Rabu, September 25, 2013
32
PENGARUH GOOGLE+ UNTUK MENINGKATKAN HASIL SEO | Beberapa waktu yang lalu google telah meluncurkan proyek besar terbaru mereka yang diberi nama Google Plus . Pengaruh google plus bagi SEO ini merupakan klaim dari google sendiri yang mengatakan bahwa semakin banyak pengunjung yang merekomendasikan home page ataupun artikel yang telah dipasang tombol google plus maka akan memberi pengaruh yang sangat besar terhadap pemeringkatan situs di mesin pencari mereka (Google) . Manfaat Google Plus untuk Blog dan SEO sedang menarik perhatian saya pada akhir - akhir ini . Karena google telah menyadari bahwa jejaring sosial merupakan salah satu konsep vital marketing yang paling kuat , sebagai contohnya adalah Facebook , Twitter , dll . Hampir semua Orang akan menggunakan konsep jejaring sosial untuk menjaring konsumennya .

PENGARUH GOOGLE+ UNTUK MENINGKATKAN HASIL SEO

Sebagai perusahaan raksasa , Google tentu tidak ingin ditelan oleh pesaingnya melalui perkembangan teknologi yang semakin pesat . Dan akhirnya Google telah melakukan inovasi dan berusaha untuk menjadi pemimpin pasar untuk teknologi baru yang mereka keluarkan . Pada saat ini Teknologi yang paling menonjol dan popular adalah jejaring sosial . Ini merupakan lahan baru yang menjanjikan keuntungan besar , melihat eluang itu tentunya Google tidak akan tinggal diam . Google telah secara resmi mengumumkan bahwa Google Plus merupakan jaringan sosial baru yang akan bertempur dengan pesaing jejaring sosial yang lain seperti Facebook . Dan tombol Google Plus tidak jauh berbeda dengan konsep Facebook Like Button .

BERIKUT ADALAH PENGARUH GOOGLE + UNTUK SEO DAN BLOG :

Google + Mempengaruhi Penringkat SERP

Aktifitas Google plus dan +1 (Google Plus One) secara keseluruhan telah terlihat menghasilkan peningkatan yang sangat nyata ke ranking Google . Secara khusus , Google akan memperhitungkan jumlah shares , yaitu otoritas teman yang meng-share konten anda , dan lokasi berinteraksi teman dengan konten anda . Bahkan dalam sebuah percobaan yang di lakukan oleh orang luar negeri menunjukkan bahwa metric dari Google Plus ini memang bisa mendorong peringkat suatu blog menjadi lebih baik lagi . Dan hasil percobaan ini adalah sebuah blog sederhana yang semula berada di peringkat 16 itu langsung menjadi peringkat 3 di akhir eksperimen ini untuk kata kunci yang sama . 

Anda perlu mengetahui pentingnya Google+ karena link dari Google+ bersifat Dofollow , maka sistem ini bisa membantu pengindeks an blog anda menjadi jauh lebih baik . Pada saat anda menambahkan orang - orang popular ke dalam lingkaran anda , maka secara otomatis profil anda akan mncul di halaman orang popular tersebut , tentu saja link profil anda pada halaman orang tersebut sifatnya dofollow . Pada tingkat perayapan halaman - halaman orang popular ini sangat tinggi , sehingga hanya dalam waktu singkat halaman profil anda akan segera terindeks . Jadi akan sangat membantu dalam pengindeksan blog anda .

Google Plus Authorship Menambah Kredibilitas Anda 

Rich Snippet ini memperlihatkan seberapa banyak orang yang menambahkan anda ke dalam lingkaran mereka . Jumlah orang yang menambahkan anda ke lingkaran mereka bisa untuk memperkuat kredibilitas anda di mata pengunjung blog . Pada dasarnya , tujuan Google membuat Google Plus itu untuk mengurangi blog anda tidak terpantau pengarangnya . Google mempertimbangkan bahwa aktifitas sosial seseorang bisa menjadi indikator seberapa bisa orang tersebut dipercayai . Google menginginkan agar semua hasil pencarian itu nantinya diisi oleh real people yang mempunyai real follower . Hingga pengarang yang tidak punya follower akan berpengaruh pada poin kredibilitasnya .

