memodifikasi kembali satu atau lebih posting dari situs di niche yang sama . Anda mempersilahkan pembaca membandingkan posting anda dengan posting lain di niche anda . Link ke posting terkait menunjukkan posisi anda sekedar menjadikan mereka bahan pembanding dan penguat argumen .

MEMPERHATIKAN KEPEDULIAN  Link keluar komitmen anda menyisihkan waktu mencari konten relevan yang bermanfaat bagi pembaca , anda juga membutuhkan waktu untuk browsing , Berfikir dan Meneliti atau menganalisa apakah konten yang anda buat ini layak atau tidak anda referensi kepada pembaca , karena jika kita memposting artikel yang tidak bermanfaat atau yang tidak sedang di cari oleh visitor maka percuma juga kta memposting artikel itu . Dan juga kita akan menghabiskan waktu yang berguna itu untuk membuat artikel yang seakan apa adanya .

MENEGASKAN KEAHLIAN (OTORITAS) , Sangat gampang menilai otoritas seorang Blogger . Jika memang benar seorang ahli , tentunya orang itu akan tahu dan rajin mengikuti trend terbaru dibidangnya kan , dan anda patut curiga pada blogger yang tahu segalana . Ciri - ciri nya terlihat pada postingan yang tidak terhubung ke blog manapun .  Setelah saya analisa para master mendapatkan ide untuk memperbarui postingannya , ternyata mereka mencari keyword apa yang ngetrend pada saat itu , dan mereka mendalami keyword itu dan kemudian mereka bisa membuat artikel yang sama sekali tidak sama dengan para pesaing atau bahkan lebih panjang dan sangat jelas dalam penjelasan di artikel nya .

MEMBUKTIKAN KREDIBILITAS , Anda perlu membuktikan kepada pembaca bahwa data dan referensi yang anda berikan adalah benar - benar adanya , dengan Outbound Link , anda memberikan kesempatan kepada pembaca untuk mengecek sendiri kebenaran data pada sumber aslinya , postingan yang memaparkan teori dan data tanpa link ke sumber primer berpotensi mengundang kecurigaan pembaca .

MEMOTIVASI PEMBACA UNTUK BELAJAR , Link keluar memotivasi para pembaca anda untuk belajar lebih dalam tentang apa yang sedang anda postingkan , pasti tujuan anda membuat artikel untuk pembaca bukan ?? Kalo pembaca anda pintar berarti anda sangat pintar dalam memancing para pembaca untuk memahami setiap artikel yang anda buat . Kesungguhan anda mendorong para pembaca untuk belajar terlihat dari seberapa banyak postingan anda yang terhubung dengan konten - konten yang sama dengan apa yang anda postingkan pada hari ini .

DAMPAK POSITIF OUTBOUND LINK

Link ke situs lain menunjukkan bahwa website dan blog anda dapat dipercaya . Anda tidak akan mengirim pengunjung ke halaman lain jika mereka bisa menemukan informasi penting tentang artikel , produk ataupun jasa anda disitus anda . mereka menunjukkan pengunjung anda bahwa anda tidak perlu menyembunyikan dan bahwa anda memiliki keyakinan dalam situs anda . Jika anda link situs berkualitas tinggi dengan konten yang bermanfaat , maka para master akan mengiklankan situs anda dengan situs - situs berkualitas tinggi dengan tidak langsung . 

EFEK NEGATIF OUTBOUND LINK

Link ke situs lain juga dapat memiliki efek negatif . Jika link anda menuju pada situs web yang Spammer , maka mesin pencari mungkin melarang situs anda dari hasil pencarian mereka maka faktor ini biasanya akan mengakibatkan beberapa konten penting anda akan hilang dari SERP untuk menanggulanginya buatlah Inbound Link sebanyak mungkin yaitu dengan cara mencari backlink yang One Way Backlink terdapat situs maupun blog anda . Gunakan juga akal sehat anda jika sebuah situs web , Konten maupun blog tampak terlihat teduh dan baku . Situs - situs yang anda link berkontribusi gambar yang surfer web mendapatkan sekitar situs anda . Menawarkan pengunjung anda link ke situs yang baik dengan konten yang menarik dan terkait atau relevan . Jangan takut bahwa anda mendorong pengunjung pergi dari blog anda karena pengunjung juga akan menilai sejauh mana kualitas dan kuantitas konten yang ada ada situs website anda maupun blog anda .