Dan masih ada lagi keuntungannya !!! Jika anda adalah pemilik akun berpengalaman yang bereputasi tinggi , maka jika anda membuat blog baru , maka blog baru itu tidak akan dipandang sebagai blog yang yang harus membuktikan  terlebih dahulu , karena pemilik nya saja sudah bereputasi tinggi , dan pasti blog baru itu akan menjadi blog yang bereputasi tinggi pula .

Google+ Sebagai Social Signal

Social Signal dari platform seperti Google Plus penting dalam menentukan hasil pencarian . Joshua Berg menyebutkan ini adalah sebagai Social Media Optimizatoion (SMO) dari SEO . Dia mengatakan bahwa " Signal Social menyediakan cara yang lebih baik untuk menyaring kebisingan dan meningkatkan kualitas hasil pencarian dan ini merupakan TREN yang akan terus meningkat karena ini adalah cara yang lebih untuk memahami apa yang orang inginkan , yaitu salah satu prinsip pendiri Google "

Google+ Mempengaruhi Otoritas Konten

Pengguna Google Otoritas terkait erat dengan otoritas konten . Google tertarik untuk memberikan profil yang lebih tinggi untuk konten otoritatif dalam hasil pencarian . Jika seorang penulis menulis konten yang menarik dan kemudian dishare dan menerima Google Plus One , maka ini berpotensi mendapatkan otoritas yang lebih tinggi .

Terdapat bukti yang berkembang bahwa Google+ authorship meningkatkan otoritas dan kinerja pencarian . Mark Traphagen berpendapat bahwa " lebih dari sampel yang luas dari blogger dengan profil Google+ , mereka yang menggunakan Google authorship cenderung rata - rata mempunyai Page Rank lebih tinggi daripada mereka yang tidak .

Bagaimana ?? apakah anda sudah paham mengenai PENGARUH GOOGLE+ UNTUK MENINGKATKAN HASIL SEO . Untuk lebih jelasnya anda juga bisa melihat halaman utama Google+ saya pribadi di Google Plus Ibnu dan klik Circle me pada sidebar blog ini . Jangan lupa untuk share di setiap postingan yang anda kunjungi , bila anda selama ini meng-share ke Facebook , alangkah baiknya anda untuk meng-share di Google+ juga . Teruslah menciptakan karya yang terindah melalui postingan yang berkualitas untuk memajukan dunia blogging di indonesia . Salam Ic Creem

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ic Creem

32 komentar:

  1. Memang Tombol Yang satu ini sangatlah Penting G+ Maka dari Itu sesuai dengan kebiasaan yang sering saya lakukukan, jika mengunjungi sebuah blog dan jika Blog Tersebut Mempunyai Fasilitas G+ maka saya akan G+

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh anda memang sangat baik sobat ... Terkadang para Blogger malas walaupun hanya 1 klik pada G+ nya .... Thanks sobat sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. Sebenarnya saya sudah merasakan manfaat menghubungkan blog dengan G+ untuk menaikkan SERP blog, sewaktu saya buat nama blog saya ini, saya tidak tahu kalau di twitter ternyata ada akun yang namanya sama dengan nama blog saya, jadi kalau saya ketik "Newsnesia" di google.co.id posisi blog saya selalu nomor 2, kalah sama yang punya akun twitter, padahal saya sudah cari backlink yang banyak tetap saja kalah. Tapi setelah saya hubungkan dengan G+, sekarang posisi blog saya sudah di atas akun twitter tersebut. Yang lebih membuat saya kagum adalah ada blog saya yang target pengunjung dari US tadinya posisi 9 sekarang bisa di posisi 2 mengalahkan situs yang lebih besar, lebih tua, dan artikel yang lebih banyak, padahal blog saya itu masih baru dengan posting belum sampai 40. Yang memang saya masih cari tahu sekarang adalah apakah jumlah follower atau popularitas seseorang di G+ juga akan mempengaruhi pupularitas blognya? Itu belum bisa saya buktikan. Syukurlah anda membuat artikel seperti ini, jadi bisa untuk menjawab pertanyaan saya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga tahu teknik blackhat dengan Google+. dengan teknik ini kita bisa mencuri popularitas halaman yang alexanya yang sudah tembus 10 ribuan.