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya share tentang MEMBUAT OUTBOUND LINK DAN MANFAATNYA . Semoga bermanfaat bagi kita semua . Kalau ada yang kurang paham , tolong ditanyakan pada kotak komentar ya sobat . Mari kita belajar bersama dan sharing pengalaman . Semoga anda bisa belajar berbagai masalah tentang SEO disini ... Salam Ic Creem

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

23 komentar:

  1. Terimakasih mastah atas informasi yang di berikannya…
    sangat bermanfaat sekali bagi saya yang newbie ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh sama - sama sobat ... Semoga bermanfaat bagi kita semua ^_^

      Hapus
  2. Terimakasih banyak, gan. atas infonya nih. bermanfaat banget ;)
    Onbound links juga berdampak positif dan negatif untuk suatu web dan blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa namun lebih banyak negatif nya jika belum memahami nya sobat ^_^

      Hapus
  3. Optimasi Outbound Link memang cukup penting untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya membantu pada Blog agar selalu berada di page one Search Engine ^_^

      Hapus
  4. Kalau outbound link tapi link di nofollow kan, link blog yg di tuju masih dapet backlink?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun backlink nya berupa Nofollow , tapi kita juga akan mendapat backlink ,,, Dan jangan menganggap sepele tentang backlink Nofollow , karena di dalam backlink blog harus seimbang antara Nofollow dan Dofollow ... Thanks for comment ^_^

      Hapus
  5. Yup benar kawan, outbound link memang bisa memiliki dampak negatif dan juga positif, asalkan outbound link mengarah ke sumber yg relevan n gk di banned google itu tdk akan berpengaruh buruk kok, justru sepengalaman saya malah baik utk seo (linking to other trusted site is one of seo strategies as long as the links are relevant). O iya, mengenai template ini bagus/tdk utk kontes seo, kebetulan saya pernah dwnld template thesis seo ini tpi gk dipake, cuma lihat isinya aja. Template ini bagus kok utk seo krn post url nya menggunakan h1 yg banyak direkomendasiin oleh org2 yg udh pengalaman, tpi sayang template ini membuang h3, sementara salah satu syarat seo h1, h2, h3 harus ada n membentuk struktur yg memudahkan robot mesin pencari dlm pengindeksan. Jdi menurut saya sebaiknya ditambahkan h3 juga ... Just Sharing mastah ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks pendapatnya sobat ,,,, Sering - sering mampir aja dehh ^_^

      Hapus
  6. pantasan dulu pertama saya buat blog langsung banyak outbond link..ehhh benar juga dampaknya negatif. pencerahannya terima kasih banyak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sama - sama sobat ... Kapan - kapan akan saya update ini artikel ,,, soalnya masih ada tips yang belum saya masukkan ...

      Hapus
  7. Sebenernya bagus juga outbound link bust seo. Asal ke trusted site. Itu menurut pengalamanku aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sob ,, Outbound link ini sangat berguna jika ingin menaikkan rank di Search Engine ^_^

      Hapus
  8. Mantap nih gan makasih ya,,,,,,,,

    BalasHapus
  9. Ulasan yg baik dan mudah dipahami nich ... tentunya dalam kategori tentang SEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh makasih yaa ... Semoga bermanfaat untuk anda ^_^

      Hapus
  10. makasi infonya min...sangat bermanfaat (y)

    komentar balik ya @ ramadroid.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee sama - sama sobat .... Thanks juga sudah mampir dan meninggalkan jejaknya di blog Ic Creem

      Hapus
  11. thanks atas infonya gan ane baru tau manfaat outbound tuh ^^
    bermanfaat (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ... Semoga bermanfaat untuk kita semua yaa sobat ....

      Hapus
  12. awalnya ragu, eh ada banyak manfaatnya juga outbond link ya
    thanks for share
    :)

    BalasHapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>