      Hapus
  3. mas apakah ada dampak apabila kita memberikan komen di salah satu blog dan memberikan link blog kita sendiri?
    seberapa besar dampak yang di dapat oleh blog yang kita komen dan blog kita sendiri yang memberikan komen?
    tolong di bantu pencerahannya ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung apakah dofollow atau nofollow. Kalau dofollow, maka akan ada sedikit bantuan untuk peringkat blog kita. Supaya efeknya bisa terasa harus memasang banyak komentar dofollow.... Semoga membantu ^_^

      Hapus
  4. nice post gan,ternyata google plus berpengaruh dengan seo ya..
    thanks masbroo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sobat ... Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua (o)

      Hapus
  5. Wah baru tau nih, kalau Google + juga berpengaruh untuk meningkatkan seo.
    Thanx gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat . Info ini sebenarnya sudah lama di ketahui oleh Para Master . Namun , Google+ sendiri belum mengkonfirmasi apapun mengenai pengaruh . Tapi banyak yang sudah mengeksperimen tentang pengaruh Google+ ini . Dan hasilnya sangat memuaskan ... Makanya saya membuat artikel ini :)

      Hapus
  6. wih keren :) izin follow blog ini artikelnya bermanfaat semua 8-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa silahkan sobat ... Terima kasih sudah berkunjung dan Follownya :)

      Hapus
  7. wah mantab, memang cocok sekali G+ untuk para blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda benar sekali ,,, Thanks atas kunjungannya :>)

      Hapus
  8. baru tau G+ juga seo, Nice Posting sob, jdi nambah ilmu nih :d

    BalasHapus
  9. baru tau ane gan..xlo bisa naikin peringkat

    nice info

    BalasHapus
  10. Wah makasi Mastah atas infonya bermanfaat banget ... Smoga saya dapat mengikuti apa yang anda sampaikan pada artikel ini ... Artikel anda bermanfaat semuanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih suda berkunjung ... Semoga artikel saya ini bermanfaat untuk anda ^_^

      Hapus
  11. Kunjungan Balik Gan... Sudah saya Klik G+nya hehe :D >> http://www.caraseoblogger.com/

    BalasHapus
  12. makasih.. perlu dicoba nih khasiat G+ nya.. kombak bro ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat ,,, Silahkan dicoba ,,, semoga mudah untuk dipahami :)

      Hapus
  13. untung selama ini ada aku share ke G+

    BalasHapus
  14. menurut pengalaman ane si g+ sangat berpengaruh membantu dalam mendongkrak posisi blog kita di search enginge google, apa lagi kalo di setiap artikel di kasih 1+. di jamin langsung di posisi top 10 google :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar sobat ... Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita yang belom mengetahui kegunaan Google+ .... Thanks sudah berkunjung di blog Ic Creem

      Hapus
  15. Hhehee thanks mas Alif atas pujiannya ... Memang Google+ sangat berguna untuk mendongkrak blog di SERP bahkan sampai menjadi page one hanya beberapa waktu saja setelah anda meng-klik G+ di postingan yang anda kunjungi ... Budayakan untuk meng-klik G+ di setiap anda mengunjungi blog orang lain tanpa di minta ...

    BalasHapus
  16. ternyata google+ memiliki pengaruh yang cukup besar ya sob,
    baru tahu saya. Terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh sama- sama sobat ... Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk anda dan kita semua ...

      Hapus
  17. ternyata pengaruhnya besar juga ya gan,thanks infonya,

    BalasHapus
  18. Menginspirasi.....tentang G+ 1 ...saya melakukan riset yang menunjukkan relevansi peningkatan jumlah follower terhadap rank web/blog...
    silahkan berkunjung balik di http://jejakritautami.blogspot.com

    Sukses untuk Kita....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak makanya itu saya melakukan beberapa percobaan terhadap G+ ini :)
      Semoga artikel saya ini bermanfaat untuk anda mb , terimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No Por*o,
- Apabila anda copas artikel di blog ini saya mohon dengan sangat agar mencantumkan link sumber http://novaibnu.blogspot.co.id

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag < i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag < i rel="image">URL GAMBAR ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag < i rel="code">KODE ANDA...< /i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag < i rel="pre">KODE ANDA...< /i>